Soal CPNS 2016

370 ribu Tenaga Honorer Mulai Diverifikasi

Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan menyelesaikan verifikasi dan validasi data tenaga honorer dalam beberapa gelombang. Untuk gelombang pertama, BKN akan menuntaskan verifikasi dan pendataan 370 ribu honorer.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN&RB) EE Mangindaan, menyatakan, data terbaru dari BKN menyebutkan adanya peningkatan jumlah tenaga honorer sesuai PP 48 Tahun 2005 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer menjadi CPNS. Dalam PP yang kemudian direvisi dengan PP 43 Tahun 2007 itu, jumlah tenaga honorer naik dari 197.687 menjadi 370 ribu.

Menurut Mangindaan, jumlah tenaga honorer itulah yang akan diverifikasi dan divalidasi dalam waktu tiga bulan. "Jadi verifikasi dan validasi 370 ribu honorer ini akan diselesaikan tiga bulan. Apalagi dana untuk verifikasi dan validasi honorernya sudah dicairkan," terang Mangindaan dalam raker dengan Komisi II DPR RI, Senin (26/7).

Hasil verifikasi dan validasi data tenaga honorer yang telah diolah BKN tersebut akan diserahkan ke Kementrian PAN&RB. "Untuk dialokasikan formasinya setelah memperhatikan pendapat Menkeu," lanjut Mangindaan.

Ditambahkannya, saat ini tim validasi dan verifikasi tenaga honorer masih melakukan sosialisasi pendataan di instansi pusat dan daerah. Melalui sosialisasi ini diharapkan diperoleh kesamaan persepsi mengenai kriteria tenaga honorer yang memenuhi syarat perundang-undangan.

Kisi-kisi Soal CPNS 2016

Check Also

Tes CAT CPNS

Pendaftaran CPNS dibuka Juli, ini kriteria pelamar jadi prioritas

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Yuddy Chrisnandi mengatakan ada beberapa kriteria bagi …

81 comments

  1. bagaimana nasib tenaga honorer yg blm masuk ke kategori 2… ???

  2. Guru PNS sudah bkan pahlawan tanda jasa..SLMt kPDA pR pns….GTT adalah PAHLAWAN TANPA TANDA JASA…..

  3. dah jangan ribut aja, guru pahlawan tanpa jasa semua itu bohong. buktinya banyak guru yang mata duitan.

  4. teman-teman sabar aja kalo ngak diangkat jd cpns karna negara ini sudah bobrok yang sudah berpengalaman bnyk ndak diambil bnyk udah sakit para panitia yang merekrut tenaga cpns yang tdk pengalaman

  5. saya berharap dalam pengangkatan ini benar benar murni jangan ada lagi KKN karena kasian nasib kami yang sudah lama mengabdi

  6. presiden harus berani mengangkat guru honor, jtapi jangan ada pemisah pokonya semua guru honor baik itu yang baru dua tahun, pokonya angkat dari pada uangnya di korupsi oleh segelintir orang mening angkat guru honor sudah jelas pengabdinnya.taryan

  7. tenaga honorer guru……………….kadang dia menangis didalam senyum kadang pula dia tersenyum didalam tangis….bekerja bertaruh seluruh jiwa raga………bibir senyum kata halus penuh wibawa kepada seluruh muridnyaaaaaaaaaaa……….. maaf tante titik,syair lagunya kupinjam……

  8. tolonglah negara ini sekali-kali nersih dari kkn kita yang masuk validasi ini orang-orang yang ingin masuk secara murni tidak ingin pakai birokrasi dengan duit………

  9. padahal di tiap-tiap instansi pemerintahan telah tersedia tenaga siap pakai yaitu dari Pekerja Harian Lepas. Kenapa harus merekrut tenaga dari umum lagi? gimana nasib PHL ini?

  10. Saya sebagai pekerja Harian Lepas di Kelurahan Cipinang Muara,saya bekerja mulai dari tahun 2001 sampai sekarang belum ada titik terangnya,trima kasih.

  11. mau jadi PNS aja Terlalu terbelit2..sampai2 menunggu puluhan tahun untuk mengabdi dengan Pekerjaan berlipat2 dengan gaji 150 rb smp 350 rb..mau jadi apa Negara ini..tenaga dan pengabdian tak penah dihargai..capeee..

