Soal CPNS 2016

Honorer yang Tak Dibutuhkan akan Diberhentikan

Pemerintah berencana akan memberhentikan honorer yang tenaganya tidak dibutuhkan oleh instansi pemerintah. Meski begitu, karena pemerintah akan tetap memberikan kompensasi sesuai dengan kemampuan keuangan negara atau daerah yang melakukan pengangkatan sebelumnya.

Menurut Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi EE Mangindaan, pemerintah sudah memberikan solusi bagi tenaga honorer lama (bukan tenaga honorer baru, red) yang diangkat oleh pejabat pemerintah dan dibiayai bukan oleh APBN/APBD tapi bekerja di instansi pemerintah. Yaitu memberikan kesempatan mengikuti ujian tertulis. Bagi yang lulus ujian tes, akan diajukan pemberkasan ke BKN untuk ditetapkan NIP sebagai CPNS. Sedangkan bagi tenaga honorer yang tidak lolos dari seleksi administrasi dan ujian tertulis diberikan dua solusi.

"Pertama, apabila tenaganya masih dibutuhkan instansi pemerintah, diproses statusnya menjadi PTT (Pegawai Tidak Tetap). Kedua, bila tenaganya tidak dibutuhkan oleh instansi pemerintah, maka yang bersangkutan akan diberhentikan dan diberikan kompensasi sesuai kemampuan anggaran," kata Mangindaan.

Ditambahkan, langkah ini dilakukan untuk mengatasi masalah honorer yang jumlahnya sangat banyak. Di samping untuk meningkatkan kualitas aparatur negara agar lebih profesional. "Pemerintah membutuhkan tenaga-tenaga muda yang siap bekerja dan cekatan. Kalau honorernya tidak bisa menunjukkan kualitasnya, untuk apa dipertahankan karena ini akan menambah beban pemerintah sendiri," ujarnya.

Dalam tes tertulis, tiap honorer hanya dilakukan satu kali dan diikuti sesama tenaga honorer yang bersangkutan, untuk mengisi lowongan formasi. Itupun syarat usia honorernya sekurang-kurangnya 19 tahun dan tidak lebih dari 46 tahun per 1 Januari 2006. "Sebelum mengikuti seleksi tertulis, honorernya harus melalui tahapan seleksi administrasi dulu. Yang lulus seleksi administrasi, bisa mengikuti tes tertulis," ucapnya. [via]

Kisi-kisi Soal CPNS 2016

Check Also

tes-CAT

Kemenpan-RB Gelar Simulasi Tes CPNS di Universitas Trisakti

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi/Kementerian PAN-RB melaksanakan simulasi Computer Assited Test (CAT) dalam …

42 comments

  1. “Pengakuan” adalah yang mereka harapkan.

  2. Kalau negara benar-benar membutuhkan orang berkualitas/berkompeten. sebaiknya diadakan UJIAN/TEST PUBLIK LISAN DAN TULISAN KEPADA SELURUH PENAGAWAI HONORER DAN PEGAWAI NEGERI YANG SELAMA INI SUDAH DIGAJI OLEH NEGARA..disini akan terlihat siapa yang benar punya kemampuan dan beri keuntungan untuk Negara, bagi mereka yang ternyata hanya merugikan negara Pecat Saja baik tenaga Honorer maupun yang sudah PNS. Kita jangan hanya mengatakan” YANG SUDAH SUDAHLAH, KEDEPAN AKAN DIPERBAIKI” sehingga para PNS yang sudah digaji oleh pemerintah merasa dirinya sudah aman dan nyaman padahal mungkin kemampuannya masih rendah bila dibandingkan dengan mereka yang masih sebagai honorer. Saya yakin, kalau test publik ini diadakan bagi pegawai honorer dan pns, pasti negara akan mendapatkan manusia-manusia yang berpotensi dan tidak merugikan uang negara.

