Soal CPNS 2016

Pendaftaran CPNS dibuka Juli, ini kriteria pelamar jadi prioritas

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Yuddy Chrisnandi mengatakan ada beberapa kriteria bagi pelamar umum di luar sekolah kedinasan dan kesehatan, untuk menjadi prioritas dalam perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2016.

Kriteria ini diperlukan untuk menyaring CPNS yang berkualitas, baik dari sisi pengetahuan maupun integritasnya. Sehingga PNS akan terbebas dari segala bentuk tindakan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

“Proses rekrutmen harus sesuai dengan ketentuan UU. Kita harus menjamin proses seleksi tersedianya SDM aparatur yang berintegritas, berpengetahuan luas, dan profesional. Jadi mau tidak mau seleksi akan sangat ketat dibanding masa sebelumnya,” kata Yuddy di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (26/5).

Dia menyebutkan, pelamar umum yang didahulukan adalah sarjana-sarjana berprestasi dari perguruan tinggi ternama, baik negeri maupun swasta. Sebisa mungkin, perguruan tinggi tersebut memiliki akreditasi A dengan program studi yang telah mendapat sertifikasi baik.

“Mahasiswanya juga mendapat Indeks Prestasi (IP) cumlaude, yaitu 3,75. Ini akan kita cari dan kita umumkan, kita akan berikan formasi khusus,” imbuhnya.

Yuddy menambahkan, pengumuman pendaftaran CPNS akan dilakukan pada bulan Juli 2016, dilanjutkan dengan proses rekrutmen pada bulan Agustus 2016. Sehingga pada bulan Oktober dan November bisa langsung dilihat siapa saja yang lolos menjadi PNS tahun 2016.

“Perkiraan saya pelamar umum 10 ribuan. Mahasiswa berprestasi sekurang-kurangnya 10 persen. semua bidang yang dibuka pemerintah untuk penerimaan CPNS bisa diisi,” jelasnya.

Kementerian Keuangan tahun ini hanya mengalokasi 81.000 kursi penerimaan pegawai pemerintah yang terbatas di sektor pendidikan, kesehatan, penegak hukum dan sektor penunjang program unggulan nawacita.

Dari total alokasi tersebut, sekitar 43.000 di antaranya sudah dialokasi bagi tenaga kesehatan, 11.000 bagi sekolah kedinasan, dan 5.000 bagi guru garis depan yang akan diambil dari sarjana lulusan universitas ternama. Sementara sisanya akan dialokasikan bagi tenaga peneliti, penegak hukum, tenaga ketahanan pangan dan lain sebagainya. Sumber: merdeka.com

Kisi-kisi Soal CPNS 2017

Check Also

Lowongan CPNS Badan Tenaga Nuklir Nasional 2017

CPNS BATAN – Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 55 …

76 comments

  1. Bapak mentri yg terhormat, kalo sy punya banya uang sy ingin kuliah d kampus ternama klo perlu di luar negri sekalian, keputusan bapak ini sam sj menindas kami yg hanya bisa kuliah d kampus yang biasa sj. Kami hanya mengandalkan pikirian dn tenaga kesabaran, kami mw salahkan siapa???? Dan bertanya sama siapa?????

  2. Cuma sarjana aja ya, yg lulusan Diploma bgmna? harus akreditasi A pula, knapa nggak diberlakukan utk semua universitas/prguruan tinggi yg terdaftar di DIKTI…?????????????????

  3. Agak binggung aq nya…mentrinya bodoh apa ya ..
    Point 1
    Mentrinya bego x ya penerimaan guru hnya untu guru GGD,falkutas ternama..apakah dlm hati mentri itu mahasiswanya atau lulusannya falkutas ternama g bisa lulus tes cpns dlm bersaing dng lulusan falkutas yg tdk terkenal
    Point 2
    Metrinya bego apa ya..klo hanya penerimaan cpns hnya terpusat pd lulusan falkutas ternama tolong tutup aja falkutas yg lain kasian banyak lulusan guru dr falkutas tidak ternama nganggur klo pun kerja gaji honornya g sebanding gaji pak mentri,mungkin gaji honor guru uang jajan anak mentri satu hari
    Point 3
    Mentri nya jng takut dunia pendidikan akan hancur klo guru lulus cpns yg bukan berasal dr falkutas ternama..bapak cukup benarin diri bapak aja..tu bangunan sekolah banyak yg rusak atau mau roboh alat perangkat media yg layak yg posisi jauh dr pusat pemerintah hampir 0 besar ada yg tampak cuma bangunan

