Soal CPNS 2018

Moratorium CPNS Selama 5 Tahun Masih Dikaji

Yuddy Cristabdu selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengatakan saat ini ia sedang sibuk dalam mengkaji kegiatan pelaksanaan moratorium Pegawai Negeri Sipil atau yang sering disebut dengan CPNS. Dengan keberadaan moratorium tersebut kini pemerintah mampu mengkaji adanya pengadaan dan jumlah PNS yang terdapat di seluruh wilayah Indonesia mencapai kurang lebih 4,6 juta orang.

Jika penerimaan ini ditafsir begitu banyak maka ada kemungkinan penerimaan CPNS akan ditiadakan. Meskipun masih menjadi rencana atau polemic, tapi pihak pemerintah akan terus melakukan pemantauan. Jika dirasa tidak sesuai apalagi jika semua itu hanya akan mengganggu proses reformasi dan birokrasi yang ada di Indonesia.

Pemikiran yang sangat jernih untuk mengambil keputusan ini memang benar-benar harus dilakukan dengan baik. Namun disisi lain penambahan jumlah PNS nantinya disebabkan adanya kekurangan jumlah pegawai yang telah dikaji pada Kemenpan-RB. Yuddy juga tak lupa menambahkan bahwa terkait keseluruhan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sudah melakukan pendaftaran sesuai dengan prosedur yang sudah ada dan bagi mereka yang sudah lolos nantinya akan mengikuti proses selanjutnya. Hal ini memang wajib dilakukan dan pastinya sesuai dengan prosedur penerimaan yang sebelumnya telah ditetapkan oleh pihak panitia penyelenggaraan Tes CPNS.

Bagi mereka yang sudah lolos pada tahap pertama otomatis akan mengikuti tes yang berikutnya. Tentu mustahil jika orang yang sudah lolos pada tahap pertama tiba-tiba harus diberhentikan begitu saja. Hal ini memang harus tetap dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ada.  Yuddy sebelumnya mengkaji adanya pelaksanaan moratorium ini setelah mendapatkan panggilan langsung dari Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla.

Dimana dalam pertemuan resmi tersebut Jusuf Kalla memerintahkan Yuddy untuk bisa melaksanakan moratorium tersebut selama lima tahun kedepan. Semua tentu berharap keputusan ini bisa menjadi keputusan terbaik dan mampu memperbaiki proses reformasi dan birokrasi yang telah ada di Indonesia. Semoga sedikit ulasan menarik yang kami sampaikan mengenai CPNS diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda lebih banyak lagi mengenai hal tersebut. Semoga bermanfaat dan pantau terus perkembangan berita di Indonesia.

Kisi-kisi Soal CPNS 2017

Check Also

Ini Syarat Daftar Seleksi CPNS 2018

Pemerintah bakal kembali membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di 2018. Nantinya, pembukaan lowongan …

One comment

  1. Trus kelanjutan mengenai honorer K2 gimana??
    Klo memang moratorium tuntaskan dulu permasalahan K2 jangan gantung nasib ratusan ribu manusia yang butuh kepastian mengenai nasib dan masa depan pengabdiannya terhadap pemerintah.

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.