Tuesday , 21 October 2014

Kemenpan Usulkan Penerimaan 300 Ribu PNS Tahun Ini

Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan)  mengusulkan  kepada Kementerian Keuangan untuk menambah kuota penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjadi sebanyak 275 ribu hingga 300 ribu kursi pada tahun ini.
"Usulan kuota CPNS ke Menkeu guna disesuaikan dengan kondisi keuangan negara saat ini," kata Menpan EE Mangindaan kepada ANTARA di sela-sela kunjungan ke Sulawesi Utara (Sulut), Sabtu (3/7).

Dari total usulan kuota penerimaan CPNS itu, Menpan sepenuhnya menyerahkan keputusan di tangan Menkeu untuk mengkaji dan meneliti sesuai dengan kondisi yang ada.
Menurut dia, biasanya usulan penerimaan CPNS yang diusulkan ke Menkeu hanya disetujui setengah dari total usulan yang ada. "Dari total yang disetujui Menkeu, kemudian kuota itu diserahkan kepada pemerintah pusat lainnya dan daerah untuk melakukan usulan," katanya.
Mangindaan menegaskan kepada pemerintah daerah untuk mengusulkan formasi penerimaan sesuai dengan prioritas. "Kalau memang ada kebutuhan yang prioritas pada penerimaan CPNS itu yang perlu didahulukan, agar memang sesuai dengan kondisi yang ada," katanya.

18 comments

  1. maaf pak, apa ingga ada lagi harapan k2 untuk pns harus pppk. k2 sama dgn hononor yg 2006 sampai sekarang statusnya sama dan pendapatnnya sama, ini bukannya malah banyak anggaran. untuk mengurangin anggaran lebih baik k2 diangkat pns semua dan honor dari 2006 sampai 2014 tetap berjalan sebagaimana biasanya seperti k2 alami. kasihanilah kami pak k2 ini agar sudikiranya bapak angkat kami jadi pns.

  2. Kalo ipk dibawah 3,00 bagaimana rumusnya lebih berkualitas dari ipk yang diatas 3,00??? Saya bingung! Mbok ya tolong, kalo ngasih masukan yg masuk akal, kalo anda berkualitas, dari bangku kuliah ya kuliahlah yg bener… Menurut saya, sebaiknya malah kampusnya (lulusan) yg mesti diseleksi, soalnya banyak sekali kampus abal2 sekarang ini. Lulus kuliah dgn nilai damai or waktu kuliah yg sangat singkat or kurikulum pendidikan kampus jauh dibawah standar, hanya memprioritaskan ijazah saja, yg akhirnya lulusan tsbtpun tidak mampu mengaplikasikan ilmunya karena memang tidak memilikinya. Yang spt itu yg akan menjadi sia2 jika lulus cpns.

  3. Syaratny mudah gak.sih jdi PNS?

  4. maaf pak bagai mana dengan TKSK (tenaga kesejahteraan sosial kecamatan )yang bekerja di lingkungan dinassoal, dan bagai mana tindak lanjutnya kami pak, sedangkan kami di SK kan dari Pusat. dan cuma mendapat insentip 250000 /bulan apakah cukup untuk makan kami pak….

  5. menanggapi rencana perpanjangan pensiun kami selaku PNS berpendapat bahwa hal tersebut tidak perlu dan tidak penting. Pada umumnya PNS tidak mempermasalahkan dan tidak minta diperpanjang masa pensiunnya. karena bagi PNS yang sudah mengabdi lebih dari 30 tahun sudah cukup dan bila diperpanjang justru merasa jenuh yang mengakibatkan tidak produktif. maka sebaiknya masa pensiun PNS tetap umur 56 tahun. Yang lebih penting difikirkan pemerintah adalah apabila menginginkan pemerintahan ini tetap stabil, produktif, semakin maju, semakin kuat, semakin terhormat, semakin berwibawa, semakin berkwalitas dll. adalah menerbitkan peraturan atau UU yang jelas dan tegas dalam mengatur dan melindungi PNS dari pengaruh politik. selama ini pns di daerah terkontaminasi perilaku dan trik politik praktis. keadaan ini harus ada perlindungan terhadap karier pns khususnya di pemda dan pendidik. kalau tidak maka yang terjadi kualitas birokrasi atau pemerintahan akan jatuh bangan. lindungi pns dari ulah ovonturir. UU netralitas yang berlaku saat ini tidak efektif sama sekali, hal ini mestinya yang perlu diprioritaskan oleh menpan. UMP.

