Soal CPNS 2018
soal-tkd-cpns

Materi Tes TKD CPNS 2014

Pemerintah menjadwalkan pelaksanaan tes seleksi calon pegawai negeri sipil (PNS) pada Agustus 2014. Mumpung masih ada waktu, Anda yang berminat sebaiknya bersiap.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Herman Suryatman menjelaskan, seperti tahun lalu, seleksi akan dimulai dengan Tes Kemampuan Dasar (TKD). Tes ini terdiri dari tiga kelompok soal.

Pertama adalah wawasan kebangsaan, meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. Kedua adalah karakteristk pribadi, yakni integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan dll.

“Adapun kelompok soal ketiga adalah intelegensia umum, yang meliputi kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan berpikir logis dan kemampuan berpikir analitis,” ujar Herman, seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet (Setkab), Kamis (19/6/2014). Contoh ketiga soal tersebut bisa didapatkan di http://tryout.cpnsonline.com

Herman mengimbuhkan, para pendaftar rekrutmen CPNS kini bisa memilih tiga formasi pada satu dari 482 instansi pemerintah pusat dan daerah. Mereka akan menyelenggarakan tes untuk mencari 65 ribu CPNS menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

“Dengan cara ini, pemerintah optimistis bisa menjaring putera-puteri bangsa terbaik untuk menjadi aparatur sipil Negara,” imbuhnya.

Kisi-kisi Soal CPNS 2017

Check Also

Latihan Soal TIU (Tes Intelegensia Umum) Bagian 1

TES INLEGENSI UMUM (TIU) Guru adalah pegawai negeri. Sebagian guru adalah penulis. Manakah pernyatan berikut …

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.