  12. mahalan saya mengabdi di intansi dinas sudah hampir 20 tahun lom juga diangkat ?>>

  13. Saya mau tanya kalau mau download daftar honorer k2 yang lolos verifikasi dimana ya? terima kasih.

  14. buat apa jadi PNS mending jadi pengusaha aja laah

  15. YTH,,,,,BPK menpan,,,,,,,,tenaga honorer kategori 1 sudah jelas pengangkatannya,,,,,bagimana dengan tenaga honorer yang kategori II di instansi KPU apakh ada atu tidak……mohon bantuanya pak,,,,,,,,,,soalnya kami sudah mengabdi hapir 6 tahun di sekretariat KPU pasaman Barat provinsi sumatera barat,,,,,,,,,,,,yang di danai dari dana APBN,,,,,,,,,,,terima kasih.

  16. kami para Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian ( THL – TBPP ) kontrak pusat yang berada di Kab.Lombok Utara NTB supaya diprioritaskan. karena kami sudah sekian tahun mengabdikan diri pendampingan kepada petani ikut membangun daerah dan mensukseskan program pembangunan pusat

  17. harapan selalu ada ingin menjadi PNS mari kita terus berusaha dan berdo’a mudah2an Allah mendengan do’a kita dan para penguasa tergugah hatinya mengangkak kita jadi PNS.aamiiiiin.

  18. harapan selalu ada ingin menjadi PNS mari kita terus berusaha dan berdo’a mudah2an Allah mendengan do’a kita dan para penguasa tergugah hatinya.aamiiiii.

  19. Bidan jgn lupa ya, inga2 “ting” ^_^

  20. tolong kita ni sdh 8 tahun jadi guru honorer di papua brikan kita kepastian!!!!!!

  21. saya udah bakti di dinas tenaga kerja aceh utara selama 5 tahun.. gak diangkat menjadi tenaga honorer.. malah orang2 yang baru bakti 2 bulan udah di angkat menjadi honorer.. layakkah orang2 honorer bgitu yang diangkat jadi PNS .. mohon di kaji ulang pak..

  22. Tenaga Honorer atau Wiyata Bhakti jadi CPNS apalagi PNS itu mimpi.
    OPO TUMON di jaman serba DUIT ini hanya mengandalkan pengabdian dapat jadi CPNS apalagi PNS. DUIT adalah faktor logis untuk meloloskan segalanya.
    Di negeri antah berantah seperti tanah airku INDONESIA, DUIT memegang kendalinya. Konon di negeri yang gemah ripah Korupsi, Kolusi dan Nepotisme akan mengukur segalanya dengan DUIT.
    Jadi, para tenaga honorer atau wiyata bhakti, kalau tidak punya modal yang namanya DUIT, jangan pernah permimpi menjadi Pegawai Negeri Sipil.

  23. Pa Kabag Humas kapan honorer yang tertinggal akan diumumkan dan tnggl
    brp,,bln apa?

  24. kapan pemumu man CPNS pak di koto dan seterus nya.

  25. teman-teman gak usah lah jadi guru honorer cari kerjaan lain ajalah….ayo……jangan mau dimamfaatkan dengan diberi imbalan dikit…..

  26. Tolonglah tenaga honorer yang sudah umur agar dapat diangkat lebih dulu.

    • Kita sebagai tenga honorer harus bersabar. jadi doa sja semoga diangkat dan smbil nunggu alangkah baiknya kita cari peluang lain sekarang kan jaman tecknologi manfaatkan untuk cari penghasilan ,jadi kita ada penghasilan walaupun tidak jadi PNS bahkan penghasilan kita bis lebih dari PNS. Salam perjuangan para guru honorer. http://ww.ModalBisnis.Com/?id=elkafcel

  27. kami sebagai tenaga honorer sangat mengharapkan bantuan dari semua pihak agar kamai dapat diangkat dengan segera. Utamakan honorer yang suadah umur dan sudah mengabdi lama, supaya tidak selalu tergeser dengan yang masih mudah yang lewat jalur umum. Karena yang sudah 40 tahun ke atas tidak bisa lagi itu jalur mumum. Sekali lagi tolonglah kami yang sudah umur.

