Soal CPNS 2018

DPR Minta Moratorium PNS Diperpanjang Sampai 2014

Moratorium atau penghentian sementara perekrutan PNS baru, berlaku mulai 1 September 2011 hingga 31 Desember 2012 nanti. Wakil Ketua DPR Anis Matta justru meminta moratorium itu perlu diperpanjang sampai 2014.

Anis juga meminta program itu perlu dilengkapi dengan upaya mempensiunkan dini para PNS yang dinilai sudah tidak produktif.

"Menurut saya, moratorium harusnya dilakukan selama satu periode (pemerintahan Presiden SBY), minimal sampai 2014," kata Anis saat ditemui di GOR Bandung, Jalan Pajajaran, Minggu (11/9/2011).

Ia menilai PNS yang ada saat ini jumlahnya terlalu gemuk sehingga perlu disusutkan jumlahnya. Disaat yang bersamaan pemerintah juga harus meningkatkan kinerja para PNS yang jumlahnya hingga mencapai 4,7 juta orang.

"Yang diperlukan bukan cuma moratorium. Harusnya ada program pensiun dini bagi PNS yang sudah tidak produktif lagi," ungkapnya.

Menurutnya, PNS ibarat lemak dalam tubuh organisasi pemerintah. "Lemak ini yang harus dipangkas. Lemak ini yang membuat pemerintah jadi kelihatan besar, tapi isinya bukan daging, bukan otot," tegasnya.

Anis menambahkan, selama ini anggaran untuk membayar gaji PNS ini cukup besar. "60% anggaran kita jatuhnya ke PNS," imbuhnya.

Moratorium selama ini dianggap sebagai cara ampuh menekan pengeluaran pemerintah untuk belanja pegawai. Misalnya pemerintah mengalokasikan anggaran gaji dan tunjangan pegawai negeri sipil (PNS) mencapai Rp 104,9 triliun di 2012. Jumlah ini naik Rp 15,2 triliun atau 16,9% dari anggaran di 2011 yang sebesar Rp 89,7 triliun. Sumber: finance.detik.com

Kisi-kisi Soal CPNS 2017

Check Also

Apa sih bedanya CPNS dan PNS?

Tahun 2018 ini pemerintah bakal kembali membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Hal itu …

21 comments

  1. Dasar Wakil Rakyat Korup…..

    Bangsat bener mau perpanjang moratorium…dak punya otak kah?pengangguran semakin bertambah….dasar otak keledai….mikir dompet sediri.,..ngak mikir orang yang butuh pekerjaan….dasar wakil rakyat KORUP!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  2. Bagaimana gaji DPR DPRD juga dipangkas .. itu orang2nya makan gaji buta..kerjaannya kagak ada yg bisa memberi kesejahteraan rakyatnya…

  3. jadi galau baca keputusan DPR. Harusnya ada kesempatan buat yang muda ,

  4. subhanallah….udah gaji dikit masih aja di perdebatkan…terserah dueh, aku percaya rejeki ada yg ngatur…..makasih ya anggota DPR semoga dosa kalian di ampuni Allah….

  5. kapan pengumuman verifikasi dan validasi honorer gelombang pertama……..tlong d umumkan spy qt nggk menunggu2….ke datanganx

  6. waduh… yang seharusnya kena pensiun dini adalah anggota dpr yang tidak produktif… bisanya cuma tidur, menghabiskan anggaran, bahkan korupsi… hahaha… benahi dulu dpr… baru komentar ke yang lain…

  7. wakil rakyat dan pejabat negara yang memutuskan moratorium adalah orang yang terbodoh terbloon di negara ini…masa pns yang gajinya kecil dipermasalahkan sampe2 sudah memberhentikan seleksi cpns…yang bener kita ciutkan gaji pejabat n DPR yg kerjanya cuma korupsi dan menghabiskan uang dan pajak rakyat untuk kepentingan dirinya….wahai para setan dan jin2 penghuni indonesia tolong ganggu dan hancurkan hidup para pejabat dan DPR yg korupsi dan memoratorium kepentingan para rakyat….ayo kita santet para pejabat dan DPR KORUPSI…..BANGSAT!!!!!!!

  8. wahai para pejabat yang sok paling hebat..kalo ngomong tu pake otak jangan pake keuntungan diri sendiri…kayak anis tu yang sok paling mumpuni…udah tau cara ngurangin pengangguran…ya dengan potong gaji pejabat dari tingkat 2 sampe presiden kalo perlu..setuju /

    /

  9. kasihan yang karena moratorium persyaratan umurnya gak masuk
    kejam!!

