Gaji PNS Naik, Target Inflasi Tetap Aman

Kenaikan gaji 10% dan pencairan gaji ke-13 bagi PNS tidak akan menggannggu target inflasi 2012 sebesar 5,3%. "Itu tidak akan menggangu target inflasi 5,3% yang telah ditetapkan pada APBN 2012," ujar Ekonom Standard Chartered Bank Indonesia, Fauzy Ichsan .

Dengan kenaikan gaji PNS tersebut sekitar 10% sama sekali tidak mengganggu, melainkan hanya meningkatkan daya beli masyarakat dan membantu daya konsumsinya saja. Fauzy menjelaskan, jika pabrik-pabrik di Indonesia tidak meningkatkan produksi dan jasa, maka akan meningkatkan laju inflasi. Karena daya beli masyarakat serta konsumsinya terus tumbuh dan meningkat.

"Untuk itu agar tidak menganggu laju inflasi sekitar 5,3 persen di tahun 2012, maka harus ada peningkatan supply barang jasa, dan daya beli masyarakat perlu ditingkatkan," jelasnya.

Pemerintah akan melakukan peningkatan kesejahteraan dan kenaikan gaji tersebut meliputi, belanja gaji dan tunjangan yang masih melekat pada gaji, tunjangan khusus, honorarium tetap, lembur, kenaikan gaji pokok sekitar 10%, dan gaji ke-13. Selain itu juga akan ada kenaikan uang makan dan uang lauk pauk bagi PNS, TNI, dan Polri.

Dalam APBN 2012, anggaran belanja K/L dialokasikan sekitar Rp508,3 triliun yang di dalamnya sudah termasuk belanja pegawai sekitar Rp127,7 triliun untuk pembayaran gaji PNS. Secara keseluruhan, pemerintah mengalokasikan anggaran belanja pegawai tahun ini sejumlah Rp217,7 triliun.

Bagi Anda yang belum berhasil lolos di CPNS 2014, persiapkan diri Anda untuk menghadapi Tes CPNS 2015 yang persaingannya semakin ketat. CPNS 2015 akan dibuka sekitar Juli 2015. Segera persiapkan diri Anda dan dapatkan Panduan lengkap lolos Tes CPNS disini

Check Also

Khofifah-Indar-Parawansa

Mensos Siapkan Slot CPNS Untuk Penyandang Disabilitas

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, mengatakan, siap untuk meminta dibuka kembali peluang bagi penyandang disabilitas ...

3 comments

  1. Ruslan Abdul Manan

    tujuan indonesia ini apa,,,,,,,,,?????????
    kasus yang kemaren-kenaren aja belum beres,,,,,, koq gaji PNS malah di naikan,,,,,,,,,
    dengan banyak sekali PNS yang melakukan korupsi,,,,,,,, apakah pantas PNS itu gajihnya di naikan,,,,,,????????
    yaaaa,,,,, meskipun tidak semua PNS itu melakukan hal tidak terpuji itu,,,,,,,,,, tapi menurut saya,,, alangkah baiknya para PNS itu bekerja dulu untuk membuktikan bahwa PNS yang tidak korupsi itu menunjukan bahwa mereka itu pantas untuk gajihnya di naikan.

Leave a Reply

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.