  28. semoga Allah memberikan kita kenikmatan yang tiada tara dari hasil kesabaran kita menunggu para pejabat memutuskan kuota CPNS, dan saya doakan kepada para pejabat yang sangat AMANAH semoga diberikan Rezeki yang berlimpah, amin…

  29. Salm keadilan..sya ketua forum guru dan karyawan honor kab garut prop jawabarat.sangat berharap pemangku jabatn segera melakukn perceptan dan perbaikn dlm mnindak lanjuti SE MENPAN NO 5 THN 2010 tntang validasi GTT.kami sudah bosan mndengar ucpan2 manis dri pejabt negar akan nasib kami kedepn.sekarng buktikan bhwa gtt di akui sbgai komunitas yg ikut mncerdskn bangsa,segra PNS kan kmi dgn tnpa tes.trimakasih SALM PERJUANGAN

  30. PEMERINTAH GAK ADIL!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    GAK BERANI NGANGKAT TENAGA HONORER SAMPAI YANG TERDAFTAR TAHUN 2011…GAK ADIL!!!!!!!!!!!111BISANYA CUMA KOROPSI!!!!!!!!!!!!!

  31. saya sebagai guru honorer sangat mengharapkan bantuan dari segala pihak tergerak hatinya untuk dapat segera menolong kami jadi CPNS karena sudah umur dan sudah kerja lama. Yang saya sangat harapkan bantuannya adalah bagain kepegawaian daerah, propinsi, dan pusat (BKN)

  32. cecep ridwan gadari

    Kami Honorer tercecer segeralah dipercepat untuk pengangangkatan ,setiap hari selalu menunggu pengangkatan guru,kapan dan kapan

  33. APAKAH BAPAK IBU SEKALIAN ADA YANG DAPAT BALESAN SETELAH COMMENT?

  34. Tolong Dong Tenaga Penyuluh BKKBN Diperhatikan

  35. kami dari anggota Tim SAR juga dijanjikan akan diangkat menjadi CPNS, tapi sampai saat ini kok belum ada realisasinya ya…

  36. kami disini banyak honorer yang belum diangkat

  37. saya ptt/honorer tu sudah mengabdi selama 16 tahun mengapa tidak ada perhatian husus kepada para ptt yang ada di seklah-sekolah

  38. AKU WIYATA BAKTI SEBAGAI PENJAGA SEKOLAH SEJAK 1990 JADI SUDAH 21 TAHUN AKU MENGABDI SAMPAI KINI DI SMP 1 TANGGUNGHARJO IJASAHKU CUMA SMP TOLONG PIKIRKAN NASIBKU YA AKU NGGAK MINTA MACAM-MACAM YANG PENTING AKU BISA NGASIH MAKAN ANAK ISTRI

  39. aku sudah sejak tahun 1984 mengabdi di smp 1 tanggungharjo yang dulu bernama smp 2 kedungjati jadi sudah 27 tahun aku mengabdi usiaku kini 45 tahun bisa nggak aku diangkat tolong ya bapak-bapak yang di atas pikirkan nasibku ini

  40. Peneyelesaiaan tenaga honorer belom juga tuntas. Masih ada moratorium, tapi untuk honorer masih saja belum juga menemukan kesepakatan yang benar-benar dapat dipegang untuk dijadikan dasar hukum yang kuat bagi tenaga honorer… ironis memeng, sudah barang tentu dengan berlama-lamanya ketentuan-ketentuan yang dijanjikan pemerintah akan menjadi suplement bagi oknum-oknum tertentu dari bawah sampai yang atas untuk mencari proyek besar, yang memeng ini dibuat dan diacarakan agar hal-hal itu bisa terjadi, Orang kita lebih masih memiliki jiwa KKN.,… Makasih ya para pejabat yang memberi janji-janji muluk yang selalu mengatas nama kan tenaga honorer.

  41. kami tenaga honor PU BWS NT II, TMT 1 Januari 2005,kapan kami diangkat mnjdi PNS???

  42. ass, kami honorer kesehatan propinsi lampung di kab way kanan,dgan masa kerja TMT 30 JULI 2005 yg di biayai oleh APBD/APBN, dan di angkat oleh pejabat yang berwenang,yg kami ingin tanyakan apakah kami bisa msuk pengangkatan kategori 1 atau 2 mon penjelasan nya…….

