Soal CPNS 2016

Guru Hononer Siap-Siap Verifikasi Mulai Juli

Guru honorer yang mengajar sebelum tahun 2005 boleh mulai bersiap diri melakukan verifikasi data di Badan Pusat Statistik (BPS) yang rencananya digelar mulai Juli hingga September 2010. Verifikasi data ini diperlukan agar guru honorer tersebut dapat diangkat statusnya sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tanpa tes dengan kualifikasi dan syarat tertentu.

Hal tersebut disampaikan Direktur Profesi Pendidik, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Achmad Dasuki, Selasa (29/06) di Jakarta. Penyataan tersebut disampaikannya saat berdialog bersama perwakilan guru-guru honorer yang tergabung dalam Komite Guru Bekasi (KGB), Komite Aksi Mahasiswa dan Masyarakat Peduli Sosial (NGO KAMMPUS), Forum Komunikasi Tata Usaha (FKTU), dan Rumah Diskusi Guru (Rumdis).

"Pengangkatan guru non-PNS menjadi CPNS tanpa tes merupakan komitmen para wakil Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan tenaga honorer yang tercecer, terselip, dan tertinggal ini," ujar Dasuki yang didampingi Kepala Pusat Informasi dan Humas, M. Muhadjir.

Ia menjelaskan bahwa setiap guru berstatus bukan PNS yang mengajar sebelum tahun 2005 berhak mendapatkan kenaikan status menjadi CPNS asalkan memenuhi kualifikasi dan syarat tertentu. "Dia mengajar terus menerus tanpa putus, memenuhi 24 jam mengajar per minggu, diangkat oleh pejabat yang berwenang, serta penghasilannya dibiayai oleh APBN dan APBD," papar Dasuki.

Namun, ia mengingatkan, guru yang telah melakukan verifikasi data dan dinyatakan lulus, tidak dapat diangkat sekaligus dalam tahun yang sama. Ini disebabkan terbatasnya anggaran yang pemerintah miliki. "Jadi, memang guru harus sabar. Kami tidak mungkin mengangkat sekaligus guru yang berstatus honorer itu menjadi CPNS. Prosesnya harus bertahap," tegas Dasuki.

Kepala Biro Kepegawaian Kemdiknas, Mashuri Maschab yang juga hadir sebagai narasumber dalam dialog tersebut menjelaskan bahwa meskipun lulus dalam verifikasi, namun apabila tidak memenuhi ketentuan batas umur maksimum, maka guru tersebut tidak bisa diangkat sebagai CPNS. Namun, berdasarkan kebijakan pemerintah, guru yang tidak diangkat sebagai CPNS berhak atas kebijakan pendekatan kesejahteraan.

Mashuri menjelaskan dengan ketentuan tersebut, maka guru itu tetap mengajar dengan statusnya sebagai honorer tetapi mendapat perhitungan kesejahteraan tertentu. Ia mengungkapkan bahwa guru yang tidak lolos verifikasi akan dikembalikan pada pemerintah daerah. "Pemerintah daerah berkewajiban memberikan gaji di atas UMR (upah minimum regional)," tegasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa sejak diberlakukannya peraturan mengenai otonomi daerah, maka kebijakan pendidikan di tingkat dasar dan menengah, termasuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menjadi kewenangan pemerintah daerah. "Jadi, kami tidak berwenang mengangkat guru. Itu sepenuhnya kewenangan pemerintah daerah," ujar Mashuri.

Saat berdialog tersebut, perwakilan guru honorer asal Kota Bekasi, Jawa Barat ini menyuarakan sejumlah sikap, di antaranya mendorong peningkatan kesejahteraan dan status bagi pada pendidik dan tenaga kependidikan yang berstatus honorer di sekolah negeri. Selain itu, mereka juga mendukung percepatan pembubaran Ditjen PMPTK dan menyambut baik pembentukan tiga direktorat pengganti Ditjen PMPTK.

"PMPTK tidak mengakomodasi guru honorer di sekolah negeri untuk sertifikasi padahal kami memenuhi 24 jam mengajar per minggu dan telah mengabdi selama belasan tahun. Kami ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, namun tidak diberikan kesempatan yang sama," kata Ketua Komite Guru Bekasi (KGB), Abdul Rozak.

