Soal CPNS 2018

Ingin Lulus CPNS, Warga Sumenep Setor Jutaan Rupiah ke Oknum PNS

Gara-gara ingin lulus saat mengikuti tes CPNS formasi 2015, sejumlah warga di Kabupaten Sumenep, Madura rela menyetorkan uang hingga jutaan rupiah pada oknum PNS di lingkungan pemkab setempat.

Uang yang diminta nilainya bervariasi kisaran Rp1 juta sampai Rp7 juta, tergantung dari hasil kesepakatan antara warga dengan oknum PNS tersebut.

“Saya dimintai uang Rp7 juta pada Februari 2015, supaya anak saya bisa lolos menjadi CPNS,” terang JH warga Desa Lenteng Timur, Kecamatan Lenteng pada wartawan di gedung DPRD Sumenep, Kamis (10/9/2015).

Dirinya menyanggupi permintaan tersebut dengan cara diangsur sebanyak dua kali. Pertama menyerahkan Rp2 juta lalu Rp5 juta. Tidak hanya dirinya yang ditipu, melainkan ada tujuh warga lain mengalami nasib sama.

“Lima orang dimintai Rp7 juta, sedangkan dua orang lainnya diminta Rp1 juta. Uang yang diserahkan tersebut baru DP, sementara sisanya dari total Rp100 juta diminta ketika SK CPNS keluar nantinya,” ucap JH.

Dia menambahkan, bisa percaya atas iming-iming tersebut karena pelaku merupakan PNS. Di samping itu, oknum PNS ini juga membawa berkas yang berisi kosongnya lowongan formasi CPNS.

Rupanya janji tersebut tidak terealisasi. Dia pun meminta oknum PNS itu mengembalikan uangnya. Awalnya oknum PNS bersedia, tapi sampai saat ini uangnya belum juga kembali. Saya sudah tidak percaya lagi pada dia (oknum PNS),” paparnya.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sumenep, Titik Suryati menyatakan, sampai saat ini dirinya belum menerima laporan atas dugaan penipuan.

“Jika ada laporan, kami pasti akan menindaklanjuti sesuai hukum yang berlaku. Saya menghimbau pada masyarakat agar tidak percaya pada orang yang menjanjikan bisa memasukkan jadi PNS,” terang Titik.

Tahun 2015 tidak ada rekrutmen CPNS di Sumenep. Ini sesuai surat edaran dari Menpan RB, di mana daerah diminta untuk menunda rekrutmen CPNS, karena harus menyelesaikan reformasi terkait kebutuhan aparatur sipil negara (ASN) di daerah masing-masing. Sumber: okezone.com

Kisi-kisi Soal CPNS 2017

Check Also

Ini Jadwal Tes Kompetensi Dasar CPNS 2017 Tahap II

Sejumlah instansi Kementerian/Lembaga (K/L) yang membuka lowongan penerimaan CPNS Tahun 2017 Tahap Kedua, mengumumkan jadwal …

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.