  6. coba lah pemerintah harus lebih jeli dan teliti terhadap pemerataan guru,,, jangan sampai di sekolah kota bnyak penumpukan guru yang mengakibatkan minimnya beban kerja,, sedang kan sekolah dikmpung /peloksok bnyak guru guru yg merangkap sampe 2-3 kelas….

  7. alfian magarra

    saya cuma mau bilang, pengawas di daerah itu kerja apa ych?? kok guru dibiarin numpuk di kota, sementara di pelosok desa banyak sekolah kekurangan guru. bahkan ada sekolah satu guru mengajar siswa kelas satu sampai enam. bagaimana mutu pendidikan mau ditingkatkan kalau begini adanya??

  8. Terimakasih telah membaca comment saya. Saya GTT bahasa Prancis sudah 5 tahun di Salatiga & Juwana provinsi Jateng. Pak, formasi bahasa Prancis selama ini jarang,kemungkinan kalau ada CPNS yang melamar over load. Apa ada kemungkinan saya jd PNS? Mengingat kesempatan itu sulit didapat,apalagi bayak yang ”nyogok”. MOHON SARAN dan PENJELASANNYA.

  9. Amin..maju terus …

  10. maaf pak,bagaimana nasib saya dan teman teman saya yang pns nya tertunda karena umur tidak cukup pak,saya andri dari dinas kebersihan kota padang pak,terima kasih

  11. maaf pak,bagaimana nasib saya yg tenaga honorer tertunda kota padang ini,kapan mau di angkat pns?maaf pak terima kasih

  12. Pak, kalau bisa pada kartu ujian cpns pemda tidak usah dicantumkan umur, tempat dan tanggal lahir cukup nomor ujian, nama peserta, kualifikasi pendidikan, jabatan yang dilamar serta yang penting saja tolong ya pak dikonfirmasikan secepatnya ?

  13. pada pingin diangkat yeee ha ha ha ha wah harus ada umar bakrie yang tulus niech, mau gue angkat jadi PNS ( petani nasionalisme selalu ) nyangkul2 loe pade

  14. bagaimana apabila yang tamatan S1 banyak yang memiliki nilai IPK tidak sampai 3,00 tapi lebih berkwalitas dibandingkan nilai IPK 3,00 tapi tidak berkualitas?

  15. Maaf pak,bagaimana dengan tenaga honorer dilingkungan kementrian agama apakah pengangkatannya melalui kemenpan?
    Begini pak,di lingkungan kemenag kota padang teleh terjadi kesalahan disengaja/tidak,tapi seperti disengaja biar atasan dapat duit.
    Kesalahan yang terjadi dalam pengangkatan tenaga honorer,yang saya tahu dari aturan pengangkatan seorang tenaga honorer harus telah terdaftar didata base sebagai tenaga honorer dikantor mana,siapa yang memberi gaji(APBN/APBD),dri tahun berapa?
    Tapi yang terjadi seorang karyawan(penjaga) counter handphone dikerinci jambi diangkat jadi seorang pegawai dilingkungan kemenag kota padang yang sekarang ditempatkan disalah satu kantor KUA padang.
    BAGAIMANA DENGAN KAMI YANG TELAH MENJALANI HONOR LEBIH DARI 10 TAHUN YANG DATANG MENEKAN ABSEN TIDAK JUGA DI ANGKAT? APAKAH HARUS PAKAI UANG? KALAU BENAR BERAPA KAMI HARUS BAYAR AGAR KAMI MENJADI PNS BENARAN?

  16. Maaf, Pak MenPan, saya tak habis pikir, GURU BANTU DKI sebanyak kurang lebih 6000 an yang telah memenuhi syarat sejak 2005 sampai sekarang belum diangkat, kok sekarang malah akan menambah 300.000 CPNS. TOLONG YANG DI DKI DULU DIURUSIN baru yang lain agar tidak menjadi duri dalam daging.

  17. asalkan jangan dijadikan “lahan” aja dah,..

Leave a Reply

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.