Menanggapi hal itu, Dasuki menjelaskan bahwa berdasarkan peraturan penggunaan dana APBN, dana tersebut tidak boleh dipakai membiayai aktivitas non-permanen. Itu sebabnya, kata Dasuki, pemerintah tidak dapat memberikan sertifikasi kepada guru yang masih berstatus honorer. "Kalau menyertifikasi guru honorer, berarti kami menyalahi aturan," tegas Dasuki.

Ia juga menambahkan bahwa permasalahan tercecernya guru honorer di daerah akibat pengangkatan yang dilakukan sepihak oleh Kepala Sekolah. Untuk itu, mulai tahun 2014, Kepala Sekolah yang masih mengangkat tenaga honorer, maka Surat Keputusan pengangkatan dirinya sebagai Kepala Sekolah akan langsung dicabut. "Kami harus tegas, agar permasalahan ini tidak terjadi lagi," katanya. [via]

Kisi-kisi Soal CPNS 2016

Check Also

pakaian-dinas-PNS

Pemkab Ini Dapat Sinyal dari MenPAN-RB, Soal Formasi Penerimaan CPNS 2016

Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memberikan sinyal baik untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) …

32 comments

  1. menurut saya pemerintah telah mempersiapkan jalan bagi guru honorer baik disekolah swasta maupun disekolah negeri. Kalo guru honorer disekolah swasta akan diberi sertivikasi, sedang disekolah negeri akan diangkat menjadi PNS

  2. jangan dianak tirikan guru honorer diswasta dan dinegri donk sama2 mencerdaskan anak bangsa.dirikan sekolah negri banyak2 agar guru swasta bisa honor dinegri dan bisa mengikuti yang namanya k 2.

  3. kami suah sertifikasi, dan sudah bisa dikatakn masa mengabdi kami sudah tua, tapi nasib kami masih sama, masuk kategoripun tidak, kami mohon supaya nasib para guru honorer di perhatikan termauk yang telah lulus sertifikasi, terima kasih

  4. Assalamualaikum wr.wb yang terhormat bapak sby ! saya drs pandapotan pandjaitan,lahir 3-8-1857 telah mengajar sejak 1986 dan sampai sekarang di smp islam al-washliyah-4 medan ,pada siang hari dan. mengajar di smp islam al-ulum sejak 1996 pada pagi hari,dan saya telah mengikuti tes cpns sejak 1986 sd 1997 sebanyak 10 kali, dan di tahun 1997 saya lulus tes tulis, namun di seleksi berkas saya digagalkan,oleh oknum pada sat itu dengan alasan usia lewat 3 bulan saja, sungguh jolim pejabat negri ini bapak sby,dan masalah ini sudah saya sampaikan dengan pejabat tertinggi dinegri ini sejak saya tes yg ketiga, namun mungkin suara saya terlalu kecil ditelinga bapak presiden ri yg besar,sehingga suara saya hilang ditelan bumi.pantaslah negri ini tak kunjung reda dari deraan murkanya Allah !, bapak sby yang terhormat ,saya bangga dengan komit anda yg menjadikan hukum sebagai panglima, tapi masak menyelesaikan persoalan saya yg begin kecil bapak presiden tidak bisa, coba bapak jadi saya, pasti akan sedih juga. dan saya sudah sampai ke jl sudirman di jakarta, di lt 6 gedung D dan lt 3 gedung C di seitar 2011 kemarin, menjumpai anak buahnya pembantu bapak mendikbud ,toh jawabannya sangat tidak enak didengar telinga. WAHAI BAPAK PRESIDEN SBY cobalah buka pintu hati bapak, dan datanglah ke smp tempat saya mengajar di medan, cari tau kebenaran cerita sayaini, dan saya yakin bapak akan tau bagai mana keadaan saya sebenarnay, saya mohon sebelum diantara kita ada yang meninggal lebih dahulu SAYA MOHON TOLONGLAH bapak terbitkan sk pns saya yg merupakan hak saya itu, yang telah di cabik-cabik kanwil dikbud sumut kala itu,bapak sby yang saya hormati mohon maaf saya pada bapak seandainya hal ini kurang baik, saya tau, seper duaratus limapuluh juta peluang bapak bisa datang ketempat saya mengajar karna mungkin sekolah kami terlalu kecil bagi bapak, oleh karenanya kalau bapak SBY ijinkan saya akan datang kerumah bapak.kapan saja bapak pagil saya.! lebih dan kurang saya mohon maaf, semoga masalah bagsa ini cepat selesai dan bapak SBY selalu sehatwalafiat. wabillahi taufik wal hidayah wassalamualaikum wrwb.