  43. ass,pak kami honorer kesehatan propinsi lampung di kabupaten way kanan.masa kerja kam TMT 30 juli 2005,dan yang di biayai APBD yang di angkat oleh pejabat berwenang,sampai saat ini kami belum mendapat informasi pengangkatan,apakah kami masuk kategori 1 atau 2 mohon penjelasan nya….

  44. Alangkah bijaknya bila pemerintah mengangkat tenaga honorer (sebelum th 2005)
    menjadi PNS(sesuai PP48th 2005),karena mereka sudah terbebani dng ekonomi,usia,daya ingat,jumlah jam mengajar yang tdk menentu(tiap semester) dll.jika dibandingkan dengan mereka yang masih muda2(barusan lulus).Kasihanilah mereka “BERILAH KOMPENSASI SEBAGAI JASA PENGABDIAN YANG
    SUDAH LAMA MENGABDI UNTUK DIANGKAT JADI PNS ” Mohon dipertimbangkan,terima kasih

  45. Khusus untuk guru, Kat 2 pakai tes hanya perbedaan dana APBD/APBN dan non APBD/APBN padahal Kat 2 bekerjanya sudah lama 10 s/d 20 tahun yg tidak pernah diperhatikan oleh daerah kabupaten dan tidak diberi dana APBD/APBN begitu juga setiap kebijakan daerah juga berbeda-beda seharusnya yg namanya honorer tertinggal dan diangkat automatis PNS yaitu tenaga pendidik yg betul2 bekerja sudah sangat lama dibuktikan kebenarannya sesuai dengan aturan inilah kebijakan pemerintah yg adil dan berperikemanusiaan trims

  46. pak ee mangindaan dkk kapan aplikasi honorer kategori 2 di unggah di situs http://www.bkn.go.id . saya honorer kategori 2 dari smp negeri 13 cirebon mengabdi sejak 1 agustus 1999. dan teman seperjuangan pun menunggu pengumuman itu. segera pak supaya bisa dilihat di seluruh ina.

  47. Ass………maaf saya tenaga honorer dari tahun 03 Oktober 2005 sampai dengan sekarang apakah saya bisa masuk kategori 1 dan 2 pak……mohon pertimbangan karena sk saya meleset dari PP 48 tahun 2005………apakah tenaga honorer yang tidak terdata atau masuk kategori I dan II masih ada kesempatan untuk diangkat ?

  48. maaf td ketik maksud aku knp honorer 1 tidak pakai tes sedangkan yang kategori II pakai tes tolong kebijaksanaannya pak kami kan sudah lama bekerja pak tolong lah km yang honorer II ini……….

  49. tolong honorer pak diangkat tanpa tes km kan sudah lama bekerja knp pakai tes lg sedangkan yang kategori II tidak pakai tes tolong kebijaksanaan nya pak terima kasih…….

  50. mohon di perhatikan nasib kami yang honorer, karena beban karja kami sama dengan pns, cuma upah nya saja yang sangat tidak manusiawi. trims

  51. kapan tenaga honorer katagori 2 diangkat kumohon bkn men pan segera mengumumkan biar puas

  52. kapan tenaga honorer katagori 2 diangkat cpns

  53. Kapan pengangkatan tenaga honorer kategori I ?

  54. Kapan hasil pendataan tenaga honorer kategori 2 bisa dimumkan secara online di BKN pusat ? Pendataan tenaga honorer kategori 2 di daerah saya ( Tabanan – Bali) belum diumumkan, kapan ya diumumkan ?

  55. SALUT UNTUK PEMERINTAH SEGERA UMUMKAN AJA HASIL VERIFIKASINYA ! WONG PONOROGO MULAI ANGET NIH !

  56. Syarip Purtoni, S.Pd

    Ass,,abdi warga cianjur, hapunten anu kasuhun. mung bde naroskeun perkawis NASIB guru SUKWAN Bin guru HONOR waktos ayeuna panginten kumaha REALISASINA, sareng kedah kamana tatarosna. asa piraku panginten ngantosan dugi ka KIAMAT mah. Hatur nuhun…
    Wass… .