  10. walah si anis mending urusin video bokep ente dl deh br bekoar soal orang lain lagian kyk yg di DPR pd becus aja gawenya mdh2an jngn ampe kelamaan deh nih bisa makin bnyk pngangguran di negara ini cape deh

  11. satu kata buat DPR … BAANGNGSSAAAAAAAAT ……… !!!!!!!

  12. emang dasar biadab benar kelakuan para wakil rakyat sekarang, tidak ada gunanya mereka tinggal di senayan sana bukannya mmperjuangkan kami2 ini masyarakat kecil malah mau menambah beban kami saja, lebih baik tidak ada wakil rakyat lagi untuk pemilu yang akan datang sebaiknya masyarakat gak usah lagi memilih wakil rakyat biarla kita semua gollputttttt. biar kita habiskan uang2 mereka untuk dana kampanye setelah itu gak usah kita pilih biar mereka tau gimana rasanya jadi orang miskin, biar mereka merasakan jangan biarkan mereka membodohi kita janji masih pemilu baiknya minta ampun stelah dipilih kita ditendang, itulah potret DPR sekarang. orang2nya pada biadab semua…..

  13. Emang pada mikir diri sendiri aja,cuma mau gendutin perutnya sendiri,pikir dong rakyat kecil dasar ngk punya perikemanusiaan

  14. gak mikir apa,,,menambah jumlah pengangguran itu nama’y,,,urusin yu para pengangguran,,,,jgn jumlah tabungan trs yg km pikir.alangkah lucunya hidup dinegeri ini

  15. kami butuh kerja pa, tolong jgan d,hentikan PNS, kami mohon pa presiden, liat kami yg ada di kabupaten, kami butuh pendaftaran PNS

  16. Kalau moratotium diperpanjang, dimana peran negara terhadap warganya !! Pancasila sebagai dasar negara menjamin setiap warganya mendapat pekerjaan dan penghidupan yang layak. Kalau diperkotaan dan ibukota mgkn moratotium tidak jadi masalah. Tapi didaerah atau desa ??? Negara harapan mereka satu-satunya, cuma ini yg bisa kami berikan kepada bangsa dan negara kami…yakni mengabdi sebagai abdi negara…mereka tidak meminta banyak apalagi adanya tunjangan seperti mobil, rumah, gedung, reses dan lainnya.

  17. kenapa semua harus dpr yg ditanya. DPR kan wakil rakyat, berarti rakyatnya dong ditanya setuju apa enggak. ini malah DPR yg bikin stement pribadi sendiri tampa ada persetujuan rkyat. berarti klo DPR bilang lantai gedung DPR harus terbuat dari emas, harus di setujui pemerintah dong?..masalah ga produktif bukanya mereka juga bnyak yg cuma duduk disidang, ketawa-tiwi, tidur, paling dari 10 anggota cuma 3 yg bener2 jiwa kerakyatan.itung aja jumlah anggota DPR keseluruhanya, … bagi yg umurnya udah mentok tahun ini terkahir cuma masih mau nyoba lagi setelah berkali-kali gagal kan kasihan gara2 adanya kputusan DPR tentang moratorium ini.. ah…cape deh negara kita ini……

  18. DPR minta moratorium PNS diperpanjang sampai 2014, Kalau saya minta moratorium PNS diberlakukan selamanya, dan PNS yang ada sekarang dipercepat masa pensiun, sehingga Dana yang terkumpul bisa ditambah untuk gaji PARA DEWAN YAHG TERHORMAT. terima kasih.

  19. goblok nih DPR,,yg bikin anggaran negara abis bukannya lo sendiri ya yg ada di gedung parlemen?? PNS mah gajinya ga seberapa,buat makan sehari2 palingan ,itu aja kadang2 ga cukup..harusnya yg di moratorium itu anggota dewan sebagai lembaga terkorup,kerjanya cm makanin uang negara trus jadi makelar sana sini,bukan PNS-nya yg dihentikan..otak pada pendek semua nih monyet2..

  20. bust dah ni orang,,,kalian tuh dipilih ma masyarakat….ga seharusnya kalian malah ngedukung program kaya gini…60% buat PNS yang nilainya banyak….40%nya buat DPR yang nilainya sedikit….yasudah pemilu mendatang ga usah ada DPR MPR ja…sama ga gunanya tuh….PNS mang kaya lemak…tapi DPR dah kaya borok

    • Duch nech org perlu kaca yg gueedeee!!! sblum kmentar org tuh lht ndri pak apkh andan n ank buah anda sdh bsa mnjadi wkil rkyat yg baik n bnar!! lawong rapat aja bnyak yg ga dteng plus tdur giliran dpet sangu prjalanan nomer wahid!! Bkan PNS yg d moratorium tpi org2 yg ga bsa mlayani rakyat dengan bnar yg bwt rakyat tmbah ssah yg d moratorium!! mumpung blom d moratorium sama yg bwat hdup!!

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.