  3. Agar anak-anak kita benar berkualitas nantinya,,perlu semua cpns baik honorer K2 melakukan tes cpns umum..cari yang berkualitas

  4. Sebenarnya tergantung dilihat dari sisi mana honorer dibutuhkan,,sebenarnya honorer tidak semua hanya meminta belas kasih dan tidak semua buruk.
    Yang memmerikan crita dan kinerja buruk adalah orang-orang yang misal (menitipkan sodara,kerabat yang memang basicnya tidak sesuai dengan pekerjaanya). Namun tidak semua honorer tidak kompeten..misal (ada 2 buah lowongan perkerjaan: 1.penjaga toko gaji 800/bln dan 2.honorer Teknisi i sebuah instansi pemerintah,gaji 500rb. Jelas milih yang ke 2 walapun gaji sedikit. Tapi di intansi tersebut pasti juga menimbang calon pegawainya.yang diterim pasti yang kompeten.. Yang jadi masalah adalah si peawai baru ni,harusnya tidak menuntut harus jadi PNS nantinya.

  5. Eh, hati2 sama yang namanya honorer. Mereka ibarat pahlawan tanpa tanda jasa. Guru honor, itu tadinya diambil karena suatu sklh memerlukan tenaga yang memang dibutuhkan, misal bidang tertentu yang memang pemerintah belum dapat memenuhinya. Mereka bergelut tanpa ada payung hukum yng menaunginya. Mereka rela untuk itu. Dan jangan salah, merekapun juga mengikuti peraturan atau perkembangan yg ada, misal adanya penyetaraan dalm hal pendidikan, mereka rela untuk sekolah lg. Dengan biaya sendiri. Kendala disini, hanya karena faktor usia. Jadi, jangan meremehkan honorer yang sudah mengabdi lama. Kalau begitu, waktu itu dimana anda pada saat tenaga anda di butuhkan????

  6. saya hanya bisa berharap kepada BKN, BKD agar melihat kebutuhan di lapangan dan mendahulukan honorer yang sudah umur, karena tidak mungkin ikut jalur umum untuk jadi CNS.

  7. Aduh pak menteri kasihan bagi yang masa kerjanya di bawah 5 tahun. bagaimana solusinya?

  8. bagiman dengan yang hanya masa kerja honornya lima tahun ke bawah? mohon penjelasan

  9. Emang klo ngomong itu Enak.. Tp byk honorer yang dah kecebur sama umur .. klo mereka dipecat mau cari kerja kmna.. (Faktor Umur ikut Menentukan) .. Ujung ” byk yg Nekat.. jd Perampok, Maling, (u/ mencukupi keluarganya) jd itu yg kalian inginkan …… ( Klo Ngomong itu Pake OTAK, Pertimbangkan sebelum Mulut tu Ngomong, jgn bs Comment aj bantu cr jalan keluar Ok Broooo…..!!!!!!! Itu yg Gua JEMPOLIN ……….. Klo bisa Comment Sifat Membangun brooo.. Jgn Bikin PANAS ..

  10. FAKTA: 1. orang yg mau kerja sebagai honorer adalah mereka yg sudah berusaha kesana-kemari tuk cari kerja/usaha tapi gak pernah berhasil. Orang yg kreatif/bermutu pasti tdk mau mnjadi honorer krn tak dapat gaji memadai.
    Negara ini butuh orang KREATIF, ULET dan Cerdas, dan ini biasanya berawal dari mereka yg sejak muda sudah bekerja keras bukan sebagai tenaga honorer.
    2. Kurang dr 10% dari jumlah keseluruhan yg diangkat pada periode sebelum ini yg benar-benar layak. Sprti ditmpat saya bekerja dan tmpt2 lain seperti yg diceritakan semua lembaga yg menerima honorer dan diangkat sebelum ini.

