Soal CPNS 2016

Jatah CPNS Kabupaten Probolinggo Ditolak

Berdasarkan berita yang beredar mengenai jatah dari CPNS di Kabupaten probolinggo telah ditolak maka akan kami ulas dalam artikel ini. Adapun terjadinya penolakan tentang jatah CPNS di Kabupaten Probolinggo terbukti karen diketahui pihak BKD (Balai Kepegawaian Daerah) tidak melakukan pengiriman jumlah kebutuhan formasi sebanyak 52 formasi yang sebenarnya sudah disediakan. Sedangkan kepala Dinas Ketenaga kerjaan Kabupaten Probolinggo memberikan tanggapan bahwa sekarang seleksi dilakukan dengan sistem CAT.

Karena Kemen PAN-RB telah memutuskan tentang persyaratan untuk seleksi CPNS menggunakan sistem CAT maka setiap daerah harus menyediakan fasilitasnya untuk menunjang kebijakan tersebut. Syarat itu telah ditetapkan dalam Surat Edaran (SE) Kemen PAN-RB Nomor SE/10/M.PAN-RB/08/2013. Yang isinya agar pejabat BKD di seluruh daerah di Indonesia segera menyediakan sarana untuk pelaksanaan sistem CAT (Computter Asisted Sistem). Karena di Kabupaten Probolinggo hanya menyediakan fasilitas untuk tes manual saja sehingga Kemen PAN RB jatah CPNS di Kabupaten tersebut tidak di ACC atau ditolak oleh Kemen PAN-RB.

Berdasarkan penelusuran ternyata pihak BKD juga sudah berkoordinasi dengan Biro Kepegawaian Pemerintah Provinsi Jawa Timur tentang penyediaan dana yang dbutuhkan. Dari situ dapat menghasilkan bahwa pemkab harus menyediakan dana sebesar 1,5 milyar dalam rangka pengadaan softwere dan hard were kemudian dana untuk pendamping atau pengawas serta biaya operasional. Menurut bupati Probolinggo pemerintahannya belum siap karena pemberitahuannya terlalu mendadak dengan kebutuhan anggaran yang cukup banyak sehingga penerimaan CPNS di Kabupaten Probolinggo tidak dapat dilaksanakan pada tahun 2014 ini.

Disisi lain pihak Pemerintahan Bupati Probolinggi juga masih berupaya untuk meminta kepada KemenPAN-RB agar formasi 52 tahun 2014 yang tidak dapat diisi tersebut bisa ditambahkan untuk formasi CPNS tahun depan (2015). Bupati Probolinggo menjelaskan jika untuk tahun depan akan menyiapkan dana anggaran sebesar 1,5 miliar dalam rangka menyiapkan sarana tes CPNS sistem CAT. Keputusan yang telah ditetapkan Bupati Probolinggo tersebut berdasarkan suatu pertimbangan bersama secara matang dan telah melakukan beberapa kajian.

Kisi-kisi Soal CPNS 2017

Check Also

Lowongan CPNS Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) 2017

CPNS LIPI – Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi¬†Republik Indonesia Nomor 53 …

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.