Soal CPNS 2018

Nilai Batas Kelulusan CPNS

Untuk CPNS tahun 2014 ini pemerintah telah mengeluarkan kebijakan mengenai naiknya suatu nilai minimal (Passing grade) kelulusan CPNS. Nilai batas tersebut diberlakukan untuk seleksi tes kemampuan dasar (TKD) pada tahun 2014 yaitu pada kelompok soal TKP (Tes karakteristik Pribadi). Kemudian untuk kelompok soal tes lainnya tidak mengalami kenaikan tentang nilai ambang batasnya. Adapun rincian nilai ambang batas (passing grade) pada masing-masing tes tersebut adalah 75 pada Tes Intelengensia Umum (TIU),untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 70, nilai batas Tes Karakteristik Pribadi (TKP) adalah 105.

Untuk nilai ambang batas dari seleksi Tes Karakteristik Pribadi (TKP) mengalami kenaikan yang mulanya 126 pada tahun 2013 lalu menjadi 271 pada tahun 2014 ini.  Seorang CPNS bisa dinyatakan lulus apabila mampu mencapai presentase kriteria yang ditetapkan. Misalnya CPNS dinyatakan lulus jika mencapai 75%  dari nilai maksimal TKP, kemudian 50% dari nilai maksimal TIU, serta 40% dari nilai maksimal TWK. Adapun untuk ketentuan tersebut telah tertuang dalam suatu Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Nomor 29 Tahun 2014 yang berisi tentang Nilai Ambang Batas TKD CPNS tahun 2014.

Nilai batas kelulusan CPNS harus dapat dipenuhi semua oleh peserta seleksi CPNS agar dapat dinyatakan lulus. Sebab telah dijelaskan apabila seorang peserta mencapai nilai yang tinggi namun ada salah satu kelompok tes yang kurang dari kriteria ambang batas atau kurang memenuhi Passing grade, maka peserta tersebut akan dinyatakan tidak lulus. Disamping harus mencapai nilai yang tinggi maka untuk peserta CPNS juga diharapkan mampu memenuhi suatu passing grade.

 Bagi peserta CPNS yang dinyatakan lulus, maka dapat melanjutkan tes CPNS selanjutnya yaitu Tes Kemampuan Bidang (TKB). Pemberian nilai untuk tes wawasan kebangsaan untuk soal benar diberi nilai 5 dan 0 untuk soal yang salah. Sedangkan pada TKP pemberian nilai dari 1 s.d 5. Bagi peserta CPNS yang menjawab soal dengan benar semua akan mendapatkan nilai  sebesar 500. Demikian informasi nilai batas CPNS 2014.

Kisi-kisi Soal CPNS 2017

Check Also

Apa sih bedanya CPNS dan PNS?

Tahun 2018 ini pemerintah bakal kembali membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Hal itu …

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.