Friday , 19 December 2014

Jika Gagal Seleksi jadi CPNS Banyak Honorer K2 Bakal Terdepak

Para tenaga honorer kategori dua (K2) yang tidak lolos tes seleksi menjadi CPNS, terancam diberhentikan dari instansi tempatnya bekerja. Pasalnya, banyak diantaranya tidak memiliki kompetensi sehingga sulit dipertahankan.

“Terus terang saja, melihat kemampuan yang dimiliki honorer K2 yang kebanyakan tidak punya kompetensi, membuat pemerintah sulit mengaturnya,” ungkap Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Eko Prasojo yang dihubungi, Senin (11/6).

Di dalam PP 56 Tahun 2012 tentang Revisi PP 48 Tahun 2007 tentang Pengangkatan Honorer menjadi CPNS, tidak diatur tentang honorer K2 yang lulus tes. Yang tertera di dalam PP tersebut hanya bagi honorer K2 lulus tes akan diangkat CPNS secara bertahap mulai 2013 hingga 2014.

“Memang di dalam PP 56 tidak diatur nasib honorer K2 yang tidak lolos. Mereka diatur dalam UU Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sekarang RUU-nya masih sementara dibahas,” ujarnya.

RUU ASN, lanjut guru besar UI ini, mengatur honorer K2 yang tidak lolos, akan diangkat sebagai pegawai tidak tetap pemerintah (PTTP) sepanjang instansinya membutuhkan. Hanya saja, dasarnya harus sesuai kompetensi. Misalnya, yang dibutuhkan guru matematika, tapi honorer K2-nya guru bahasa Indonesia otomatis tidak bisa diangkat PTTP.

“Pemerintah pusat tidak bisa memaksakan instansi menerima honorer K2 menjadi PTTP kalau yang bersangkutan tidak sesuai kompetensi. Sebab, pembayaran gajinya menjadi tanggung jawab instansi bersangkutan,” tegasnya.

Meski tidak merinci satu persatu, namun Eko mengungkapkan, data honorer K2 banyak yang tidak punya kompetensi. Sehingga, kalau tidak lolos CPNS maupun PTTP, honorernya akan diberhentikan.

“Mau tidak mau ya diberhentikan oleh instansi. Pemberhentiannya juga tidak disertai kompensasi, kecuali pimpinan instansinya mempunyai kebijakan khusus memberikan uang tanda terimakasih,” pungkasnya. (esy/jpnn)

19 comments

  1. dasar pejabat otak sampah jelas-jelas honorer yg terlanjur mengabdi di pemerintah kosekuensi yg harus mreka trima adalah kemiskinan dan kebodohan harusnya mreka di angkat tanpa syrat karena selama mereka mengabdi mreka seperti sapi yg di tindik di hidung dngan gaji di bawah setandar hidup yg layak malah di bayar tidak tentu bulan dan tanggalnya.

  2. moga lancar & sukses wt k2

  3. dengan kesabaran rekan2 dari honorerer insa allah akan tiba saatnya bagi kalian jadi cpns

  4. arif87@yahoo.co.id

    banyak staf honorer/ PTT berasal dari saudaranya/ kroninya pejabat (aku lihat di Jatim)… capek dehhh………….

  5. yang jadi masalah itu setiap tahun honorer ini bertambah? karena pejabat-pejabat daerah yang memasukkan anak, ponakan,……

  6. waduhhhhh meni rame nya honorer bisa membantu dan membebani,untuk guru masih banyak kekurangan terutama di plosok2 desa,tapi terkadang diinstansi tertentu malah over pegawai akhirnya saking banyaknya mereka baca koran maen catur dll.HARUS TEPAT SAYA DUKUNG

  7. Gua mau jadi honorer setelah hidung gua pecah didepan bendera merah putih… bayangin orang idealis kayak gua …..dalm pendidikan keras yang instansi lain gakkan sanggup…sampai depresi lama gua…tapi hasilnya gua bangga dengan seragam gua…lu liat sejati gua kalo udah PNS

  8. lebih sampah lagi orang gak berseragam namanya preman dong….ha..ha…

  9. Gajinya kecil jauh dibanding buruh….buruh aja yang sekian kali lipat masih nuntut ..bayangkan sekian tahun honor selisih gajinya dirapel sama dengan nilai buat nyodok mungkin lebih besar jadi ya sah-sah aja Rama…

  10. jangan tanya apa yang negara bisa berikan padamu tapi apa yang kau dapat berikan pada negaramu…kata honor adalah;hormat jadi honorer adalah orang yang mencari kehormatan…

  11. rama@sebaiknya u tu ndak usah sekolah… lw pun sekolah sekolah aja di pendidikan hewan2.. cocok kayak u…

  12. honorer adalah pengemis berseragam yang menyusahkan negara

    • ooo anak anjing kamu ya rama, bacot sesuka cangkem kau…..

      • biar pengemis tapi masih bisa bantu negara, gak kaya louw sampah negara …. biadab mulut orang kaya gitu !!!

    • woow………….enggl mati o koe

    • emang gampang mau jadi honorer…

    • Gak pa pa kita d bilang pengemis berseragam sama org yg nggak prnah tahu pngorbanan en prjuangan utk mmbngun negeri ke arah yg lbih baik.toh kita tdk pernah turun ke jalanan meminta gaji yg lebih..yg kita pinta hanya keadilan dmn pak mntri hrs mnmpatkn keadilan itu sesuai porsi nya..byangkan seorang guru honorer rela brangkat pagi mninggalkan anakny yg msh balita sklpun lg sakit demi mmnhi kwjiban mndidik muridny d skl..apalagi jarak jauh..kyknya gaji yg tiga bln sekali dg nominal yg kecil kurang dr satu juta per tiga bln..tak kan cukup mngganti pngorbanan tsb..tp d balik smua itu msh bnyk berkah dr doa org org yg mnghrgai pngabdian kami..kalau ada satu org yg spt rama itu bkn halangan karna org tau rama itu hanya benalu yg mulutnya tidak trsentuh air wudhu dan org pun jijik mndekatnya.

Leave a Reply

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.