  5. Maaf mungkin agak jauh menyimpang, saya seorang tata usaha di sekolah negeri. yang ingin saya tanyakan apakah ada peluang untuk menjadi PNS,dilihat itu semua kami juga bekerja dari pagi sampai pulang sekolah dan dari hari senin sampai sabtu.tolong penjelasannya..trima kasih

  6. guru di sekolah suwasta, kemana kami akan mengadu, padahal kami juga ikut mencerdaskan anak bangsa

  7. Mengapa Kami para guru yang mengajar disekolah swasta tidak bisa masuk data base dan tidak juga diangkat jadi guru honorer, padahal di sekolah Negeri guru yang masa kerjanya baru bisa masuk data base dan mendapat peluang untuk diangkat menjadi CPNS, mungkinkah Guru di sekolah swasta bisa mendapat kesempatan yang sama dengan guru-guru yang mengajar disekolah negeri terutama bagi guru yang mengajar dan mendapat SK sebelum tahun 2005.

  8. guru honorer memang segera dituntaskan,karena selama ini ada beberapa guru yang sukwan di sekolah negeri(GTT) mereka juga sukwan di swasta(GTY) untuk mengejar menjadi tenaga guru yang profesional dengan ikut sertifikasi jadi bila sudah sertifikasi layaklah mereka untuk diangkat menjadi PNS dan pemerintahpun tidak sia2 mengeluarkan anggaran

  9. kasihan kami…..bapak SBY bapak M.Nuh serta bapak2 ibu2 yang duduk di anggota dewan,,,,, kami guru honorer bekerja dengan sungguh2 bekerja dengan ikhlas mengapa tidak diperhatikan dengan sungguh2 mengapa kami ditelantarkan

  10. Tolonglah sangat diperhatikan guru-guru honor yang mengabdi di daerah 3T di sana kebutuhan guru sangat diperlukan bahkan kami rela mengajar tanpa gaji sepeserpun. Mohon sekali perhatian pemerintah akan nasib kami.trimakasih

  11. luluh lantak jiwa ini. saya sudah mengabdi menjadi guru sd selama 9 tahun. tp cuma janji yg saya peroleh. dulu ketika orang enggan menjadi guru honorer pada tahun 2002. saya melihat iklan televisi guru wanita mengajar banyak anak. saya bangkit berniat untuk mengajar sd yg terdekat dengan tempat tinggal saya. inilah ujud berjuang saya untuk indonesia jaya. tp sekarang apa yang saya peroleh seperti pepatah habis manis sepah dibuang. nelangsa jiwa ini…………mau kemana lagi mengadu. dengan gaji kecil 200 ribu kami hidup. berilah kami kesempatan menjadi pns walau ijazah masih D2 PGSD.

  12. tolong pemerintah perhatikan nasib guru honorer daerah. apapun kualifikasi pendidikannya yang penting punya ijazah keguruan diangkat menjadi pns. apalagi untuk mengajar anak sd bukan pendidikannya yang tinggi. tp guru yang mampu memeberikan ilmu sekaligus moral yaang tinggi. buaknkah tujuannya pendidikan berkarakter….

  13. Maunya semua guru honor mogok kerja aja

  14. Emang nga adil pejabat sekarang,dibilang bodoh atau pura2 nga tau apa! masa di kabupaten tapanuli tengah banyak yg diankat/masuk data base yg tidak honor sama sekali atau honor yg tdk mengabdi.tlg pak supaya diperiksa berkas pengangkatan honorer di tapanuli tengah, banyak itu yg memanipulasi sk,masa baru 2 bulan honorer sudah ikut pengangkatan. apakah bodoh atau tidak ni pemerintah tapteng atau memang pura2 Bodoh yg penting dapat duit.

  15. hmm,pada ngarep jadi pegawai ya??mestinya ngarep jadi pengusaha jadi bisa buka lapangan kerja seluas2 nya..tidak membebani pemerintah

  16. d mohon info tes cpns wilayah kuningan.