    Buka lh kesempatan falkutas lain kami ngangur ini upah honor untuk uang besin aj kurang bukan sok bijak atau munafik hidup perlu makan juga.. pendidikan anak bayar itu mana ada gratis tema aja gratis apa cukup uang honor biaya in ank

    #mikirdong pak mentri

  4. Assalammualaikum..
    Pak saya lulusan univ muhammadiyah palembang sumatra selatan,jurusan FKIP pendidikan sejarah dengan IPK 3,70.apkah saya bisa mengikuti tes cpns jalur ni.??
    Nama saya Tina Agustini,asli orang sumatera selatan.
    Mohon info nya pak..karna saya sangat menantikan PNS tersebut dari tahun 2014.terimaksih

  5. Mahasiswa dri perguruan tinggi ternama blm tentu lbih baik dari prguruan tinggi biasa..universitas yg baru blm bisa langsung terakreditasi A..tp sdh mampu mncetak lulusan terbaik dgn IPK cumlaude.. Ap itu tdk bisa dpertimbangkan?? Bnyak mhasiswa yg pintar tp dr segi ekonomi tdk mampu sekolah duniversitas ternama.. Dgn ipk cumlaude tp akreditasi B apa itu tdk dperhitungkan?? Mungkin IPK msih masuk akal djadikn syarat utama..tp akreditasi dgn kmampuan krj apa berhubungan?? Kualitas kampus blm tentu bisa mnentukan kualitas mhasiswa..tp kualitas mahasiswa sdh pasti mampu mnentukan kualitas kampus..buat apa kampus ternama tp lulusan tdk brkualitas!!

  6. sirajuddin sjamsuddin

    Saya cenderung tidak sependapat dengan IPK yang dicantumkan…karena perbedaannya sangat signifikan ,masalah nilai berbeda pak.lululasan skarang dengan lulusan ditahun sebelumnya IPK berbeda..tolong di ralat kembali tentang IPK…ini tidak konsekwen pak.kami sudah menjadi honorer puluhan tahun tapi ngga pernah diperhatikan..kemana ijasah sarjana yang kami sandang.percuma saja kami kuliah tetapi akhirnya tidak ada pekerjaan yang layak buat kami…

  7. alangkah lucunya mahasiswa indonesia, pengen yg enaknya aja mau nilai bagus tpi nongkrongnya dikantin, diwarnet, kuliahnya malas2an dll. dapat nilai pas2an ngoceh sana- ngoceh sini. peraturan diperketat kebakaran jenggot, jgn menyalahkan org lain, dan mencari beribu alasan atas kesalahan kita sendiri. mari kita intropeksi diri, jika tidak memenuhi syarat kita masih punya kesempatan & rezeki dit4 lain dan yg penting mau berusaha

  8. Hahaha jadi PNS pasti pikir nya gaji tinggi tunjangan besar, hidup terpenuhi kerja leha leha
    Dengan begitu aja kalian sdah salah
    Klo w pribadi gk bgitu tertarik jd PNS
    Krn kita itu bkerja & berkarya, bersyukur dg ap yg didpat saat ini yg penting berkecukupan.
    Bkn nya mengharapkan belas kasih dari negara
    Silahkan berlomba2 memperkaya diri
    Hahahahaa

  9. Udah lahh..semua manusia yg tidak beriman itu rakus..yg sdah diatas psti lupa krn ad ny ksmptan, baik yg tau agama & yg tdk tau agma.tetapi alangkah lebih baik mereka yg tau agama, setidak ny mrka msih bs menahan diri dr prbuatan buruk & cari lah org2 yg rasa nasionalisme ny tinggi. Meskipun smua org klo udh diatas pny jbatan lupa akn sglanya.
    Mncari ipk tinggi namun moral bobrok mau dbwa kmn nasib ibu pertiwi kita.

