Saturday , 23 August 2014

Banyak Daerah tak Paham SE tentang Honorer Tertinggal

Ternyata masih banyak daerah yang belum paham tentang SE Menpan & RB No 03 Tahun 2012 tentang Honorer Tertinggal (kategori I dan 2). Menurut Kepala Biro Humas dan Protokol Badan Kepegawaian Negara (BKN) Aris Windiyanto, pascapenerbitasn SE tersebut, banyak permintaan audiensi dari berbagai daerah di Indonesia. Tujuannya sama, mempertanyakan seputar kelanjutan nasib para tenaga honorer yang tidak memenuhi kriteria (TMK).

"Daerah beralasan, bila para honorer yang TMK ini tidak dicarikan solusinya, akan menimbulkan gejolak sosial," kata Aris yang dihubungi, Senin (23/4).

Kegelisahan daerah ini, lanjutnya, bisa dipahami pusat. Namun dengan melihat data K1 sebanyak 152.310 orang dan K2 melebihi 600 ribu, sangat tidak memungkinkan untuk mengangkat mereka menjadi CPNS. Mengingat kemampuan negara untuk membayar gaji pegawai baru sangat terbatas.

"Jumlah honorer KI dan K2 sangat banyak, jadi pemerintah tidak sanggup mengakomodir semua menjadi PNS. Itu sebabnya, dilakukan verifikasi dan validasi untuk K1. Sedangkan K2 dilakukan tes tertulis sesama honorer," tuturnya.

Mengenai guru bantu yang saat ini masih disalahtafsirkan, Aris menjelaskan, yang dimaksud dalam K1 adalah guru bantu nasional, memiliki SK pengangkatan dari Menteri Pendidikan Nasional serta mempunyai nomor induk guru bantu (NIGB). (esy/sumber:jpnn.com)

8 comments

  1. Boleh kok di buktikan kami yang honorer punya kok kwalitas, igat semua mendapat hak yang sama atas kehidupan yang lebih layak kan? terbukti mana yang berkwalitas
    yang bilang bilang PECAT atau kami yang tetap sabar menanti dengan tetap bekerja secara profesional BOSSSSSSS………..

  2. saya menanggapi comment di atas, mohon maaf jika menyinggung. honorer pun butuh hidup butuh kerja juga. dan salah satu upaya mereka adalah bekerja di sektor instansi sbg tenaga wb (honorer). honorer manusia juga butuh makan butuh hidup butuh apa saja. jdai jika menyalahkan honorer sama saja menyalahkan umat manusia dan hak untuk hidup. atau yg lebih ekstrem lagi menyalahkan tuhan yg menciptakan manusia..

  3. sudah tau negara ini gak mampu gaji PNS?
    kenapa masih ada aja HONORER yang bergentayangan?

    negara ini memang aneh

    seandainya tidak ada para HONORER, pasti PNS negeri ini diisi orang2 yang berkualits

  4. PECAT SEMUA HONORER
    honorer sama dengan pengemis
    BANYAK YANG TIDAK MASUK KRITERIA KARENA TIDAK ADA TES MASUK HONORER
    YANG ADA MODAL KENAL ORANG DALAM

    • pecat, ini negara hukum jangan sewenang-wenang, berkata ini bisa menimbulkan gejolak sosial kami warga negara indonesia sama-sama memiliki hak di Bumi Indonesia ini

      • SEMUA NEGARA NEGARA HUKUM, Tidak ada negara yang tidak negara hukum

        gejolak sosial gimana?
        honorer menyusahkan negara kok….
        kasian PNS gak dapat kerjaan, karena adanya honorer yang minta jam kerja e maaf bukan minta, tapi ngemis jam kerja biar dapat poin buat diangkat jadi PNS
        konyol negara ini

      • kita harus berani menyuarakan kebenaran yg menjadi sesuatu yg eksklusif di negri ini. pemerintah bahkan bagian terkecil didaerah sangat merasa senang dengan adanya HONORER. karena honor yg KECIL DAN TIDAK ADA JAMINAN NAMUN MEMIKUL TANGGUNG JAWAB KERJA YG SAMA DGN PNS. APA kah tugas mu wahai pemerintah? jangan hanya membuat kebijakan yg tidak berpihak kepada rakyat dan SALAH SASARAN.

    • sangat setuju. bahkan saat pengurusan berkas untuk DATA BASE tahun 2010 kemarin banyak kecurangan. data nya dipalsukan oleh KEPALA SEKOLAH. HEBAT!!! belum lagi para honorer harus membayar puluhan juta kepada pihak2 terkait. hal ini terkhusus terjadi di Serdang Bedagai, SUMUT. SEBAIKNYA PEMERINTAH LEBIH BIJAK. ADAKAN REKRUTMEN CPNS YG umum SECARA bersih. bukannya memanfaatkan tenaga HONORER KARENA HONORNYA YG KECIL SEHINGGA DANA YG SEHARUSNYA HANYA MASUK PADA KANTONG ORG2 TRTENTU. BILA CPNS UMUM TAHUN 2012 TETAP DITIADAKAN AKAN ADA GEJOLAK BESAR KARENA PENGANGGURAN TAK BISA DIBENDUNG. BUBARKAN SAJA PEMERINTAH INI.

Leave a Reply

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.