Thursday , 28 August 2014

CPNS Sulsel: Honorer Jadi Prioritas CPNS

Pemerintah Provinsi Sulsel belum menerima formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2011. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) sendiri belum mengumumkan formasi CPNS.

Hasil pertemuan kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) di kemeterian tersebut pada Jumat, 10 Juni, hanya membicarakan nasib pegawai tidak tetap (PTT) dan honorer untuk alokasi CPNS 2011.

Kepala  BKD Sulsel, Andi Murny Amien Situru, yang dihubungbii FAJAR melalui telepon selular usai melakukan pertemuan dengan pejabat Kemenpan RI di Jakarta, mengatakan, formasi CPNS untuk setiap daerah termasuk Sulsel belum diumumkan.

“Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi mau menyelesaikan lebih dulu pengangkatan hampir 80 ribu PTT se-Indonesia,” ungkap Andi Murny.

Saat ini, Sulsel memiliki sekitar 250 tenaga PTT yang belum terangkat menjadi CPNS berdasarkan hasil verifikasi oleh tim yang dibentuk pemerintah pusat belum lama ini. Menurut Murny, setidaknya, jumlah ini terus berkurang karena Sulsel sudah memberi laporkan ke kementerian PAN-RB.

Murny menambahkan, saat pertemuan dengan pihak Kementerian PAN-RB, memang belum dibicarakan mengenai jadwal seleksi CPNS 2011 apalagi kuota tiap daerah.

Total formasi CPNS yang telah diusulkan 24 kabupaten dan kota di Sulsel sebanyak 35.493 orang, terdiri atas tenaga guru sebanyak 19.032 orang, tenaga kesehatan 5.568 orang dan tenaga teknis 10.893 orang.

Kabupaten tertinggi mengusulkan jumlah CPNS pada 2011 adalah Kabupaten Sidrap 5.538 orang, disusul Luwu Timur mengajukan 2.410, Takalar 2.338 orang dan terkencil adalah Pemprov Sulsel yang mengusulkan sebanyak 370 orang.

Terkait dengan pendataan tenaga honorer, Kementerian PAN-RB melalui BKD masing-masing melakukan dua kategori yakni kategori pertama bagi mereka yang diangkat sebagai PTT per 1 Januari 2005 dengan pembiayaan APBN maupun APBD. Sedangkan, kategori kedua yakni tenaga honorer non APBN/ APBD.

Proses verifikasi untuk tenaga honorer kategori pertama sudah rampung. Sedangkan, verifikasi untuk pendataan honorer tahap kedua masih menunggu tim dari pemerintah pusat.

Saat ini, sebanyak 12 instansi di lingkup Pemprov Sulsel sudah mengajukan usulan pengangkatan PTT tersebut. Mereka yang masuk kategori pertama tak lagi mengikuti tes dan bisa langsung diangkat sebagai PNS jika sudah lolos verifikasi. (aci)http://www.fajar.co.id

Leave a Reply

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.