  10. Maksud formasi 5000 guru garis depan diambil dari lulusan universitas ternama bagaimana? trus apakah juga prioritas/ khusus bagi yg sudah mengikuti program sm3t yg telah menyelesaikan PPGnya? trus bagaimana nasib ribuan teman” sarjana yg tidak mengikuti program tersebut? Terimakasih

  11. Mengapa ipk menjadi salah satu syarat dalam penerimaan cpns???emang loe kira klo ipk nya tinggi da hasil otak nya ya???

    • Menurut saya itu merupakan bntuk apresiasi negara untuk mahasiswa cumlaude, agar nantinya mahasiswa mahasiswa lebih memperhatikan pendidikan, ga cuman kuliah asal lulus

  12. sarjana aja ya? D3 gk bisa dong ya? :'(

  13. Kalo liat IPK apa kabar sayalah??? Kkkkk… Bener2 dah… Wes golek kerjaan laen ae, ra dadi PNS rapopo. Seng panting kerjaane halal ketimbang dadi PNS basil nyogok.

  14. Kalo yg d cari berdasarkan ip…trus yg ipnya rendah pda mau d kemanain…pdahal ip tinggi belim tentu hasilnya sendiri..sekara g bamyak ip tinggi tpi nembak…wallahualam…

  15. kenapa harus ipk pak…. karna jika dituntut seperti tu akan terjadi kecurangan dalam perkuliahaan…. nilai yang diperolehnya bisa saja bukan hsil jetih payahnya… ttpi kecurangan tuk dptkan tu…. jika memang haru$ ipk… harus dites dilu kemampuannya jangan asal ipk tinggi….
    ya saya berharap peraturan ni berjalan maksimal ttpi ujung2 nya pasti duit……..gimana tidk korupsi dari awal saja dah salah……… nyogok sinilah…. itulah…. saya berdoa mudah2an penerimaan cpns ni dilakukan secara adil dan jujur…….

  16. Pemerintah sekarang tidak mempertimbangkan.. banyak teman-teman sudah mengabdi puluhan tahun seperti saya sudah mengabdi 25 tahun.. jangankan tuk diangkat.. diusulkan saja tidak oleh pimpinan. hanya tenaga dan fikiran saya saja yang diperas… tahun 2001 saya diminta 25 juta oleh oknum kepegawaian Pemda DKI (Diklat Prov. DKI) cari kemana… Tahun 2006 diminta 50 juta.. eh yang mengabdi tahun 2001 s.d 2005, sekarang dah diangkat jadi CPNS… Pemerintah macam apa ini… No Pengabdian… yang ada uang masuk terus…. bangsat Pemda DKI Jakarta..

  17. Kenapa harus melihat dari IPK yang tinggi dan Perguruan tinggi ternama, kenapa tidak mencoba melihat dari sudut pandang orang yang tidak mampu dalam membiayai kuliahnya di perguruan tinggi ternama dan lebih memilih PT biasa, alhasil bisa mndpatkan ilmu yg mngkin tdk jauh berbeda dri yg lain, coba di fikir brp banyak pnduduk yg miskin di indonesia karena pekerjaan hanya sebagai honorer yg gajinya sedikit dan pengeluarannya untuk hidup lebih banyak, di tambah lagi org yg tidak bisa kuliah karena tidak mempunyai uang untuk kuliah di PT ternama, sehingga jika praturan sperti itu hanya utk mngejar PNS, maka kemiskinan di indonesia akan bertambah, ingat lulusan terbaik lebih sedikit dibandingkan lulusan biasa, dan PT ternama lebih sedikit di bandingkan dengan PT biasa… Terus yang biasa2 saja ini mau di bawa kemana..? apakah mau di suruh jadi tukang parkir, petani, nelayan, dll..? Dimana letak keadilan yang diberikan kepada rakyat indonesia… apakah bisa dijamin lulusan terbaik dan perguruan tinggi ternama bakalan tidak korupsi???

