Soal CPNS 2018

Komentar MenPAN – RB Tentang Gagalnya Putri Presiden Dalam Tes CPNS

Hasil seleksi tes CPNS putri Presiden, kembali menjadi bahan pembicaraan dari berbagai pihak. Kahiyang Ayu itulah namanya, harapan putri presiden ini adalah bisa menjadi seorang pegawai negeri sipil namun, kenyataannya ia tidak berhasil atau tidak lolos dalam mengikuti tes CPNS di pemerintah daerah Solo. Jika, saat menjelang pengumuman akhir pekan lalu terdapat kalangan yang menghembuskan rumor Kahiyang akan diluluskan tetapi, saat ini masyarakat bisa melihat tidak ada hak istimewa dalam seleksi tes calon pegawai negeri.

Dalam pengumuman hasil seleksi calon pegawai negeri sipil  pemkot Surakarta, nama Kahiyang Ayu tidak muncul. Menanggapi hal tersebut, menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi atau MenPAN – RB, menyampaikan komentarnya bahwa putri seorang presdien saa bisa kandas dalam menjadi Calon Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam mengikuti tes seleksi CPNS 2014 karena, proses seleksi sangat ketat objektif dan juga transparan.

Akan tetapi, dibalik semua itu, peristiwa tersebut dapat dijadikan sebagai contoh nyata tentang keteladanan Presiden Joko Widodo bagi seluruh bangsa Indonesia termasuk juga para pejabat. “Putri Presiden saja tidak lulus dan presiden tidak membantunya”, ungkap MenPAN-RB disela – sela blusukan dalam melakukan peninjauan pelayanan publik di Puwarkarta waktu itu. Kenyataan tersebut juga menjadi salah satu pembelajaran bagi bangsa Indonesia yang sedang gencar dalam melaksanakan reformasi birokrasi. Dimana, generasi muda yang ingin menjadi pegawai ASN harus memiliki kemampuan minimal untuk melampaui passing grade dalam tes kompetensi dasar.

Melalui cara serta mekanisme tersebut, pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) kedepannya bisa diisi oleh generasi muda terbaik di Indonesia. “Mereka masing – masing memiliki hak yang sama tidak peduli anak petani, anak menteri, ataupun anak presiden, karena pada dasarnya semua memiliki hak yang sama. Hal ini sekaligus mengingatkan para birokrat untuk tidak menyalahgunakan wewenang didalam proses seleksi CPNS”, pungkas MenPAN-RB. Jadi meskipun putri presiden bukan berarti harus lulus dengan suapan ataupun kecurangan lainnya. Keteladanan presiden Jokowi patut diacungi jempol bahwasannya sikap transparan dan kejujuran harus tetap diterapkan.

Kisi-kisi Soal CPNS 2017

Check Also

Ini Syarat Daftar Seleksi CPNS 2018

Pemerintah bakal kembali membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di 2018. Nantinya, pembukaan lowongan …

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.