Soal CPNS 2016

Gaji ke-13 Cair 5 Juli

INI  merupakan kabar gembira bagi pensiunan di tanah air. Pekan depan, pemerintah mulai membayar tunjangan uang pensiun ke-13 tahun ini. Sekretaris PT Taspen (Persero) Faisal Rachman menyatakan, pihaknya membayar uang pensiun ke-13 tahun anggaran 2010 kepada para penerima pensiun/tunjangan, termasuk janda/duda pensiunan di seluruh Indonesia. ’’Pembayaran akan dilakukan serentak mulai 5 Juli di kantor bayar pensiun di seluruh Indonesia,’’ ujarnya. Menurut dia, dana yang disediakan untuk pembayaran pensiun ke-13 tahun ini mencapai Rp 3,12 triliun. Dana itu akan dibayarkan PT Taspen kepada 2.319.050 pensiunan. ’’Pensiun ke-13 ini dihitung berdasar pensiun pokok ditambah tunjangan keluarga, tambahan penghasilan, dan pembulatan bila ada. Tapi, tanpa memperhitungkan tunjangan beras,’’ tuturnya.

PNS aktif yang menerima gaji sampai Mei 2010 dan TMT pensiunannya 1 Juni 2010, lanjut Faisal, tetap akan menerima uang pensiun ke-13. Bagi penerima pensiun yang pindah wilayah kantor cabang pada Juni 2010, pembayaran pensiun ke-13 dilakukan di kantor cabang yang dituju. Dia menambahkan, dalam hal pegawai negeri, pejabat negara, serta penerima pensiun/tunjangan yang juga penerima pensiun janda/duda, kepada yang bersangkutan juga diberikan pensiun atau tunjangan janda/duda bulan ke-13. ’’Harap juga diingat, bagi penerima, pensiun bulan ke-13 yang dibayarkan secara tunai akan disetorkan kembali ke rekening kantor cabang Taspen bila tidak diambil sampai 20 Juli 2010,’’ terangnya.

Bagaimana pengambilan setelah melewati 20 Juli? Menurut Faisal, jika melewati tanggal itu, pensiunan dapat mengajukan permohonan pembayaran uang pensiun ke-13 melalui kantor cabang PT Taspen setempat. Sebelumnya, Ditjen Perbendaharaan Negara Kementerian Keuangan juga memberikan gaji ke-13 bagi PNS dan TNI-Polri. Pemberian gaji ke-13 tersebut ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan serta meringankan biaya hidup PNS, pejabat negara, dan penerima pensiun/tunjangan. [via]

Apakah gaji ke-13 Anda sudah diterima? Jawab di komentar ya!

Kisi-kisi Soal CPNS 2016

Check Also

cpns-2015

Agar Tak Dirasionalisasi, PNS Harus Kuasai Ini

Sebanyak 1,391 juta PNS yang berada di jabatan fungsional umum (JFU) jadi target penataan aparatur …

31 comments

  1. Pemerintah hanya omonganx yg besar realisasix lama bget..
    keberu pns dan pensiunx pda melarat,janji buta yg kw berikan kpda pns

  2. belum terima itu sampe sekarang……………

  3. masih blm keluar nih gaji ke 13 nya pdhl ni sdh tanggal 17 juli…

  4. Lumayan bisa buat tambah memenuhi kebutuhan hidup….Terima kasih infonya…

  5. kapan si gaji 13 saya mw pergi GTC ke Jogja pembayaran 900 rb semoga pemerintah jgn di undur undur lagi ya gaji 13 nya ..
    kasian ibu saya pensiunan ..

  6. kapan sich gaji 13 keluar soalnya buat nambahin modal dikonter saya

  7. kapan ni gaji ke 13 keluar,kasiahan org tua mau pd nyekolahin anak2 nya

    • yang sabar ya pak ntar juga turun gaji nya . saya juga kasian sama ibu saya pak buat bayar GTC ke Jogja pembayaran 900 rb ..