  18. rejeki niku sampun wonten ingkang ngatur, nyambut damel mboten kedah dados PNS, kathah kok, damelan ingkang halal lan sae. monggo sinten kemawon ingkang njankepi kriteria tumut tes, menawi mboten gadhah kriteria sae kados kulo mending ngopi mawon ndak edan 😀 sak empune nyambut damel ingkang barokah. -re ABL

  19. cpns have,personality,propesionalty,presentasi

  20. ya……. gak ada harapan dech…..
    ok…. cari yang lain aza…

  21. IPK kah yang menentukan kualitas seseorang. IPK saya rendah karena saya g pnya uang untuk diberi ke dosen, saya juga ngak pande menjilat. Seandainya saya punya uang dan pande menjilat, jangankan 3,75, 10,75 PUN BISA……………………………..

  22. kenapa Harus dibedakan dari Universitas ternama dan universitas tidak tenama? yg jelas kan sudah terdaftar di Dikti. setiap individu memiliki batas kemampuan yg berbeda. universitas ternama jelas lebih besar biayanya, apa orang kecil yg niat keras untuk kuliah gak bisa memilih untuk kuliah di kampus yg lebih murah biaya pendidikanNya?
    dan Masalah IPK, bukannya IPK 3.51 sudah termasuk Cumlaude? kenapa harus 3.75?

  23. Buktinya skrg indonesia banyaknya cuman jadi ladang terong buat orang2 asing yg punya modal gede ….mana orang2 pintar, ipk gede yang ada pintarnya ambil fee sama korupsi aja

  24. hahaha hari gini masih mau jadi PNS , memang yg IPK tinggi mau melamar jadi PNS ada peluang yg lebih bagus daripada PNS untuk yg berprestasi . . . tapi kalau standarnya IPK dan Cumlaude yah nilai diatas kertas dong . . . hahaha omong kosong

  25. cabut sj ijin operasional PT yg tdk ternama,,,,

  26. Ada gak formasi khusus bagi kami yang sudah menjadi tenaga honor lebih dati 5 tahun….

  27. terus berpegang teguh dengan ipk tinggi dan universitas ternama,terus nasib orang yg pintar nmun bkn universitas trnama gmn… indonesia lbh mlh Title ijazah di banding keahlian … ya beda c universitas ternama sama yg gk toh bayaranya juga beda itu pun kalo dapet nilai bagus jika di perguruan negri … nah terus klo g pinter kuliah aja pas”n di universitas biasa gk bisa donk jd pns … terus jd apa ya … keadilan hanya milik orang-orang terpilih dan pastinya mampu yg g mampu jd buruh orang luar indonesia yg pny perusahaan di indonesia … sdh lht itu bnyk yg minder jd nya … semoga dg syarat itu indonesia bisa jadi negara yg pintar dan gak di perbudak pihak asing di tanah surga ini.

  28. IPK yg tinggi tidak menjamin bahwa mereka memiliki akhlak/ moral yang baik..
    Kalau ini mau di terapkan di Negri ini hapuskan dulu sila ke5 dari pancasila “KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA….

  29. tolong diperhatikan guru honorer thn 2005 yg belum masuk K2,,sudah 11 tahun mengabdi.

  30. Kalo hanya berpacu pada IP tinggi dan universitas ternama takkan ada keadilan bagi indonesia ini,bagaimana nasib honorer yg udah bertahun_tahun tidak ada peningkatan.kalo bicara integritas dan kualitas hingga saat ini para PNS masih blum terlihat jelas dari kinerjanya,terkecuali wiraswastalah yg jauh lebih baik.

  31. hanya menilai secara obyektif saja, bukan dengan subyektif..mau dibawa kemana negara ini..