    JIKA NEGARA INGIN SEGERA BERUBAH, HARUS DIUBAH CARA REKRUTMEN CPNS. 1. BUAT PENSKORAN PT YG TELAH MELULUSKAN. ARTINYA SMAKIN BAGUS PT TMPAT CALON CPNS BELAJAR SKOR SMAKIN TINGGI. TDK SPRETI SKARANG, KULIAH 1 BLN 1X BISA DPT S.1
    (2) TEST CPNS DIKELOLA DARI PUSAT, BUKAN DAERAH. SMAKIN DEKAT PENYELENGGARA TEST MAKA SMAKIN BANYAK KKN TERJADI, KARENA SMAKIN BNYAK PULA PANITIA YG BISA DIKENAL PSRTA TEST.
    (3) JK HONORER DIKASIHANI, MAKA STINGGI-TINGGINYA SBAGAI TENAGA KONTRAK DGN GAJI YG MEMADAI, JGN SAMPAI DI CPNSKAN HANYA KRENA SBGI HONORER. INI 100% SLAH. TP BERIKAN HAK JG UNTUK MENGIKUTI TEST, SHG JK MEMANG BERKUALIS PASTI BISA LULUS SBAGI CPNS.
    (4) EFEK PNGANKATAN HONORER YG MEMANG 90% DIANTARANYA BERKUALITAS RENDAH AKAN MENJADI BENCANA BAGI GENERASI BERIKUTNYA DAN NEGARA TENTUNYA. (TERJEMAHKAN SENDIRI)

  11. honorer mah ga mutu, pecat aja. buat apa mikirin kemanusiaan kalo ngga ngasilin apa2 buat negara, malah merugikan krn ga punya kompetensi jelas.

    • ra mutu mbah mu kiper kw cb kalo gak ada honorer apa bisa PNS seenaknya ijin 1 minggu 7 kali?

      • klw memang tidak ada kpastian yg tpt, pemerintah kan bisa mngarahkan tenaga honorer, biar tidak trjdi pengangguran, klw pngguran kian mmbengkak inikan bisa mnyebabkan dampak negativ, wlw bgaiman pemerintah harus cpt tanggap untuk mslah ini, honorer jga manusia jdi butuh penghasilan yg mapan untuk membiyai keluarga,,, yg nma hidup ne berantai saling ktergantungan, klw honorer dipecat tnpa arahan slnjut’x tntu pnggangguran meningkat, pnggangguran meningkat dampak positif brpeluang besar bagi yg tidak bsa menerima kenyaataan,, jdi skli lgi pemerintah harus cpt tanggap dlm mslah ini. trims

    • siapa bilang tenaga honorer gk brmutu,.
      orang yg gk punya rasa kemanusiaan aja yg gk bermutu,…

      • sebagian besar honorer emang gak bermutu, lihat aja nanti setelah pengumuman tes TKB-nya. apa benar banyak yg capai passing grade ato yg tdk

  12. pemerintah yang terhormat,apakah sudah final dengan keputusan pemerintah memberentikan tenaga honorer yang tidak dibutuhkan ?tolonng dikaji ulang!saya tiga kali ikut tes jadi CPNS ,yang pertama saya lulus tapi harus ada bayaran 15 jt,yang kedua saya lulus dengan no ujian saya punya,tapi nama orang lain,yang ketiga saya ikut no ujian saya punya nama saya punya tapi saya hanya telat mendaftar oleh karena saya melahirkan,dan saya dianggap batal dan masuk orang lain.kini saya honor disebuah madrasah dengan mengajar ilmu tehnologi informasi dan komunikasi dari tahun 2004 hingga sekarang.dan Alhamduliliah saya sekarang sudah lulus sertifikasi tapi belum PNS .jadi alangkah sayangnya mereka guru honorer ini mereka pulang jam 2 siang terkadang sampai kerumah belum ada apa yang hendak dimakan,nah kalau mereka jadi pejabat tinggal gaji pembantu selesai sudah .tapi tolong pikirkan kami yang honor ini bagai mana nasibnya kedepan yang hidup serba kesulitan,benar kata haji roma irama “yang kaya makin kaya,yang miskin makin miskin”jadi timbul pertanyaan sudah sesuaikah keputusan ini dengan sila yang kelima?”keadilan sosial bagi seluruih rakayat indonesi”tidak salah kalau begitu banyaknya maling dinegri ini karena belum memperoleh keadilan,