  8. kapan gaji 13 keluar buruan dong anak saya dan anak seluruh indonesia pada sekolah

  9. Pensiunan Kabupaten tolitoli yang di bayarkan melalu BRI, hingga saat ini ( tgl 25 Juli 2011) belum terima gaji 13, dan sudah ditanyaka ke PT TASPEN PALU. katanya sih tanggal 28 nanti…sebenarnya ada apa????? apakah ada pembungaan dana pensiunan…????????????????????/

  10. saya kira cm bapak saya saja yg pensiunannya belum keluar.. trnyata memang semua pada belum keluar ya.. kata nya sih 20 juli.. tapi apa benar besok gaji nya keluar..???

  11. kapan gaji 13 keluar… hari gini juni udah mau habis…

  12. gmn gaji ke 13 kok g dtg2 nanti sampai dtg ke 14

  13. Kalo belum pasti betul jangan menginformasikan ke mass media, katanya awal bulan juli sudah keluar tapi sampai saat ini belum keluar…..Mohon diperhatikan yang jelas!!!!!

  14. kapan gaji 13 buat yg pensiunan keluar ne. saya mau bayarin biaya masuk sekolah

  15. memang kita lagi di uji kesabaran……………

  16. selalu menunggu dan menunggu……di mana kau gaji 13 …..banyak temenku yang nunggu nih…..termasuk aku…..

  17. Kalau di kabupaten Pati jelas diperlambat dong biar ada orang yang diuntungkan

  18. anjing minta makn pak………….

  19. sunarsih budi hastuti

    gaji ke 13 , kapan?ikan sepat ikan gabus, makin cepat makin bagus…. buat bayar kuliah brow…. bayar kontrakan. yang jelas untuk meningkatkan mutu pendidikan anak, anak sekolah jangan lupa dirinya juga sekolah yauuuw

  20. Moh. Tamzi, A.Ma

    belum cair…………….

  21. Moh. Tamzi, A.Ma

    tgl 5 akan cair,,,,,,,,?
    org sampe tgl 6 ini belum ada kbr ttg cairnya itu,,,,,,
    infonya yg jls dong…………………????

  22. sampai hari ini rabu 06 juli gaji 13 belum juga di bayarkan…, kami berharap tgl 10 selambat-lambat nya bisa di bayarakan…
    makasi.

  23. sampai hari ini selasa 5 juli gaji ke 13 belum cair… teman teman sesama pns tanya terus kapan cairnya/.. dan aq jawab .. sabaaar …rizki nggak kemana…bro aku juga nunggu nih…moga nanti bawa berkah ..amiin

  24. sampai tanggal 1 juli gaji 13 belum dibayar kami berharap pemkab lombok tengah segera membayar semua pns se kab. lombok tengah menanti pembayarannya. mudahan pembayarannya tepat tgl 5 juli, makasih

  25. saya mengharap gaji ke 13 segera diberikan karena untuk biaya sekolah anak paling lambat bayar awal Juli.Mohon segera dicairkan

  26. Menurut Raja Jawa Indonesia Persia; SULTAN AJENGAN RIDATANI NINGRAT: gaji 13 harus dibayarkan melalui birokrasi pegawe negeri yang standar nasional dan internasional dan kantornya ada pengakuan asli suatu pulau atau seluruh asli pulau di Indonesia.

  27. Sampai hari ini Rabu tanggal 22 Juli 2011 gaji 13 belum dibayarkan kami mengharap bisa dibayarkan bulan depan paling lambat tagl 5 Juli 2011.

    Dasarnya apa kalau gaji 13 cair tanggal 5 juli 2011, apa mungkin ada surat edarannya.

  28. Sampai hari ini jumat tanggal 10 Juni 2001 gaji ke 13 belum dibayarkan
    kami mengharap bisa dibayarkan minggu depan paling lambat bulan ini
    Sekian dan terima kasih

Leave a Reply

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.