  32. Hendaknya kebijakan itu tidak menambah masalah baru. Kebijakan yang baik yang tdk memihak pd satu golongan

  33. Andwar Amazihono

    Ipk tinggi gk menjamin orang itu profesional, tpi lihat lah karya dn hasil kerja dn pengalamanny dlam berorganisasi pak buk.
    Tlong dipertimbangkan lagi, orang bapak dn ibu pernah menjalani susah senangny jdi mAhasiswa

  34. Nah loo jgn gagal paham deh dg yg dicari ipk tinggi…cuma dikasi formasi khusu n itu belum pasti formasi apa…yg jelas bukan lgsung jd PNS. klo yg IPK tinggi lgsung diangkat jd PNS tnp cat atau yg lainyya…bolehlah dijadikan bahan perdebatan pro bgi IPK tinggi n kontra bagi pengabdi atau honoror n IPK kurang dr kriteria diatas..terimakasih ..sekali lg fokuss jgn gagal paham apalgi salah paham..hehe

  35. Sangat miris,,, terlalu bijaksana. Perlahaan kemerataan mulai di hilangkan. “Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama”

  36. Begini lah indonesia, ipk tinggi dan universitas ternama gk jamin orang itu bisa kerja bagus ,profesional dan gk korupsi, udh banyak contohnya , pendidikan tinggi tetapi gk mencerminkan seorang yg berpendidikan, justru orang yg biasa biasa aja malah yang jiwa semangat nya tinggi, jujur dan tegas, kalau seperti ini mau jadi apa indonesia tercinta, yang berduit besar yang masuk, yang miskin di buang ! Jadinya banyak yg korupsi ,dan kerja bersantai santai

  37. IPK bukakn lah suatu jaminan orang tersebut pintar, rajin, jenius dsb,,,bisa saja nilai tersebut didapat dengan hasil nyontek dll
    banyak dengan IPK tinggi pas saat kerja tidak mencerminkan nilai tersebut
    banyak dengan IPK RENDah pas saat kerja begitu banyak mendapatkan prestasi melalui hasil kinerjanya.
    Apakah dengan IPK tinggi merupakan sebuah jaminan ????

  38. Saya kira bagus mengapresiasi kerjakeras slma kuliah ipk tgi diangkat pns.tak sia2 berpeluh belajar .. sedangka yg ipk rendah/ biasa msh dpt ikut bersama plmr umum .tetap semangat…mulai belajar yg keras agar lolos.

  39. Entah apaa yg melatarbelakangi syarat cpns adalah lulusan universitas ternama dan ipk 3.75 pdhl jelas sekali ipk besar bukan jaminan dr kualitas seseorang. Jujur saja saya berasal dr universitas trnama namun kini saya hanya jd seorang honorer, rasanya tdk adil sekali sekolah dgn biaya mahal namun hanya dhargai dgn bbrpa lembara rupiah, sblm jd honorer saya pernah bekerja di perusahaan swasta, dan rasanya terlihat sekali perbedaan kinerja pd keduanya, alhasil yg skrg saya berada dilingkungan org2 pns, namun saya malah kehilangan semangat untuk jd pns.

  40. berdoa saja semoga terobosan baru dari pemerintah ini menjadikan negara Republik Indinesia menjadi lebih baik,amin..

  41. masa yang di utamakan ipk tinggi,,, truss yang ipk rendah bagiaman ??? kalau bgtu ,, ada penerimaan cpns,,, harus melampirkan penglaman kerja,,, biar pas to,,,, karena yang ipk tinggi belum tentu punya pengalaman kerja dalam dunia kerja,,,, jadi adilnya bgtu saja,,,,,

  42. Omong kosong itu IP tinggi. Univ ternama. Kalau praktek uang masih berlaku..
    siapa banyak uang dia yg masuk..
    pejabat daerah masih banyak yg rakus..

  43. Yg diprioritaskan kok cuma perekrutan baru…yg udah ngabdi puluhan tahun ditelantarkan….pripun niku pak?? Kami juga sarjana pak…..

