Soal CPNS 2018

Jokowi-JK Hentikan Tes CPNS Selama Lima Tahun

Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla kembali membuat kejutan dengan melakukan moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Moratorium tersebut tidak hanya berlaku untuk jangka waktu dua tahun seperti yang sebelumnya pernah terjadi di pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, melainkan sampai lima tahun.

Dengan adanya moratorium tersebut, berarti selama lima tahun ke depan dipastikan tidak akan ada seleksi CPNS untuk seluruh instansi baik pusat maupun daerah.

Kebijakan Moratorium tersebut langsung diungkapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi.

“Atas petunjuk Presiden Jokowi yang disampaikan oleh Wapres, moratorium akan berlaku lima tahun ke depan untuk semua kementrian,” ucap Yuddy.

Pemberlakuan  moratorium ini akan memberikan kesempatan kepada seluruh instansi untuk melakukan audit organisasi sehingga bisa diketahui berapa angka ideal PNS yang harus ada di Indonesia.

Politikus dari partai Hanura tersebut dengan tegas menyatakan jika moratorum tersebut berlaku untuk semua instansi dan kementrian.

“Semuanya, semua kementrian,” tegasnya.

Dengan adanya moratorium ini, maka sudah dapat dipastikan lima tahun kedepan tidak akan ada lagi tes CPNS. Menurut data yang diambil dari KemenPAN-RB, jumlah PNS di seluruh Indonesia untuk tahun 2013 mencapai 4,3 juta orang.

Kisi-kisi Soal CPNS 2017

Check Also

Ini Syarat Daftar Seleksi CPNS 2018

Pemerintah bakal kembali membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di 2018. Nantinya, pembukaan lowongan …

6 comments

  1. Bapak presiden yg terhormat bagaimana dgn nasib honorer,klu demikian moraterium….mohon petunjuk bapak..

  2. Kalau Jokowi-Jk melakukan moratorium penerimaan CPNS berarti sama saja menutup sebagian peluang kerja bagi masyarakat, kecuali mereka mau memberikan modal bagi masyarakat kecil untuk membangun sebuah usaha, tapi ya jangan modal yang cuma bisa buka warung,, pak JK kan punya banyak perusahaan, bisa donk kita dapat sebagian keuntungan untuk dijadikan sebagai modal usaha. selain itu kita masyarakat kecil ini dikasih sekolah gratis sampai perguruan tinggi

  3. kalo kaya gini mematahkan semngat bangsa indonesia

  4. Admin yg terhormat, Penerimaan CPNS biasanya rutin dilakukan tiap tahun, hal ini juga dilakukan utk menyerap tenaga kerja yg blm mendapat kerja atau ingin jadi PNS. Moratorium yg dilakuakan pemerintah membuat mereka bisa kehilangan pekerjaan untuk menjadi PNS dan harapan saya dengan pemerintahan yg baru dilantik yaitu adanya kebijakan pemerintah untuk masih mengadakan penerimaan CPNS karena saya masih mencari kerja yang tetap sambil menunggu adanya pembukaan CPNS. Seperti tahun ini. Di Sumsel katanya tdk menerima CPNS, tetapi pengadaan penerimaanya masih dilakukan, ini membuat pelamar CPNS ragu untuk melamar dan menunggu lagi info selanjutnya yang diketahui bahwa peneriman CPNS masih diadakan dengan sistem CAT. Dengan adanya peserta yang lolos menjadi CPNS, pemerintah juga membantu mengurangi jmlh rakyat yg belum mendapatkan pekerjaan.

  5. 4.3 juta org melayani manusia yg jumlahx 240 juta org.

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.