  17. Ass.Masa Cuma guru bantu aja yang diperhatikan DIANGKAT PNS sama Pemerintah/Negara itu namanya Gak Adil/ Licik, Seharusnya yang bukan guru bantu diperhatikan juga dunk, diangkat menjadi PNS itu baru namanya Adil dan Bijaksana dalam memimpin Negara Republik Indonesia.Buat PP Tanggung Amat 31 Desember 2005 Artinya 1 tahun kurang 1 hari seharusnya BISA diangkat PNS. Kalau buat PP Pas/Afdhol/Awal tanggal 1 januari 2006 itu yang baru enak dilihat/enak dipandang oleh semua guru honorer/masyarakat tetapi dilihat dari tugas mengajar disekolah(ngabdinya) dan Alangkah baiknya jika guru honorer penetapan untuk kategori I yaitu untuk yang masa kerjanya tahun SK 2005,2004, 2003, 2002, dst ke bawah ” YANG DARI APBN MAUPUN YANG BUKAN APBN ITU DIANGKAT MENJADI PNS 2012 (Sekarang Ini Bulan Juli Dan Agustus/Ramadhan/Syawal (Dihabiskan)) itu baru namanya ADIL, JUJUR, BIJAKSANA, DAN BAIK(di dalam dan di luar) ” Sedangkan kategori II untuk masa kerja SK 2006 ke atas yaitu 2006,2007,2008 dst) “YANG DARI APBD DAN MAUPUN YANG BUKAN APBD ITU DIANGKAT MENJADI PNS 2013-2015/dst(Dihabiskan)”, itu baru namanya ADIL, JUJUR, BIJAKSANA, TENANG DAN BAIK(di dalam dan di luar), Biar Tidak Ada Lagi Keceburuan/Resah/ Khawatir Semua Guru Honorer/ Tanpa Dipungut Biaya(tanpa minta uang sama guru honorer”oknum”) Dan Kalau Bisa Dibantu Secara Gratis/Ikhlas. Jadi tolonglah/kabulkanlah “Bapak Presiden(Susilo Bambang Yudhono) Dan Wakil Presiden (Boediono) , DPRD, DPR Tingkat 1 & 2, MPR, Bupati, Walikota, Gubenur, APBN/APBD, Gubenur, Kemeterian Agama, PP, PAN Dan Diknas Pendidikan, Angkat Diana dan Semua Guru Honorer yang ada di Indonesia yang tercinta/tersayang ini menjadi PNS 2012- 2015 dst (yang ditulis seperti diatas), Supaya Cita-Cita Manusia Didunia Ini Tercapai Dan Tidak Dihalang-Halangin Jalanmya Menjadi Pns. Kalau dihalangin cita-cita manusia menjadi Guru PNS Berarti Berbuat Dosa Besar dan kalau tidak dihalangin cita-cita manusia menjadi GURU PNS Berarti Baik/Syurga/Apalagi Menolong/Membantu Yang Ada Baik(mendapatkan pahala dari Allah SWT).” SEKARANG INI DAN IJAZAH MAU SMA/DII/SI TAHUN MAU 2000,2001,2002, 2003, 2004,2005, 2006,2007,2008,2009, 2010,dst, MINIMAL KALAU BISA SI mau itu Guru Kelas, Agama , Bidang Study, Dan Olah Raga, yang penting ngajarnya dikelas menggunakan Buku-Buku Disekolah (kompetensi) biar siswa SD/MIN,SMP/MTS/SMA/MA menjadi Pintar Dan Sukses/Berhasil(Bisa Membaca, Menulis, Dan Berhitung) dan Mencapai Cita-Cita Menuju Masa Depan Yang Bagus.
    Kalau ada tulisan yang Salah Penulisan/ ucapan perkataan dan saya MINTA MAAF sebesar-besarnya.Terimah kasih.wass

