Friday , 22 August 2014

Kementerian PAN-RB Gandeng ICW Untuk Hindari KKN Pada Penerimaan CPNS 2012

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akan melakukan pembenahan dalam sistem rekrutmen CPNS. Salah satunya adalah dengan cara melibatkan ICW untuk mengawasi jalannya seleksi penerimaan tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri PAN-RB Azwar Abubakar dalam acara penandatangan MoU Kementerian PAN-RB dan ICW tentang Pengembangan Sistem Anti Korupsi dan Nepotisme dalam Proses Seleksi Pegawai Negeri Sipil sebagai Bagian dari Pelaksanaan Proses Reformasi Birokrasi di Gedung Kementerian PAN-RB, Jalan Jenderal Sudirman, Rabu (27/6/2012).

"Kita berupaya untuk melibatkan semua. Melibatkan kampus, pemerintah daerah dan juga masyarakat dalam hal ini ICW untuk melakukan pengawasan dalam seleksi CPNS," ujar Azwar.

Selain menggandeng ICW, dia menyatakan pihaknya juga akan melakukan perubahan dalam sistem seleksi penerimaan CPNS. Caranya adalah dengan meminta tiap instansi yang akan menerima pegawai baru untuk melakukan pemetaan formasi pegawai.

"Supaya jelas berapa yang dibutuhkan juga menghindari praktik KKN terutama daerah," ucapnya.

Azwar menambahkan, nantinya semua seleksi CPNS baik di daerah maupun di pusat akan dilakukan terpusat. Soal-soal akan dibuat oleh perguruan tinggi yang ditunjuk, nanti pendistribusian soal juga akan dilakukan oleh pemerintah dengan kawalan pihak kepolisian.

"Buat yang di daerah bila sudah selesai dilakukan tes, soal akan dibawa ke provinsi, pemeriksaan akan dilakukan di provinsi dengan pantauan ketat," tuturnya.

Menurut Azwar, perubahan ini merupakan bagian dari reformasi birokrasi. Selain itu juga untuk menumbuhkan rasa keadilan di tengah masyarakat, sehingga yang diterima menjadi PNS adalah mereka yang terbaik.

"Supaya anak-anak kita juga mau belajar dengan baik dan sungguh-sungguh karena tahu penerimaan CPNS dilakukan dengan adil," imbuhnya.

Sementara itu, di kesempatan yang sama Koordinator ICW, Danang Widoyoko menyatakan, pihaknya menyambut baik ajakan Kementerian PAN-RB ini. Menurutnya, apabila seleksi CPNS dilakukan dengan baik dan bersih maka menghasilkan pelayan masyarakat yang baik pula.

"ICW mau bekerja sama karenaa ini demi kepentingan kita semua. Untuk menjaga independensi, ICW akan melakukan ini tanpa menggunakan uang dari APBN," tutur Danang.

Untuk formasi CPNS yang akan dibuka tahun depan, Kementerian PAN-RB membuka lowongan sekitar 20 ribu lowongan untuk daerah maupun pusat. Namun hingga saat ini baru sekitar 12 ribuan lowongan yang bisa diisi, karena banyak instansi yang belum menyerahkan pemetaan formasi jabatan. Sumber: http://news.detik.com

Leave a Reply

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.