  13. KEBANYAKAN ORANG YG BSA HONORER ITU KEMAMPUANYA DIBAWAH FORM,KALO DIA EMANG PUNYA SKIL N KEMAMPUAN YG MUMPUNI,NGAPAIN JD HONORER,MASIH BANYAK PEKERJAAN LAIN LBH MENJANJIKAN

    • Kasian deh lu yg masih berkutat jd honorer.. mau aj di manfaatin doank sama PNS nya.. gaji pas pasan eh.. yg PNS dpt remunerasi yg honor pas banged melotot doank liatin mereka itung tu duit remun, Hare geneh.. berharap bgd jadi pegawai pemerintah.. mustahil lah yaw.. klo gk ada KKN di dalamnya alias masing-masing PNS dpt jatah utk ngebawa 1 org yg blm tentu kompeten.. hadeeh.. gimana negara mo maju coba.. kalau budaya VOC masih di berdayakan..

  14. HONOR AKAN SELALU MUNCUL WALAUPUN ADA RPP YG BARU,RPP BSA DIRUBAH,PERATURAN YG JELAS GAK ADA PENGANGKATN HONORER,BERES KAN,JD ORANG AKAN ENGGAN JD HONORER,KARENA RPP YG SELALU BERBAH YG BSA NGASIH HARAPAN INI PDA HONORER,PEMERINTAH HRS TEGAS

  15. SEBAIKNYA HONORER GAK PERLU DIANGKAT JDI CPNS BUAT AJA PERATURAN YG JELAS BAHWA GAK ADA PENGANGKATAN CPNS BERESKAN,JDI GAK ADA TUNTUTAN DR PARA HONORER,LAGIAN ORANG YG BISA HONORER ITU KEBANYAKAN ADA RELASI TEMPAT DIA BEKERJA,MANA BSA HONOR KALO GAK ADA YG NGAJAK,PEMERINTAH HARUS TAHU ITU,SEMUA ORANG BSA HONOR TANPA DA SDM YG BAGUS ASAL ADA YG NGAJAK

  16. Selama HONORER masih ada di DUNIA DEBU ini pengangkatan PNS lewat jalur pelamar umum hendaknya DITIADAKAN, karena tidak sesuai dengan janji KUALITAS/KOMPETENSI PNS, yang ada kenyataannya di Kabupaten/Kota se-Indonesia jalur PELAMAR UMUM secara tidak langsung dijadikan alat oleh Pusat/Daerah untuk melakukan KORUPSI BERJAMAAH,sehingga Pemerintah terkait seharusnya Instropeksi dan meng-Evaluasi diri karena Indonesia tidak akan pernah bisa maju dan berkembang yang ada hanya menjadi BUNTUT, jika Aparatur Pusat/Daerah masih menjalankan Sistem Kerja yang menganggap REMEH Dosa-dosa KKN. untuk Pusat seharusnya jangan banyak komentar kepada Daerah karena SEGALA KEJAHATAN/KEBURUKAN DAERAH ADALAH DOSA TURUNAN….!

  17. Jawaban atas komentar BETA (11 April 2011).
    Honorer yang telah lama kalopun misalkan masuknya dulu karena link/…..yg jlas pasti telah bisa bekerja/mengabdi jadi saya rasa layak klo emang mo diangkat, daripada ngambil dari pelamar umum kompetensi/kualitasnya jiga nu heu euh, kenyataannya lama blajarnya klo bru krn kebanyakan masuknya pake duit puluhan jt.mungkin tuk BETA mo ikutan jalur pelamar umum (3D/Duit,Deket,Dulur) di Daerah banyak.

  18. SBY………mana janji anda,apa anda tdk takut dgn dosa…………tlong buktikan janji anda,jgan ngomong tok,klu sekedar ngomong saya jga bsa….