  18. Ass.Buat PP Tanggung Amat 31 Desember 2005 Artinya 1 tahun kurang 1 hari, seharusnya buat pp Pas/Afdhol/Penuh tanggal 1 januari 2006 itu yang baru enak dilihat/enak dipandang dan Alangkah baiknya jika guru honorer penetapan untuk kategori I yaitu untuk yang masa kerjanya tahun SK 2005,2004, 2003, 2002, dst ke bawah ” YANG DARI APBN MAUPUN YANG BUKAN APBN ITU DIANGKAT MENJADI PNS 2012 (Sekarang Ini Bulan Juli Dan Agustus/Ramadhan/Syawal (Dihabiskan)) itu baru namanya ADIL, JUJUR, BIJAKSANA, DAN BAIK(di dalam dan di luar) ” Sedangkan kategori II untuk masa kerja SK 2006 ke atas yaitu 2006,2007,2008 dst) “YANG DARI APBD DAN MAUPUN YANG BUKAN APBD ITU DIANGKAT MENJADI PNS 2013-2015/dst(Dihabiskan)” itu baru namanya ADIL, JUJUR, BIJAKSANA, DAN BAIK(di dalam dan di luar) diangkat menjadi PNS. TOLONGLAH/KABULKANLAH “Bapak Presiden(Susilo Bambang Yudhono) Dan Wakil Presiden (Boediono) , DPRD, DPR Tingkat 1 & 2, MPR, Bupati, Walikota, Gubenur, APBN/APBD, Gubenur, Kemeterian Agama, PP, PAN Dan Diknas Pendidikan, Angkat Diana dan Semua Guru Honorer yang ada di Indonesia yang tercinta/tersayang ini menjadi PNS 2012- 201” SEKARANG INI DAN IJAZAH MAU SMA/DII/SI TAHUN MAU 2000,2001,2002, 2003, 2004,2005, 2006,2007,2008,2009, 2010,dst, MINIMAL KALAU BISA SI mau itu Guru Kelas, Agama , Bidang Study, Olah Raga
    yang penting ngajarnya menggunakan kompetensi (Buku-Buku Disekolah) yang baik dan biar siswa SD/MIN,SMP/MTS/SMA/MA menjadi Pintar Dan Sukses/Berhasil(Bisa Membaca, Menulis, Dan Berhitung)/ Mencapai Cita-Cita Menuju Masa Depan Yang Cerah/Bagus.
    Kalau ada tulisan yang Salah Penulisan/ ucapan perkataan dan saya MINTA MAAF sebesar-besarnya.Terimah kasih.wass

  19. Ass. Alangkah baiknya jika guru honorer penetapan untuk kategori I yaitu untuk yang masa kerjanya tahun SK 2005,2004, 2003, 2002, dst ke bawah ” YANG DARI APBN DAN MAUPUN YANG BUKAN APBN ITU DIANGKAT MENJADI PNS 2012 (Sekarang Ini Bulan Juli Dan Agustus(Dihabiskan))” Sedangkan kategori II untuk masa kerja SK 2006 ke atas yaitu 2006,2007,2008 dst) “YANG DARI APBD DAN MAUPUN YANG BUKAN APBD ITU DIANGKAT MENJADI PNS 2013-2015/dst(Dihabiskan)” itu baru namanya ADIL, JUJUR, BIJAKSANA, DAN BAIK(di dalam dan di luar) diangkat menjadi PNS. TOLONGLAH/KABULKANLAH “Bapak Presiden(Susilo Bambang Yudhono) Dan Wakil Presiden (Boediono) , DPRD, DPR Tingkat 1 & 2, MPR, Bupati, Walikota, Gubenur, APBN/APBD, Gubenur, Kemeterian Agama, PAN Dan Diknas Pendidikan, Angkat Diana dan Semua Guru Honorer yang ada di Indonesia yang tercinta/tersayang ini menjadi PNS 2012- 201” SEKARANG INI DAN IJAZAH MAU SMA/DII/SI TAHUN MAU 2000,2001,2002, 2003, 2004,2005, 2006,2007,2008,2009, 2010,dst, MINIMAL KALAU BISA SI mau itu Guru Kelas, Agama , Bidang Study, Olah Raga
    yang penting ngajarnya menggunakan kompetensi (Buku-Buku Disekolah) yang baik dan biar siswa SD/MIN,SMP/MTS/SMA/MA menjadi Pintar Dan Sukses/Berhasil(Bisa Membaca, Menulis, Dan Berhitung)/ Mencapai Cita-Cita Menuju Masa Depan Yang Cerah/Bagus.
    Kalau ada tulisan yang Salah Penulisan/ ucapan perkataan dan saya MINTA MAAF sebesar-besarnya.Terimah kasih.wass

  20. Semoga proses verifikasi data yang akan diselenggarakan di seluruh daerah dapat dilaksanakan dengan transparan, jgn sampai ada yang tlh mengajar sblm thn 2005 tidak diikut sertakan dalam verifikasi data.

