Tuesday , 2 September 2014

CPNS Kalbar Diumumkan Besok

Penerimaan calon pegawai negeri sipil se-Kalbar akan diumumkan serentak besok, 12 November, melalui media massa dan di Badan Kepegawaian Daerah setempat. Lowongan yang tersedia untuk menjadi abdi negara se-Kalbar sebanyak 3.477 orang.

Kepala BKD Kalbar Lensus Kandri mengatakan, khusus Pemprov Kalbar, lowongan yang tersedia sebanyak 334. Formasi terbanyak yakni untuk tenaga akuntan. Pemprov membuka lowongan sebanyak 53 orang dengan kualifikasi 16 orang untuk lulusan sarjana satu (S-1) dan 37 orang untuk lulusan diploma tiga (D-3). ”Kami memang kekurangan tenaga akuntan. Yang ada saat ini hanya 57 orang yang betul-betul basic-nya akuntansi.

Hampir semua satuan kerja perangkat daerah meminta tenaga akuntan,” jelas Lensus. Selain kekurangan tenaga akuntan, Pemprov Kalbar juga bertekad untuk memperbaiki pengelolaan laporan keuangan mereka sehingga diperlukan PNS yang memang betul-betul menguasai akuntansi. Lensus menjelaskan, penerimaan berkas pelamar sudah mulai masuk pada tanggal 15-27 November. Sementara yang berhak mengikuti ujian akan diumumkan pada tanggal 30 November.

Pelaksanaan tes CPNS se-Kalbar akan dilakukan serentak pada 4 Desember. Kemudian, tanggal 5-18 Desember dilakukan pengolahan kertas lembar jawaban peserta oleh pihak ketiga yang dalam ini dilakukan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. ”Tanggal 18 Desember rencananya penyerahan hasil seleksi dari pihak ketiga ke Pemerintah Provinsi Kalbar dan kabupaten serta kota se-Kalbar,” terang Lensus.

Kemudian, pengumuman kelulusan akan disiarkan pemerintah pada 21 Desember. Dilanjutkan, pada 22-28 Desember, pemerintah setempat melakukan pemberkasan bagi mereka yang lulus untuk mendapatkan Nomor Induk Pegawai atau NIP. ”Paling lambat 31 Desember, berkas itu sudah dibawa ke Badan Kepegawaian Nasional.

Kemudian pada 1 Januari 2011 akan dikeluarkan Surat Keputusan pengangkatan mereka yang lulus sebagai CPNS. Biasanya mulai Maret mereka kerja ,” jelasnya.
Penerimaan pegawai negeri sipil Kota Pontianak menurun jauh dari tahun sebelumnya. Hal itu berdasarkan pengajuan dari kota yang hanya disetujui pusat dengan jumlah184 CPNS.

Maka untuk 2010 penerimaan PNS yang akan dilaksanakan di Pontianak hanya mencapai 184 orang dengan lokasi guru, kesehatan dan administrasi. Pelaksana harian BKD Kota Pontianak Alam Syahrum MY mengatakan penerimaan PNS Kota Pontianak akan diumumkan 12 November besok. Penerimaan tersebut terdiri dari guru 74 orang, kesehatan 42 orang dan administrasi 68 orang.

“Untuk tahun ini penerimaan PNS sangat jauh sekali dari tahun sebelumnya. Yang disetujui oleh pusat hanya 184 orang saja,” katanya saat diwawancarai Kamis (10/11). Dalam penerimaan itu yang merupakan kewenangan pusat juga syarat yang dibutuhkan banyak yang sudah ijazah pendidikan D3 dan S1. “Penerimaan CPNS Kota Pontianak merupakan kewenangan dari pusat, apapun yang disediakan Pontianak hanya menjalankan saja,” katanya.
Wali Kota Pontianak Sutarmidji mengatakan sebagai PNS disiplin itu kunci keberhasilan. Menjadi PNS, berarti mengabdi kepada pemerintah. “Menjadi seorang CPNS dan PNS harus pahami dan aktualisasikan dalam sikap perilaku sebagai seorang aparatur pemerintah. Saat ini siapapun yang menjadi PNS yang tidak hadir dalam tugasnya selama lima hingga 10 hari kerja tanpa keterangan yang sah akan mendapatkan hukuman ringan dan akan diberhentikan jika tidak ada keterangan tidak masuk selama 46 hari,” paparnya.[via]

3 comments

  1. khusus yang jurusan akuntansi, lowongan mana yang di buka pak??
    mohon info yang jelas pak..
    terimakasih.

  2. KAB.PONTIANAK NGUSULIN APA NGAK YA>>>>>>???
    Denger2 MAU ngangkat Para Honorer semua……

Leave a Reply

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.