Soal CPNS 2016

Jadwal Tes CPNS Honorer K2 Dilakukan Serentak (April-Mei 2013)

Diklaim sukses mengadakan seleksi CPNS pada 8 September lalu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN&RB) akan melakukan mekanisme serupa dalam tes CPNS dari honorer kategori dua (K2). Seleksi yang digadang-gadang pada April-Mei 2013 itu, akan dilaksanakan serentak dan diawasi oleh beberapa instansi serta LSM.

"Insya Allah April-Mei, honorer K2 dites. Tesnya berupa ujian kompetensi dasar dan ujian kompetensi bidang secara tertulis. Pelaksanaan tesnya dilakukan di hari yang sama. Jadi tidak ada jeda waktu yang panjang," kata Sekretaris Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (SesmenPAN&RB) Tasdik Kinanto di Jakarta, Selasa (11/9).

Sama seperti pelamar umum, honorer K2 juga akan menerima sekitar 200 soal yang disusun oleh konsorsium perguruan tinggi negeri (PTN). Bobot pertanyaan di tiap-tiap instansi, disesuaikan dengan passing gratenya. Misalnya di daerah Jawa dan sekitarnya tingkat kesulitannya A dan B, Papua D, Sulawesi C, Sumatera A dan B, Kalimantan B.

"Jadi makin tinggi passing gratenya, soalnya juga makin sulit," ujarnya.

Master soal dalam bentuk disk atau CD ini kan diserahkan ke masing-masing pejabat pembina kepegawaian untuk digandakan. Kemudian setelah selesai ujian, soalnya langsung dimusnahkan dan lembaran kerja jawaban diserahkan ke BPPT untuk diperiksa serta diolah konsorsium PTN.

Ditanya apakah saat seleksi CPNS dari honorer K2 juga bersamaan dengan pelamar umum, Tasdik mengatakan, akan disendirikan. "Kalau honorer kan sekitar April-Mei, sedangkan pelamar umum sekitar Agustus-September," ucapnya.

Untuk diketahui jumlah awal honorer K2 yang masuk ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) adalah 652.458 orang. Jumlah tersebut berdasar data usulan tentang tenaga honorer dari 28 instansi pusat dan 487 instansi daerah. Namun setelah perekaman, jumlah tersebut berkurang menjadi sekitar 570 ribu.(esy/jpnn)

Kisi-kisi Soal CPNS 2016

Check Also

Tes CAT CPNS

Pendaftaran CPNS dibuka Juli, ini kriteria pelamar jadi prioritas

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Yuddy Chrisnandi mengatakan ada beberapa kriteria bagi …

24 comments

  1. semoga qt semua sukses….

    amiiin._

  2. Saran/Usulan :
    A. u/ pemerintah ke depan:
    1, Honorer yang ada skrg harus di PNS-kan semua karna jika tdk maka akan jadi terus jd mslh ke depan, apalagi yg merasa “dirugikan”.
    2. Tes boleh dilakukan tapi pertimbangan pengangkatan tetap diutamakan dengan prioritas umur, masa kerja dan tentu keotentikan data.
    3. Kepastian Tenaga Honorer ke depan diperjelas betul, berikan peraturan bahwa sejak dan honorer yg mana yg diperjuangkan pengangkatannya bila tidak maka katakan bahwa tidak ada lagi honorer yang akan diangkat setelah itu, jadi tidak ada lagi anak bangsa yang dirugikan secara umum.
    4. Tembusan surat keputusan tentang point 3 diteruskan kepada seluruh instansi pemerintah di seluruh Indonesia.
    5. Biasakan tepat janji, kalau memang April-Mei 2013 di tes, maka jangan pernah berubah lagi, karna itupun akan jadi masalah lagi dan membuat keresahan serta rasa ketidakadilan.
    B. u/ para honorer (teman-teman seperjuangan):
    1. Tidak mudah memang mengatasi masalah kita ini, karena itu marilah kita tetap berprasangka baik ke depan.
    2. Skrg kita sdh diperhatikan walaupun masih menunggu, maka dari itu beri kesempatan kpd pemerintah untk sekali ini.
    3. Hati dan perasaan kita sama, wajar kita sedikit “wajah merah” karna ada yg mungkn sudah 20 tahunan honorer tapi kita tetap optimis bahwa kita msh punya para pejabat yang punya hati nurani, yakinlah itu.
    4. Andai kita nanti, jadi PNS semua, jadilah PNS yang berkualitas.
    5. Jangan buka kesempatan bagi CALO PNS, dan bila ada segra adukan ke pihak yang berwajib, dan jgn mudah tertipu dgn calo apapun bentuknya.
    6. Kita tunggu janji pemerintah April-Mei 2013 ini, mudah2an mereka diberi kemampuan oleh Yang Maha Kuasa untuk menyelesaikan mslh kita ini hingga menjadi PNS semua di tahun 2013-2014. AMin ya robbal alamin.