  19. cobalah anda berfikir dg otak,tp jgn berfikir dgn dengkul guru honor besar jasanya,tp klian enak aja mau buang,kadang gaji ngk ada klu guru pns yg ngk masuk dia yg gntkan dmna keadilan pemerintah cma bsa main buang,klian di buang bgaimana,cba bwa sma dri klian pribadi sakit ngk?pemerintah hanya bs beri janji tp buktinya nol besar,apa klian ngk takut sma dosa,sebab nanti setiap pemimpin akan ditanya sm allah dan akan klian pertanggung jawabkan nanti dipengadilan allah,saya hanya bs brhrap sdrlah klian pemerintah tlong klian perhtkan nasib guru honor…………..wasallam

  20. Pegawai honorer kebanyakan masuknya krn ada link keluarga atw kolega disana, ga lewat jalur tes seperti cpns umum. Pada saat ribuan orang bersaing dijalur umum tes cpns umum, Pegawai Honorer cuma langsung masuk krn ada kenalan. Skrg Pegawai Honorer teriak2 minta diangkat. Klo mau PNS yg berkualitas harus masuk lewat jalur tes cpns umum. Pegawai Honorer layaknya di outsourcing kan saja !!

    • Justru tenaga Honorer lebih berpengalaman dari pada cpns yang baru di agkat melalui tes umum. mereka yang baru masuk kerja butuh waktu yang lama untuk menyesuaikan diri terhadap pekerjaan yang akan mereka hadapi. apabila tenaga honorer di angkat mereka lansung bisa bekerja secara profesional tanpa butuh waktu untuk menyesuaikan diri terhadap pekerjaan.

      • CPNS lewat tes jalur umum mungkin tidak berpengalaman drpd tenaga honorer, tapi mereka lebih berkualitas drpd tenaga honorer. CPNS mengalahkan ribuan pesaing dalam tes, sdgkn tenaga honorer yg masuk karena ada backing alias krn ada nepotisme udah jelas kualitasnya ga bs disetarakan dg cpns.

        CPNS melalui diklat2 dan seiring waktu akan punya pengalaman.

        Klo honorer pengen jd PNS ya lewat tes CPNS donk, enak bener masuk lewat backing ada saudara/kolega, di beri honor dari APBN, kmd teriak2 minta diangkat jd PNS.

        Negara ini butuh pegawai berkualitas bukan pegawai yg masuk lewat backing dan KKN!

        Pengalaman itu bs dipelajari seiring waktu!

  21. F B I sudah gabunk ma KPK AWAZZZZ

  22. Buat Rekan Honorer >>Jangan Takut mau ditest apapun…! Tetap semangat berjuang…..buktikan kalau kita mampu…….

  23. Di instansi untuk tenaga pendidikan ,aja banyak mapia nya ! Bagai mana negara ini tidak ditimpa bencana yang berturut-turut kalau para pemimpin hanya membuat kantong dan perutnya buncittttt

  24. Mengapa pemerintah sangat gampang mengambil keputusan sepihak ! Jangan – jangan famili dan koleganya yang honorer dan bukan honorer sudah dingakat jadi PNS semua jadi enggak perlu memikirkan kami tenaga honorer ! Coba dikaji ulang pendataan untuk data base apakah sudah benar ? Banyak tenaga honorer yang mulai kerja dibawah tahun 2005 sampai dengan 2005 tidak dimasukkan di dalam data base ! Sebenarnya kewajiban untuk mendata honorer itu siapa ? Apa kewajiban pemulung …..

  25. benar sekali, guru dulu mikirin murid supaya jadi pinter, he he he .. guru sekarang mah mikirin duit melulu,,,… EGP murid mau pinter atau gak…

  26. Kepala daerah tingkat kota atau bupati, banyak bermain dalam penerimaan CPNS, sering karena permainan mereka, terutama guru jadi banyak yang tidak berkualitas…, makanya lihat aja pendidikan di Indonesia secara umum jauh ketinggalan dengan negara tetangga, seperti Malaysia, kenapa ? sebabnya karena guru/pengajarnya tidak berkualitas maka siswa yang dihasilkan dari sekolah pun tidak berkualitas, banyak lulusan SMA misalnya, kemampuan mereka payah. Tetapi bukan itu saja sebabnya banyak faktor lain yang juga mendukung ketidakberkulalitas pendidikan di Indonesia.