  44. Jadi yang tamat SMA belum bisa mendaftar ya?

  45. Aneh br kali ini ada kbijakan mslh IPK, ngk logis bget. IPK tngi it ngak menjamin pak. Jd ngk ad ksemptn donk bgi yg IPK ny rndah. 3,5 it bkn ny udah cumload pak? Knpa hrus 3,75. Perlu dpergtimbgkan lg deh pak. Kasian donk org2 yg pda mau ikt CpNs trhalang gra2 mslh ipk.

  46. Ini yang komen disini pada mempermasalahin IP, kayanya gak ada yg IP nya tinggi. Hehe

  47. kalo standarisasinya seperti ini hati makin mantap untuk satu kata yaitu “WIRASWASTA”
    maaf buat para PNS kalo kata2 saya kurang sopan…
    di kehidupan nyata yang saya lihat saya mendapatkan perbedaan antara PNS dan WIRASWASTA…
    perbedaannya adalah “PNS hidup untuk berhutang tapi WIRASWASTA berhutang untuk hidup”
    bagi PNS yg berpikiran pendek mungkin akan tersinggung dengan ini tapi bagi yang mengerti maksud perbedaan yang saya maksud pasti akan tersenyum dan hatinya akan mantap untuk berwiraswasta…
    semoga pimpinan negara senantiasa membimbing menuntun dan mendukung usaha kecil menengah untuk MANDIRI.

  48. Pemikiran yg sempit IPK jadi patokan…pdhl bnyk yg ipk nya tinggi mreka ga bs kerja…bnyk jg yg ipknya rendah atau pas2an bs lebih tekun kerja di banding IPK tinggi…wiss pokoke indonesia peraturane koplokk

  49. Standarisasi ip memang perlu hanya saja jgn terlalu tinggi. Demikian pula dengan akreditasi PT. sebaiknya bpk menteri harus tahu akar permasalahan. Jujur sj sy salah satu peserta ujian cpns tahun 2014 kemarin yg berhasil lulus. Dan saya mengakui sistem penjaringan tersebut bebas dari KKN. Hanya saja permasalahan yang ada sebebarnya perbaikan etos kerja dan perencanaan kerja yang baik.

  50. Intinya sih bkn IPK tinggi atau lulusan perguruan tinggi ternama melainkan UUD..

  51. Lihat pengalaman kerjanya sama.keahlian.yg dimiliki apalagi.dibidang IT rekrut yg bner2 memiliki keahlian bisa untuk menghemat pengeluaran..

  52. Jangan hanya dilihat dari segi nilai IP, kalo mau maju. IP ga menjamin ttg attitude dari seseorang tsb. IP rendah krn ada faktor lain, tapi mereka punya skill dan background yg baik yg anda tdk tahu. Jadi cobalah open minded deh jangan asal pilih harus IP tinggi. Maaf saya hanya ikut nimbrung, krn saya sangat kurang setuju dengan hal ini. Thanks.

  53. Brati PNS yg skarang ini ga berkualitas, IPK rendah dan KKN smua dong.
    IPK ga menjamin kualitas IQ seseorang pa. Bapa perna kulianga, di dunia perkuliahan nilai bagus atau jelek banyak faktor X nya pa.

  54. IP Tinggi, Univ. Ternama, apakah menjamin Kwalitas SDM yg tidak KKN?? bagus bagus bagus..
    Jadi perguruan tinggi lainnya digusur aja, karna ga dibutuhkan oleh pemerintah Indonesia..
    Slamat buat saudara² yg bercita² ingin jadi PNS

  55. Trimeygi Ginoga

    ngga adil. apalagi ada kalimatnya “menyinggung korupsi” menerima CPNS dilihat dari IP biar berkurang korupsi. nah solusinya bukan di IP Lah. banyak IP tinggi tapi tingkat Emotional dan Spiritual rendah. perlu dipertimbangkan lagi kayaknya kebijakan ini.