    • saya sangat setuju banget tuh,,karena kasian banget guru2 yg sdh tua masih terus jd guru honor, masa karna uang guru2 yg baru bisa masuk verifikasi didaerahku,sergai.

  21. ibu saya menjadi guru honorer hampir 15 tahun tapi blm juga diangkat jadi PNS, pengabdian yang luar biasa tp diacuhkan oleh pemerintah.
    mungkin nasib ibu saya dialami oleh semua rakyat Indonesia lainnya.
    Apa Pemerintah tidak punya rasa keprimanusiaan.
    Mana bukti dari butir pancasila yang berbunyi “kemanusiaan yang adil dan beradab.” Nyesek rasanya klo liat pejabat2 gak beres yang pada korupsi.
    Sedangkan orang yang benar2 mengabdi dalam pekerjaannya malah tidak mendapat penghargaan apa2.

  22. janji tinggal janji…bicara itu mudah..ahhhhhhhhh..teori…..hidup teori…wong cilik urip disik mati disik..makan sitik..duwit sitik..bisane mung kecepit…semakin kecil semakin kecil … tidak bisa berbuat apa hanya bisa bicara pada rumput yang bergoyang…

  23. huh knap harus nunggu 2014 bkanya udah ada surat peringatan bhwa kepala skolah ga blh lg mnggangkat,,,waaah klo nunggu th 2014,,brearti boleh dong th 2011,2012,2013 angkatin guru honor baru…hahahaha gmana mu abis guru honor sblmnya ja buanyak bngt blm diangkatin pns…gaji aje sekarang yah alhamdulilah turun jd 200 rb cos dana bos hrus 20% keluar nya wat gru honor makin nyekek aja tuh,yg nyekek lg banyak oknum yg jual cpns guru bru ngajar 2-3 th ja gara2 duit 40-50 jt bs lolos tes cpns sdangkan gru hnor yg lama gigit jari dah pa adil bgt yah…sedangkan tujuan n misi guru sma2 kok mencerdaskan khidupan bangsa..klo di kutip umar bakri ssungguhnya kyanya gru honor deh yg gajih kecil ttp sabr…nahan dongkol…berharap kapan bs jd PNS.

  24. HONOR DEPKEU udah ada tu yg diangkat 97 orang liat BKN dech cm ngak tau siapa2 yang udah diangkt … coba dech liat di BKN penyelesaian honor 2005-2009

  25. HONORER DEPKEU masih belum seorangpun diangkat secara resmi oleh Menkeu sampai detik 13 Juli 2010 ini, Mohon kepada Menkeu yang baru agar nasib mereka ditindaklanjuti melalui kebijakan khusus yang berdasarkan SE Menpan No.5/2010 dan sesuai Hak mereka di PP 48/2005 jo PP m43/2007 dan PP yang akan terbit di Tahun 2010 nanti, agar permasalahan HONORER DEPKEU bisa tuntas.Dan Depkeu bisa bekerjasama dengan BPS pada hasil SP 2010 untuk mendata ulang sebagai verifikasi.

  26. berarti yg terhitung th 2005 gmn bs ikut ga….

  27. tetap optimis.. semoga bisa. amin.

  28. BUkan Badan Pusat Statistik Kali…Tapi Badan Kepegawaian Daerah

  29. Karena sdh terlalu sering kemakan janji, rasanya kok, banyakan pesimisnya yah ??? takutnya semua udah jelas juga aturannya sejak lama bisa dibuat abu2 di Pemerintah daerahnya, dengan alasan tetek dan bengeknya,, bukan termasuklah,,, bukan inilah,,, bukan itulah…..berdasarkan ketentuan anu, dan macem2…seperti layaknya sejak tahun 2005, akhirnya guru2 honor,,,mati berdiri karena aturan tetek yang bengek itu….huh,,,cape’ deh…kita liat aja ralisasinya…dapatkah dibuktikan ? klo dapat,,,,salut buat seluruh pemerintah pusat maupun daerah….

Leave a Reply

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.