  27. Hendaklah kita sebagai guru harus lebih baik kerjanya. karena sertifikasi sudah jalan sekarang masih banyak kerjanya yang kurang baik, silahkan amati sendiri. jangan memikirkan gaji dinaikan tapi lalai akan kewajibannya sebagai guru, sehingga urid kurang perhatian dari guru sedangkan guru pergi dengan kepentingan pribadi, dan hendaknya pengawas harus lebih jelas dan teliti dalam mengawasi kinerja guru. dan yang tidak penting kalahnya hendak nya pendidik tidak mengajarkan kebohongan/ pun korupsi. mau jadi apa bangsa kitaaaa….. pendidikan sekarang jangan dijadikan bisnis.

  28. YG PASTI KLO TENAGA HONOR YG SUDAH LAMA2 DIBUANG /TDK JADI PNS MENANDAKAN BAHWA PEMERINTAH ITU MISKIN/BOBROK DAN SELAMANYA NEGARA INI TDK AKAN MAJU/TERKORUP KARENA HUKUM SEBAB AKIBAT PASTI AKAN TERJADI…..MOHON BPK2 PEJABAT DIATAS SANA JADILAH MANUSIA ……………!!!!!

    • reformasi birokrasi mensyaratkan PNS yg berkualitas. Klo ingin mendapatkan PNS yg berkualitas masuklah via jalur tes CPNS umum. Pegawai Honorer layaknya di outsourcingkan saja, ngebebani anggaran !

      • Yang membebani anggaran itu PNS yang masuk lewat pelamar umum, coba klo dari dulu pelamar umum ditiadakan dulu dan mengangkan semua honorer terlebih dahulu mungkin anggaran tidak akan membengkak. selama semua HONORER masih belum diangkat PNS saya kira tidak akan bisa melaksanakan reformasi birokrasi, karena kalo masih melaksanakan pengadaan pegawai lewat jalur umum KORUPSI akan terus berkembang biak karena disitulah LADANG EMAS para KORUPTOR Pusat/Daerah. saya sendiri menyaksikan KEMAKSIATAN itu, begitu kira-kira BETA……ngarti teu…..!

  29. sudah benar” bobrok kah bangsa ini……….

  30. sebaiknya begitu pak tapi disesuaikan standar pendidikannya, dengan melakukan tes tertulis serta tes keterampilan perkantoran yg meliputi alat komonikasi dan komputerisasi,
    sebab pemerintah daerah nantinya bisa meloloskan yg tdk berkualitas sebab ya….
    apalagi kalo bukan KKN

  31. Lihat saja cara Pemerintah membuang bgitu sj guru honor, kebanyakan guru honor jika dikaji secara ilmiah dan faktual seharusnya sdh jd CPNS seluruhnya, yg slh bukan guru honor kok,…tp Pemda setempat dan Menpan serta BKN, mgp menghentikan Pendataan di tahun 2006. alasannya kan bkn slh di guru honornya tapi kan krn kelalaian daerah2 tuk menanggapi klarifikasi dari pusat, seharusnya pusatlah yg memberi sanksi hukum pada perangkat daerah atas kelalaian itu bukan guru honornya yg di buang…gitu broo…yang mau nyela atas pernyataan ini silahkan komentar, sebenarnya siapa yng slh ? Guru honor / Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah ? kira 2 solusinya apa? gitu dong jgn main buang aja !!! Allah marah klo kita sengaja menghilangkan hak orang lain pasti kok…g takut apa sm Allah ??? tktnya sama tasan pa sama yg maha Kuasa ??? alasan konpensasi pasti lah alasan yg klasik, nah selagi peluang bagi kebanyakan guru honor masih ada , Buat aturan yg jelas hingganya daerah tdk lagi mempermainkan peraturan itu dan beri sanksi pada daerah yg tdk merealisasikannya. pasti beres…T. Ksh

Leave a Reply

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.