    dari saya,
    Ahmad Firmansyah, S.Kom.
    (Guru Honorer Kota Palembang, TMT: 2001)

  3. jika nge Honor d school di bikin mumet… sm PNS.
    Engga Nge Honor mau makAn ap… anak Bini

  4. Kristian Teguh Nugroho

    April-Mei APA di tunda lg?
    Sangat amat lama Sir… jgn kan yg udah nunggu dari 2002, yg sdh lama dari tahun 98 juga g ada masuk2 ny pdhl database ny pun di mintain terus…
    sebenarnya ada rahasia apaan sih sampe2 d tunda2 mulu???
    Jangan2 karena adanya kasus ya sampe di tunda2… kasian kan yg sdh lam nunggu dan berharap cepet di angkat menjadi PNS….
    Apa lg yg nunggu lama itu sdh hampir mau pensiun…

  5. bismillahirrohmanirrohim…. semoga sukse lewat jalan ini…. aamiin

  6. seragam saja yang sama tapi gaji dan kesejahteraan g sm knp pemerintah pilih kasih alasan anggaran kurang “tidak masuk akal” knp kaum buruh bisa dipenuhi diatas umk tpi honorer g,kita ini juga sm dengan kaum buruh lihat sj perlakuan yang diterima ditiap instansi,datang pagi pulang terakhir,yang PNS dtg siang pulang duluan,gimana mau maju lo seperti ini caranya.TOLONGLAH WAHAI PEMBESAR JANGAN HANYA MEMBERI JANJI YANG G PASTI JANJI YANG DIUCAPKAN SAAT KAMPANYE TAPI SUDAH JADI ya itulah KACANG LUPA MA KULITx

  7. kesabaran kita masih diuji sabar..sabar

  8. SEMOGA YANG AKU HARAP KAN BISA TERKABUL AMIIN,YA RABBALALAMIN…..

  9. mudahan aku bisa lulus tes CPNS 2013 amin amin ya rabbal almin

  10. tiis tiis wae yeh can aya pendataan kainstansi dei karunya anu puluhan tahun ngahonor candiangkatwae gubragken atuh

  11. seharusnya pemerintah itu untuk yang honor tidak usah di tes segala, apalagi umur yang sudah masuk 50 tahunan ? kalu memang pemerintah mau memperhatikan nasib pegawai yang honor lho ….

  12. seharusnya kami2 ini tidak harus di tes lagi, langsung di angkat saja menjadi cpns saja kenapa seperti yg sebelum2nya. zaman sby dan menpan baru ini sepertinya semakin di persulit saja kami ini, kami ini sudah mengabdikan diri bertahun – tahun untuk negara dan pemerintah.

  13. april – mei itu terlalu lama mas bro

  14. seharusnya pemerintah itu dalam melaksanakan penerimaan cpns lebih memprioritas mereka yang sudah honor bertahun -tahun lamanya, krn di bandingan dengan cpns2 baru mereka sudah mengusai pekjerjaan.

  15. namanya jg honorer,tenagamya ajayg dibutuhkan pas pengankatan sering dilupakan,,,cuma wacana aj

  16. tlngPNSyangdisiplin

  17. ga niat selesaikan honorer nih pemerintah. gak ada duitnya kali dari honorer. tes pelamar umum sih cepat. persiapannya juga singkat.

  18. kaburu kolot eunk jadi PNS teh……..

  19. nungguin tes lama namanya tukang ngahonor pa gaji gak seberapa gak cukup buat makan juga di mana keadilan ini kami ngahonor uda belasan taun pak gak ada hasilnya , di mana kebijakan pemerintah itu..

  20. dimana kita bisa lihat kalau kita termasuk ke dalam honorer kategori II?

  21. April – Mei harus menunggu lagi?
    Terlalu lama Pak… kasihani kami yang telah lama menunggu!
    Dari 2002 saya menunggu!!!

Leave a Reply

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.