Soal CPNS 2018

Batal Jadi CPNS, Tim Seleksi dari UI Diperiksa Polda Jabar

Satuan Tindak Pindana Korupsi (Satipikor) Dit Reskrim Polda Jabar, Senin (20/2) direncanakan akan memeriksa Panitia Seleksi CPNS Kabupaten Bandung dan Garut yang dilakukan pihak Universitas Indonesia (UI).

Pemeriksaan tim itu dilakukan menyusul adanya laporan empat korban CPNS yang dinyatakan lulus seleksi tapi tak diterima pihak BKD Pemda Kabupaten Bandung saat mereka melakukan daftar ulang.

Untuk mengungkap dugaan ketidaberesan itu penyidik akan memeriksa tim dari kampus UI Jakarta.

Kami akan memeriksa tim dari UI untuk mengusut kasus dugaan kecurangan.  Surat panggilan sudah dikirim, dan rencanya pihak UI akan ke Bandung Senin,” kata sejumlah penyidik di Mapolda Jabar,  Minggu.

Pihak UI, lanjutnya akan diperiksa terkait munculnya empat nama yang dinyatakan lulus tapi ditolak menjadi CPNS.  Para korban merasa dirugikan karena kecerobohan yang diduga dilakukan tim seleksi dari UI itu.

Dari 4 korban, dua diantaranya adalah Anggi dan Alek, yang kini tak bekerja karena sudah ke luar dari tempat mengajarnya semenjak dinyatakan lulus tes CPNS.

Bahkan, mereka sudah keluar dana jutaan rupiah untuk melangsungkan syukuran karena sudah lulus jadi CPNS.

Yana, salah seorang orang tua korban, menjelaskan, pihaknya terpaksa melaporkan UI karena merasa dirugikan. Anggi, anaknya,  yang sudah dinyatakan lulus tes oleh pihak UI untuk menjadi guru di lingkungan Pemda Kabupaten Bandung.

Yana mengaku sangat malu karena sudah melakukan syukuran dan tetangga sudah diundang. ” Nyatanya, anak saya gagal jadi CPNS. Saya akan menuntut panitia dari UI atas kecerobohannya,” tandasnya.

Yang lebih miris lagi, lanjut dia, tiga pria yang mengaku dari UI sempat mendatangi rumahnya di Jatinangor, dan melakukan intimidasi. Jika pihaknya memperpanjang kasus ini ketiga  pria mengancam anaknya tak akan bisa mendaftar jadi CPNS seumur hidup.

Masalah lain yang akan disidik, papar penyidik Polda, dugaan suap terhadap tiga oknum wartawan Rp 100 juta agar kasus ini tak terekspos. [via]

Kisi-kisi Soal CPNS 2017

Check Also

Ini Syarat Daftar Seleksi CPNS 2018

Pemerintah bakal kembali membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di 2018. Nantinya, pembukaan lowongan …

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.