Saturday , 1 November 2014

Formasi CPNS Sulsel Dibagikan Besok

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulawesi Selatan (Sulsel) menerima rincian formasi final calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2010 dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Rincian formasi penerimaan untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel serta 24 kabupaten/ kota se-Sulsel saat ini sudah berada di tangan BKD Sulsel. Kepastian tersebut diungkapkan Kepala BKD Sulsel Andi Murny Amin Situru kepada Tribun, Rabu (10/11).

Selanjutnya, BKD Sulsel dijadwalkan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penerimaan CPNS 2010 Jumat (12/11) besok sekitar pukul 09.00 wita bersama seluruh BKD se-Sulsel.
Dalam rakor ini, BKD Sulsel akan langsung menyerahkan rincian formasi tersebut kesetiap BKD kabupaten/ kota.

Rakor sekaligus membahas persiapan teknis penerimaan CPNS mulai pendaftaran, seleksi tertulis, hingga pengumuman.
"Sudah ada semua. Kami segera lapor ke Pak Gubernur dan Pak Sekda untuk meminta petunjuk. Formasi untuk semua daerah sudah ada, hanya saja belum bisa kita buka termasuk untuk rincian formasi pemprov," kata Murny yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulsel ini.

Diperkirakan proses penerimaan CPNS yang diawali dengan pengumuman penerimaan dan proses pendaftaran sudah bisa berlangsung dalam pekan depan.
Namun, Murny menegaskan kesepakatan itu baru akan dibahas bersama seluruh kabupaten/ kota untuk keseragaman pelaksanaan seleksi.

Sehari sebelumnya, Murny mengutus Kepala Sub Bidang (Kasubid) Perencanaan dan Pengembangan Pegawai BKD Sulsel Suraedah untuk menjemput pengesahan rincian formasi ke Kemenpan-RB di Jakarta.

Kuota
Diperkirakan Sulsel mendapatkan kuota formasi umum hanya berkisar 2.000-an orang di lingkup pemprov dan 23 kabupaten se-Sulsel dari total usulan kuota formasi yang diajukan mencapai 44 ribu orang.

Informasi yang diperoleh Tribun, menyebutkan tiap daerah hanya menerima formasi di bawah 200 orang. Kuota terbanyak diperoleh Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare yang berkisar 200-an lebih CPNS. Sedangkan Kota Makassar sebelumnya hanya mendapatkan jatah sekitar 172 orang.

Namun, Makassar mendapatkan tambahan kuota sebanyak 38 orang terdiri dari 27 guru dan 11 tenaga kesehatan.

Dengan penambahan itu, formasi pelamar umum CPNS Makassar tahun ini menjadi 210 orang dari sebelumnya 172 orang. Dari kuota ini, formasi guru kelas dan tenaga kesehatan mendominasi. BKD Makassar menerima alokasi 77 formasi untuk guru, 52 tenaga kesehatan, dan 43 untuk tenaga teknis.

Sedangkan Gowa disebutkan akan menerima 259 orang. Jumlah ini sudah termasuk formasi guru tambahan yang diberikan kemenpan.

Sebelumnya, formasi CPNS yang diterima Gowa hanya 217 orang. Jatah Gowa yang semula hanya 217 orang terdiri atas tenaga guru 98 orang, kesehatan 65 orang, teknis 54 orang.  Dengan penambahan tersebut, maka total kuota 259 orang dengan rincian tenaga guru 140 orang, kesehatan 65, dan teknis 54 orang. Tenaga guru itu terdiri atas guru SD 72 orang, guru SMP 40 orang, guru SMA 18 orang, guru SMK delapan orang, dan dua orang untuk guru TK.
Untuk Pemprov Sulsel akan menerima sekitar 277 calon pegawai negeri sipil (CPNS) dalam penerimaan pegawai formasi umum tahun 2010 ini.

Terdiri dari 150 orang tenaga kesehatan meliputi dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis anak, dokter spesialis obgin (kandungan), dokter spesialis bedah, dokter spesialis jiwa, dokter umum, dokter gigi, penyuluh kesehatan masyarakat, S1 kimia farmasi, apoteker, D3 kebidanan, D3 rekam medis, D3 perawat, dan D3 perawat gigi.
Untuk 114 tenaga teknis meliputi S1 teknik sipil, D3 teknik sipil, S1 teknik industri, S1 mesin, D3 mesin, S1 elektro, D3 elektro, S1 arsitek, D3 arsitek, S1 geologi, S1 pertanian, S1 kehutanan, S1 perikanan, S1 peternakan, S1 hubungan internasional, S1 ekonomi profesi akuntansi, pranata komputer, dan D3 komputer. Serta 13 pelatih olahraga yang merupakan atlet berprestasi untuk jenjang pendidikan S1 semua jurusan.

Pendaftaran
Proses pendaftaran diperkirakan sudah bisa berlangsung pekan depan atau pekan terakhir November ini.  Pendaftaran CPNS Pemprov Sulsel dipastikan tetap berlangsung melalui PT Pos Indonesia. Sebelumnya, BKD Sulsel berencana merubah mekanisme pendaftaran secara langsung.

Pendaftaran via pos itu juga akan dilakukan sejumlah kabupaten/ kota di daerah ini. Sementara ujian tulis kemungkinan baru bisa dilaksanakan pada awal atau  pertengahan Desember mendatang.

Para calon pendaftar sudah bisa menyiapkan berkas yang diperlukan untuk pendaftaran. Berdasarkan surat edaran kemenpan, seluruh pelaksanaan tahapan seleksi dan pengumuman hasil tes paling lambat harus rampung Desember nanti. Mereka yang lulus seluruh rangkaian seleksi terhitung masa tugas (TMT) per 1 Januari 2011.

Mekanisme dan persyaratan penerimaan baru akan dibahas dalam Rakor BKD se-Sulsel. Sebagai implementasi Peraturan Pemerintah (PP) No 19 tahun 2010 tentang penguatan wewenang gubernur, provinsi menjadi koordinator penerimaan di daerah.
BKD juga belum menetapkan perguruan tinggi negeri (PTN) yang bekerja sama untuk penyelenggaraan seleksi meliputi pembuatan soal hingga pemeriksaan hasil tes tertulis.
Disebutkan sudah dua universitas yang mengajukan penawaran ke BKD Sulsel yakni Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung.

Sebelumnya, BKD Sulsel mengusulkan akan dilakukan sejumlah perubahan teknis dalam pelaksanaan seleksi nanti seperti akan memasukkan materi bahasa Inggris dalam tes tertulis. Selain itu, dilakukan wawancara sampai pemeriksaan fisik. [via]

Leave a Reply

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.