Soal CPNS 2016

Pemerintah Buka 300 Formasi Untuk Disabilitas

Kaum disabilitas merupakan kaum yang mempunyai keterbatasan fisik dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Namun sebagian dari mereka mempunyai kelebihan kemampuan yang sama dengan orang normal. Oleh karena itu pemerintah Republik Indonesia memberikan kesempatan kepada meraka untuk mengikuti seleksi CPNS. Pemerintah telah menyediakan 300 formasi khusus yang ditujukan untuk kaum disabilitas. Tentunya formasi yang disediakan tersebut diperuntukan bagi kaum disabilitas yang berkompeten dan mampu membuat perubahan yang lebih baik.

Adapun pelaksanaan seleksi CPNS untuk kaum disabilitas tersebut dilakukan dengan formasi khusus untuk golongan II dan III yang telah dikoordinir Kementrian Sosial. Tidak hanya itu kaum disabilitas tersebut juga dibebani oleh persyaratan yang sama dengan para peserta CPNS pada umumnya. Dimana dibebankan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) paling sedikit 2,50 dengan formasi yang sama. Kaum disabilitas yang diberikan kesempatan mengisi 300 formasi tersebut diharapkan berkompeten dalam identifikasi kualifiasi jabatan. Hal tersebut dijelaskan oleh Kepala Biro Hukum Komunikasi dan Informasi Publik (HKIP) Kemen PAN-RB.

Sedangkan beberapa informasi mengenai pengumuman bisa dilihat melalui online di portal Panitia Seleksi Nasional atau bisa juga di portal CASN Disabilitas Kemensos. Pengumuman tersebut secara resmi akan ditampilkan pada tanggal 28 Oktober 2014. Bagi penyandang disabilitas yang lolos seleksi dapat melakukan pendaftaran secara online sejak tanggal 4-18 November 2014 pada portal CASN Disabilitas Kemensos. Akan tetapi bagi anda penyandang Disabilitas yang sudah melamar di formasi umum pada seluruh instansi maka tidak dapat melamar lagi di formasi yang disediakan khusus untuk Disabilitas.

Adapun 300 formasi yang disediakan bagi kaum Disabilitas tersebut akan ditempatkan pada bagian Kementrian atau suatu Lembaga.  Perlu anda ketahui bagi penyandang Disabilitas, bahwa pendaftaran online hanya dapat dilakukan dari dalam negeri melalui portal CASN Nasional, jika sudah berhasil makan anda secara otomatis akan mendapatkan suatu nomor register atau nomor pendaftaranserta formulir pendaftaran yang kemudian harus anda kirimkan berkas lamarannya. Jika anda telah lulus seleksi Administrasi maka bisa melanjutkan tahapna berikutnya.

Kisi-kisi Soal CPNS 2017

Check Also

Lowongan CPNS Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) 2017

CPNS LIPI – Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 53 …

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.