  57. Jika pendataan tersebut hanya tiga bulan, (akhir 2010 s/d mei 2011) berapa bulan tuh, mengapa hingga saat ini tidak juga selesai ?

  58. Semoga terealisasi seluruh pemkot/kab. untuk honorer daerah baik yang dikategorikan dan tidak di kategorikan pemerintah melalui pp.no 20 dan pp.no 57-9 tahun 2010 yg lalu, sekian terimakasih.

  59. gimana kabarnya data tenaga honorer yang lulus validasi data tahun 2011 sk honor daerah 2005.kami guru honor yang mandau, kab. bengkalis – riau sangat membutuhkan nama- nama yang lulus validasi….tolong ya pak….!

  60. Kepada Yth Ibu/Bapak Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kab. Tuban Saya adalah tenaga kesehatan hewan swasta murni yang telah mengabdi selama 12 tahun kepada masyarakat. Jangkauan kegiatan saya sudah meliputi kec. Parengan .Soko tuban dan kec. trucuk bojonegoro untuk lebih efektif dan efisien dalam kegiatan lapangan dalam penanganan kesehatan hewan saya bermaksud menjadi bagian dari dinas pertanian kab. Tuban demikian yang dapat saya sampaikan atas kebijaksanaan dinas dan instansi terkait saya sampaikan banyak terima kasih .Hormat saya Supariyono Sp. alamat UD. ANJAR JAYA JL. BUYUT LANJAR NO2 DS. CENGKONG RT 03 RW01 KEC. PARENGAN KAB. TUBAN ( UTARA PASAR BRANGKAL ) Hp. 081330647373 .

  61. Kapan database honorer kategori bisa di onlinekan padahal batas akhir pendataannya udah lewat yakni 31-12-2010? Kok lambat sekali ya?

  62. Yth, bapak menteri DEPKEU,saya salah satu tenaga honorer usia kritis yang terdaftar di Data base BKN dan hingga saat ini masih mengabdi di departemen yang Bapak Pimpin,sampai sekarang belum ada pemanggilan/pemberkasan,

  63. saya sangat setuju dengan pendapat aldo, bukan karena saya sama-sama tenaga honor, tapi sangat merasakan pahit dan sedih nya sebagai tenaga honor, beban kerja tenaga honor bahkan lebih berat dengan yang sudah PNS, bahkan yang paling kena banyak marah dari atasan adalah kami sebagai tenaga honor yang sudah mengabdi 7 tahun, saat ini kami sangat berharap dan menanti verifikasi dan pengangkatan tenaga honor sebagai cpns, untuk masa depan kami dan anak-anak kami seperti anak-anak bangsa lainnya, mudahan-mudahan bapak-bapak/ibu-ibu pengambil kebijakan segera dapat merealisasikan salam

  64. Dengan Hormat,sy mengucapkan banyak terima kasih atas perhatianya tentang pengangkatan tenaga honorer pusat maupun daerah.selanjutnya agar bisa terealisasi dan di buktikan secepatnya supaya rakyat yang sudah mengabdi tidak kecewa karena orang lain sdh pangkat dan gajinya berjalan sementara kita gigit jari merasa tersiksiksa lahir batin kasian.seandainya allah mendengarkan doaku yang saya minta supaya di datangkan saja sunami atau yang lainya bencana yang dahsyat karena banyak tidak adil dan jujur di tambah lagi buta hati dan selalu mencari kesalahan tapi mereka tidak mau di persalahkan egois dong . indonesia memang merdeka tapi rakyatnya menderita banyak busung lapar.yang penting sekarang dananya di siapkan jangan di korupsi bantu yang wajib di bantu.
    kalau allah kasih kekuasaan kepada saya menjadi raksasa akan kuinjak-injak manusia yang sombong dan pilih kasih apalah cuma pilih suku dan org berduit saja.terima kasih ini bukan ancaman tapi pengertian hidup yang harus di pahami jika anda jadi kami atau tukar nasib pengabdian selama 2o tahun jadi honorer di pandang sebelah mata.apakah kalian mau jadi honor kami yang jadi pejabat mau di gituin tolong jgn cuma jadi penonton jangan cuma bicara dan berdebat buktikan kalau indonesia sejahtera adil dan merata kita manusia yang beribadah.untuk kebaikan kita bersama marilah kita berpangku tangan bersama sama untuk maju dan berbuat yang terbaik untuk indonesia.jika ada oknum yang tidak beres hukum sesuai kesalahan adil,jujur dan tidak main duit.yang di bawa mati adalah kebersihan hati .sayang kepada seseama mahluk hidup dan takut,malu kepada tuhan.lebih cepat lebih baik sepert gerakan kopasus selalu siap…..siap hidup siap mati demi kejayaan indonesia.selamat berjuang …..ingat tuhan maha mengetahui dan juga bijaksana dalam mengambil keputusan.mari kita belajar bersih segala galanya jangan ingkar janji.semoga selamat dunia dan akhirat semuanya bahagiamu bahagiaku pula sakitmu sakitku juga senasib sepenanggungan.ingat tuhan maha kuasa dan sangat berkuasa setiap mahluk yang dia ciptakannya.jangan ada dusta di antara kita.permisi

