Thursday , 24 July 2014

Pemohon Kartu Kuning di KBB Melonjak

Pemohon kartu kuning (KK) di Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kab. Bandung Barat (KBB), mengalami lonjakan yang cukup berarti. Kondisi itu terjadi seiring rencana penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2010.

"Peningkatannya sudah terlihat hampir satu bulan terakhir ini," kata Kasi Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja Dinsosnakertrans KBB, Sutrisno, Selasa (19/10).
Menurut Trisno, sejak adanya kabar rencana penerimaan CPNS, jumlah pemohon setiap hari mencapai 80 – 100 orang. Sedangkan pada hari biasa, berada di kisaran 20 orang.

Meningkatnya pemohon KK dan mengingat wilayah KBB yang cukup luas, menyebabkan Dinsosnakertrans membuka pelayanan KK dari mulai pukul 08.00-16.00 WIB.
Ia mengatakan, pada dasarnya KK diperuntukkan bagi pencari kerja. Namun di sisi lain, jumlah pemohon KK bisa menjadi database Dinsosnakertrans, dalam mengukur persentase pencari kerja di wilayah KBB.

Dalam potensi pencari kerja atau yang disebut Informasi Pasar Kerja (IPK) ini, tambah Trisno, tergambar dalam jumlah total para pencari kerja dan latar belakang pendidikannya.
Dinsosnakertrans juga memasilitasi Bursa Kerja On-Line, yang dibangun untuk menjembatani para pencari kerja dan pengguna tenaga kerja, guna mempermudah proses rekruitmen. Seperti mulai dari tahap penyebaran informasi, sampai tahap penerimaan tenaga kerja.

Dalam pembuatan KK, lanjut Trisno, para pemohon diharuskan melengkapi persyaratan pasfoto ukuran 3×4, fotokopi KTP, fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisasi. Selain itu, juga diharuskan membawa ijazah asli dan transkrip nilai yang asli untuk diperlihatkan.

Untuk tesTing CPNS
Sementara itu, salah sorang pemohon KK, Nike Angia (23), warga Kp. Sukamanah, Desa Pangauban, Kec. Batujajar, KBB, membenarkan permohonan KK itu dibuatnya untuk kelengkapan persyaratan dalam pendaftaran testing CPNS.
"Selain untuk testing CPNS, juga buat melamar ke tempat kerja lainnya," kata Nike yang merupakan lulusan FISIP Unjani ini.

Hal senada juga disampaikan Ridwan (25), warga Desa Cilame, Kec. Ngamprah, KBB. Begitu mengetahui informasi kalau testing CPNS akan dilaksanakan November 2010, ia pun mempersiapkan lamaran dengan membuat KK. "Katanya ada testing CPNS bulan November ini, biar enggak ribet persyaratannya disiapkan dari sekarang, termasuk KK," katanya.

Diperkirakan pemohon KK di wilayah KBB akan terus meningkat, seiring dengan semakin dekat pelaksanaan testing CPNS yang akan dilakukan secara serempak.
Bahkan di KBB quota pengadaan CPNS yang direkomendasi Menpan, sebanyak 179 untuk peserta umum. Diperkirakan testing CPNS di KBB, akan diikuti sekitar 15 ribu sampai 20 ribu pelamar.[VIA]

Leave a Reply

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.