Soal CPNS 2016

Mengenal Tes CPNS Sistem CAT

Bagi sebagian pengunjung cpnsindonesia.com mungkin banyak yang belum mengenal apa itu Tes CPNS Sistem CAT. Berikut Penjelasannya:

CAT ( Computer Assisted Test) adalah salah satu metode ujian dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar maupun standar kompetensi kepegawaian. Manfaat penggunnaan CAT yaitu tersedianya keseluruhan materi soal terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensia Umum, Tes Kepribadian, serta Tes Kompetensi Bidang.

Setiap peserta akan mendapatkan soal yang berbeda-beda untuk tingkat kesulitan yang sama karena bank soal akan diacak oleh program CAt ini. Kerahasiaan soal akan terjamin karena tidak memerlukan lembar soal dan lembar jawaban komputer (LJK). Begitu juga dengan penilaian yang dilakukan secara objektif dan transparan karena yang memeriksa hasil ujian langsung oleh aplikasi CAT.

Secara teknis para peserta yang mengikuti tes CPNS menerima soal secara online, kemudian langsung menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada. Jawaban yang diberikan tersebut akan langsung masuk ke server atau database pusat dan dikumpulkan di sana. Setiap peserta akan langsung mengetahui skor atau nilai hasil ujian setelah selesai mengerjakan soal-soal CPNS.

Sistem CAT tidak bisa direkayasa, sebab sistem komputer akan langsung memeriksa jawaban tiap peserta. Meskipun tesnya tidak serentak, setiap soal akan berbeda  antar peserta. Apalagi Badan Penyelenggara Negara CPNS telah memiliki bank soal yang memuat hingga puluhan ribu soal.

Sistem CAt memang tidak didesain untuk pelaksanaan tes secara massal dan masif. Sebagai contoh, instansi yang memiliki 100 unit komputer (PC) , dapat melaksanakan tes dengan sistem CAT bagi 500 orang setiap hari (5 sesi) atau 3.000 peserta dalam seminggu ( 6 hari kerja).

Untuk lebih mudah memahami sistem CAT , bisa dilihat melalui ilustrasi dari alur sistem kerja CAT di bawah:

alur tes cat cpns

Maksud dan tujuan Penggunaan Sistem CAT:

  1. Memepercepat proses pemeriksaandan laporan hasil
  2. menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional
  3. Menetapkan Standar Nilai

Keunggulan dan Manfaat Penggunaan CAT

  1. Peserta tes dapat mendaftarkan melalui internet
  2. Peserta tes dapat melihan nilai langsung sesuai dengan hasil yang diperoleh
  3. Komputer menyediakan keseluruhan materi soal kompetensi Dasar (Tes pengetahuan Umum, Tes Bakat Skolastik dan Tes Skala Kematangan)
  4. Penilaian dilakukan secara objektif
  5. Peserta ujian dapat mengakses dengan mudah terhadap pencapaian hasil (skor) yang diperolehnya.

Contoh soal CAT CPNS 2014 bisa Anda dapatkan di: http://tryout.cpnsonline.com

Kisi-kisi Soal CPNS 2017

Check Also

soal-tkd-cpns

Materi Tes TKD CPNS 2014

Pemerintah menjadwalkan pelaksanaan tes seleksi calon pegawai negeri sipil (PNS) pada Agustus 2014. Mumpung masih …

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.