Saturday , 1 November 2014

Lowongan CPNS Tahun 2012 Hanya untuk Pengganti PNS yang Pensiun

Persaingan untuk memperebutkan kursi CPNS mulai 2012 akan semakin ketat. Ini menyusul rencana pemerintah pusat untuk membatasi kuota penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Di mana, penerimaan hanya untuk memenuhi kuota pengganti PNS yang pensiun, meninggal, dipecat, atau berhenti.

Data dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menyebutkan, setiap tahunnya kursi PNS yang kosong akibat adanya yang pensiun, meninggal, dipecat atau berhentu sekitar 125 ribu sampai 150 ribu orang.

Dengan alasan reformasi birokrasi di bidang aparatur dan SDM, pemerintah akan mengurangi kuota penerimaan CPNS. Jumlahnya hanya akan dibatasi sekitar 125 ribu hingga 150 ribu kuota, dari yang sebelumnya mencapai hingga 300 ribu.

"Sebenarnya langkah pemerintah mengurangi kuota CPNS sudah dimulai tahun ini. Itu dilihat dari usulan kami yang maksimal 250 ribu orang dibanding 2010 yang 300-an ribu orang," ungkap Deputi SDM bidang Aparatur Kemenpan-RB Ramli Naibaho, Minggu (3/4).

Mengapa harus dikurangi? Ramli mengatakan, kuoto penerimaan CPNS dikurangi karena pemerintah didesak untuk melakukan efisiensi. Sebab, penerimaan aparatur yang setiap tahunnya diselenggarakan dinilai menghabiskan banyak anggaran negara. Pasalnya, membludaknya jumlah PNS telah memunculkan anggaran adanya pengangguran tidak kentara. Di instansi-instansi pemda, pegawai kebanyakan hanya duduk atau ngerumpi tanpa melakukan kinerja. Sementara anggaran APBN dan APBD untuk pos belanja pegawai tiap tahun merangkak naik.

"Dengan dasar pemikiran itulah, pemerintah bertekad mulai 2012, kuota CPNS hanya untuk mengisi kuota PNS yang kosong. Jadi kalau kuota yang kosong hanya 150 ribu, yang diterima ya itu," jelasnya.

Dengan langkah tersebut, Ramli yakin, sekaligus juga untuk menekan jumlah tenaga honorer. "Kita tiap tahun pasti akan melaksanakan penerimaan CPNS. Kalau tidak, kejadian 2004-2005 di mana jumlah honorer melonjak akan terulang kembali," tandasnya.

21 comments

  1. pak, apa benar ada program penggantian PNS yang pensiun

  2. Ass…pak/ibu kapan kira2 tes CPNS tuk bidang matematika di kabupaten situbondo…..
    Makasih….

  3. pak kpn cpns 2013 dimulai

  4. pak, kapan tes cpns di kabupaten kepulauan aru maluku,… di tunggu infonya ya… makasih…

  5. selamat siang kepada bapak bapak kementerian, saya mohon agar penerimaan cpns di kabupaten ciamis cepat dilaksanakan akhir
    tahun 2012

  6. ica elfrida tarihoran

    pak PNS dihumbahas kpn dmulkainya

  7. adakah tes CPNS kab. Malinau tahun 2012? kalau ada minta tlg segera di infokan kerena kasihan kami di daerah perbatasan perlu 2 minggu sampai 1 bln baru dapat booking MAF

  8. ass….bapak/ibuk yang saya hormati….kapan cebenar nya test cpns di buka di tahun 2012 ini n apa ada penerimaan untuk bidang teknisi…makasih sblumnya…wasalammmm

  9. Selamat siang Bapak/Ibu, saya mau menanyakan kapan CPNS un tuk Apoteker di kementerian maupun Dinas kesehatan lain di jakarta? Kalau di Medan?
    Terima kasih sebelumnya Bapak/Ibu.

  10. pak kapan pendaftaran cpns dinas pendidikan pusat n dinas kabupaten lamongan?
    mohon infonya.
    thanks.

  11. Arwindo Pradana

    pak kapan pembukaan CPNS dinas Pariwisata di kabupaten Bogor?

  12. Upami kangge daerah Kab. Ciamis sareng Kab.Tasikmalaya, kinten-kintena iraha?

  13. kapan tes pns di lubuk basung sumatera barat…bagi-bagi informasinya ya…

  14. pa kapan lowongan PNS di kabupaten bogor

  15. Kapan kira2 Tes CPNS Kab. Probolinggo?? Bwt yg tw minta tolg infonya. TKS

  16. kpan waktu pelaksanaannya…..

  17. kapan tuu kira2 yaa?

  18. rudin sulistiyanto

    trimkasih atas informasinya,,,,,,

  19. rudin sulistiyanto

    i like

  20. thank infonya gan, siap – siap ikut test

Leave a Reply

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.