Thursday , 30 October 2014

Gaji PNS Tahun 2012 Naik Lagi

Tahun depan pemerintah kembali akan menaikan gaji pokok Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI/Polri, juga pensiunan. Besaran kenaikannya direncanakan rata-rata sebesar 10%.
Demikian disampaikan Ketua Badan Anggaran DPR-RI Melchias Markus Mekeng dalam rapat paripurna mengenai laporan Banggar DPR-RI tentang hasil pembahasan pembicaraan pendahuluan penyusunan RAPBN tahun 2012, di Senayan Jakarta, Selasa (5/7/2011).

"Dalam tahun 2012 kebijakan belanja pegawai antara lain kenaikan gaji pokok dan pensiun pokok rata-rata 10 %," ujarnya.

Selain itu, lanjut Melchias, pemerintah akan tetap memberikan gaji dan pensiun ke-13 dan pemberian remunerasi bagi Kementerian/Lembaga yang telah melaksanakan reformasi birokrasi.

"Pemberian gaji dan pensiun bulan ke-13, menampung kebutuhan anggaran remunerasi K/L terkait reformasi birokrasi dan remunerasi pejabat negara," tegasnya.

Sementara untuk belanja barang dalam tahun 2012, berkisar pada barang guna memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Kebijakan belanja barang dalam tahun 2012 antara lain menjaga kelancaran penyelenggaraan kegiatan operasional pemerintahan, pelayanan kepada masyarakat, dan pemeliharaan aset," ujarnya.

Sedangkan kebijakan belanja modal dalam tahun 2012, Melchias menyatakan anggaran dialokasikan guna ketersediaan infratsruktur.

"Belanja modal antaralain menjamin ketersediaan infrastruktur dasar, termasuk infratruktur energi, ketahanan pangan, komunikasi, dan upaya debottlenecking. Pengurangan backlog pembangunan infratsruktur dan peningkatan domestic connectivity," pungkasnya. Seumber: http://finance.detik.com

7 comments

  1. Saya sangat setuju dgn ide-ide mengenai kenaikan gaji bagi PNS diutamakan hanya kepada PNS yg berprestasi, yg betul-betul melaksanakan tupoksinya dgn baik. Pemerintah dan DPR harusnya memikirkan hal ini, tidak menyamaratakan kenaikan gaji tsb kpada smua PNS, krn byk jg PNS yg sering mangkir dari kerjanya, malas-malasan, bahkan membolos dari tugasnya.

  2. cukup deh beli susu anak, yang penting halalnya

  3. Alhamdulillah kalau naik betulan, kerja pun bagus dikit

  4. Kenaikan Gaji PNS akan berpengaruh positif bagi PNS yang paham Tupoksinya dan ikhlas melaksanakanya, sehingga dapat meningkatkan kinerja Pemerintahan. Tetapi sebaliknya kenaikan tsb juga berpengaruh sangat negatif bagi PNS yang tidak mau paham dan tidak ingin paham Tupoksinya-palagi melaksanakan-keseharianya yang penting setor muka, absen, duduk2, pulang ???! PNS yang begini tidaklah layak dapat renumerasi/ kenaikan gaji. Solusinya PNS seperti itu sebaiknya diberi Pesangon saja pada Th.2012 agar out dari pemerintahan, agar tidak membebani APBN. “Salam.”

  5. kenaikan gaji boleh2 aj,,tp sesuaikan dngan kntrbusi yang dbrikan trhadpa pkerjaanx,,
    kalo bsa pemerintah itu adakan kompetisi prestasi antar para pgawai itu sndri,,,,
    jadi knaikan gaji hanya bisa dbrikan pada pgawi yang pnya prestasi saja,,
    dan perlu diingat kbiasan para PNS itu banyak yang klayapan dwaktu jam kerja,,,,
    sungguh terlalalu!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

  6. Ngak usah menaikkan gaji keseluruhan PNS Pak….Kalau mau menaikkan gaji PNS liat dl produktifitas mereka. Jgn samaratakan smua, nanti yg sering malas-malasan malah keenakan…gaji naik trus tp produktifitas kerja menurun. Saatnya sistem birokrasi kita benahi…Jgn cuma liat dari struktur birokrasi yg semakin gemuk, tp liat jg SDMnya….

Leave a Reply

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.