Soal CPNS 2018
guru-honorer

Butuh Kerja Keras Guru Honorer K2 jadi CPNS

Bagi Anda guru honorer K2, sepertinya harus tetap bekerja keras untuk bisa menjadi CPNS tahun 2014 ini. pasalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Azwar Abubakar tidak mau asal-asalan mengangkat seluruh guru honorer kategori dua (K2) menjadi CPNS.

Alasan Azwar Abubakar adalah fakta menunjukkan bahwa sebagian besar guru honorer K2 kompetensinya rendah dan tidak lulus tes yang dilakukan pada 2013. Dikatakan jika kompetensi guru rendah, maka dampaknya akan dirasakan para siswanya.

“Bagaimana bisa saya pertanggungjawabkan kepada anak-anak murid kita kalau yang mengajar mereka adalah guru dengan kualitas rendah”

“Bagaimana mutu pendidikan kita bisa meningkat kalau tidak ditopang dengan mutu tenaga pendidik juga” tegas Azwar Abubakar di Jakarta, Rabu (18/6/14).

Azwar Abubakar menambahkan jika pemerintah sudah cukup kompromi dengan guru honorer K2. Jika pelamar umum passing grade kelulusannya minimal 50, untuk guru honorer diturunkan hingga 30. Dengan catatan pemda wajib menambah pendidikan dan keahlian tenaga gurunya.

“Kalau yang nilainya 10 minta diangkat juga, apakah tidak anjlok bener. Nilai 10 artinya IQ-nya juga 10. Betapa berdosanya saya bila mengangkat guru honorer yang kompetensinya rendah”

“Terbayang tidak, apa jadinya kualitas anak-anak kita kalau guru yang mengajar dia ber-IQ rendah” tambahnya seperti yang dilansir JPNN.

Dilain pihak Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Eko Sutrisno mengunkapkan pemerintah tidak berani mengangkat calon guru yang tidak lulus tes. Pasalnya UU Guru mengatur tentang standar kompetensi tenaga pendidik.

“Ini kita kembalikan kembali kepada Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) karena domainnya guru. Apakah bisa mengangkat guru yang tidak sesuai kompetensinya?” ungkapnya.

BKN, lanjut Eko sedang menyelesaikan pemberkasan NIP honorer K2 yang sudah clear. Jika guru honorer mendesak untuk diangkat CPNS, sebaiknya menunggu proses pemberkasan selesai. Lantas bagaimanakah kelanjutan nasib guru honorer K2? Patut ditunggu perkembangannya. sumber: aktualpost.com

Kisi-kisi Soal CPNS 2017

Check Also

Data Honorer Sudah Diserahkan ke Kemenpan-RB

Pengamat pendidikan yang juga Rektor Universitas Ibnu Chaldun, Jakarta, Musni Umar mengaku prihatin dengan nasib …

2 comments

  1. Yth. Bapak Menteri. Bagaimana Nasib Honorer Non Kategori. yang sudah mengabdi selama 5 Tahun.

  2. Dalam hal ini sy sedikit setuju dengan pak menteri PAN-RB dan yg perlu di garis bawahi bersama adalah Honorer K2 itu bukan berasal dari kalangan guru saja, tolong yg jadi komando terdepan/dipusat yg bersimpati dan memperjuangkan nasib Honorer K2 tidak lagi membawa latar belakang peserta K2 yg tidak lulus, ndk perlu tuntutannya dari guru K2 lah tenaga tehnis K2 lah sekarang itu yg ada dan tersisa Honorer K2.

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.