  65. saya bkn guru tp jg tenaga honorer, pa tenaga honorer non guru jg ada prioritas? klo guru da aturan dr mendiknas tp bg yg non guru bgmn?kan sama2 kerja dan jg pny tanggungjwb yg besarnya sama. apalagi bg yg krjnya dilapangan, yg jam krjnya nonstop 24 jam. kayak penjaga kantor, petugas kbersihan, penarik retribusi ataupun yg dpuskesmas ataupun RS?????????????

  66. guru sukwan sm ga dgn guru honorer….?…sampai skrng blm ada kbr menggembirakan ttg pengangkatan cpns secara otomatis utk guru sukwan…malah teman saya ada yg sampai diberhentikan dikarenakan disekolahnya dikirim guru CPNS baru hasil tes umum…jadi ada saatnya dibutuhkan dalam sekolah karena kekurangan guru, ada saatnya juga dibuang karena datangnya guru cpns baru, tanpa ada penghormatan & tanpa penghargaan … mgkn suatu hari saya atau anda yg msh guru sukwan akan merasakan hal yg serupa seperti yg dialami teman saya…untuk diistirahatkan…

  67. tolong di cek kab agam ,gimana pengangkatan tenaga honorer nya lambat . terima kasih

  68. tlg krmkan data2 tenaga honorer penjaga sekoolah dong?

  69. tolong kirimkan daftar nama – nama hasil verifikasi guru sukwan yang di verifikasi tahun 2010 – 2011

  70. Tolong dikirimkan nama-nama hasil verifikasi guru honorer yang sdh selesai dilaksanakan bln november 2010 kemarin. sekali lagi tolong, saya sangat membutuhkan informasi itu.

  71. tolong dikrimkan nama-nama hasil verifikasi guru honorer ke email ini. karena kami sangat kawatir kalau nama kami ada di database atau tidak. saya adalah salah satu tenaga hononer bolaang mongondow induk

  72. Tolong kirimkan nama-nama hasil verifikasi guru honorer lewat email saya ini. supaya saya cepat tau kalau nama saya ada di database atau tidak. jangan sampai sudah capek-capek cari informasi padahal nama saya tidak ada

  73. Seorang Guru Sukwan

    demi menghindari kecurangan, Tenaga Guru Sukwan hendaknya menyertakan daftar 1 pada bulan pertama diangkat!

  74. pemerintah kurang peduli kepada guru honorer murni yang diangkat oleh Kepala Sekolah atau Dinas Pendidikan, padahal guru tersebut sudah mengajar ada yang sampai 15 tahun, seharusnya guru-guru yang seperti itu pemerintah mengangkatnya jadi CPNS secara otomatis, karena banyak mereka sudah tidak bisa ikut test umum, mereka hanya menunggu nasib dan pertolongan Tuhan, bukan pemerintah……..!

  75. kok, dikantor saya (disdik dki) ga ada pengangkatan tng honor ya?gimana tuh nasib2 yg msh honor?

  76. gimana tuh nasib PTT ( Honorer APBD/APBN ) yang diangkat oleh pejabat yang berwenang tapi masa kerja belum 1 tahun per 31 Desember 2005 contoh SK per tanggal 1 Februari 2005.Apa jg bisa ikut ke data pada validasi data tahun ini apa gak,kalo gak gimana tuh nasibnya?bagi infonya y…….

Leave a Reply

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.