  56. gimana mau maju klo sistem nya gak terbuka gitu. Udah gak jaman klo cuma liat IP tinggi. Hanya memandang sebelah mata

  57. Apakah lululus dari universitas ternama menjamin kinerjanya kelak?
    Knpa harus dibedakan?
    Setiap individu berbeda. Tolong jgm dipandang sebelah mata. Trimaksih

  58. ok kita dukung program ini, tp apa iya dgn lulusan ipk demikian bisa menjamin lbh baik. banyak lulusan dibawah ipk standar tp memiliki integritas, memiliki jiwa pemimpin dan memiliki moral serta akhlak yg baik. kita tau semua rencana bertujuan untuk mendapat hasil yang terbaik tapi coba pikirkan lagi bagi yang lulusan di bawah standar ipk yg di tentukan harus bagaimana??? tolong dicek dewan2 yang sedang duduk manis dikursi mereka, bagaimana hasil nilai pendidikan mereka??? sekarang mau mendapat gelar sarjana, bahkan master bisa di manipulasi untuk nilai akhir. saya sangat keberatan dengan persyaratan ini. mohon dipertimbangkan. supaya jangan semakin besarnya tindak kriminal dan pengangguran negara ini. apakah orang2 yg di bawah persyaratan mencoba peruntungan sebagai TKI/TKW diluar negeri sana???? karena di negara nya sendiri sdh tidak diperhitungkan. tolong untuk perhatiannya.

  59. Saya tidak setuju dgn kebijakan itu. Sy lulusan dari universitas swasta gak ada peluang utk ikut seleksi. Ini gak adil.

  60. d kota sy banyak pegawai n mahasiswa dengan ip tinggi, tp bicara di forum gugup, buat soal n rrp suruh orang lain n komputer tdk tau oprasikan….untung ip tinggi

  61. IPK tinggi memang penting pak tapi kejujuran yg tinggi lebih penting…lagian kalo cuma teori aja yg dikuasi g kreatif pak…apa lgi tipe” orang yg text book…kreatifitas,inovatif,berintegritas tinggi itu yg dicari skarang pak…jadi saya harap komponen penilaian nya lebih detail lgi,kompenennya ditambah,yg muda,semangat, kreatif dan inovatif

  62. Sistem penerimaan tabu… controlnya bisa abu abu…sistem test terbuka lebih pas..IQ tinggi Blm tentu EQnya bagus… kemenpan ga logis.. untuk di daerah khususnya…syarat jd gubernur bupati ijasah sma aja sah…yang notabenya pengambil keputusan & punya kewenangan tertinggi. Tp syarat PNS tingginya selangit!!! Sepinter pinternya pegawai apa bs lawan bupati?? Logis aja lah selalu prioritas partai yang utama hak rakyat yang ditekan.!!!

  63. IPK yg tinggi tdk menjamin itu akan profesional dlm pkrjaan dan blm tentu jg itu nilai murni yg didpt di kmpus.ngapain jg membeda2kan.ksh kesemptan buat semua org yg mau ikut cpns.

  64. memiliki IPK yg tinggi belum tentu mereka mapu secara intelektual dan skil mereka bagus utk bekerja dilapangan menghadapi masyarakat. Kondisi umum ditanah Papua masih membutuhkan banyak Pegawai karena skrg yg terjadi adlh kekosongan PNS disemua Instansi. konsi Papua beda dengan kondisi d bagian barat.

  65. Bgus lah pemerintah lebih mementingkn ip tinggi…jd wajar klo mahasiswa melakukan brbagai plagiat untuk mendapt ip tinggi..tanpa ada.y integritas..

  66. JEFRIANTO SAPAN LEMBANG

    “Alangkah Lebih Baiknya Penerimaan CPNS 2016 Ini Tidak Dibeda-bedakan Antara Mahasiswa Yang Memiliki IPK Yang Tinggi Dan Rendah, Dalam Artian Diberi Perlakuan Yang Sama Terhadap Mahasiswa Yang Memiliki IPK Yang Tinggi Dan Rendah. IPK Yang Tinggi Yang Saya Maksud Disini ialah Diatas 3,50 Dan IPK Yang Rendah Ialah Di Bawah 3,00”

  67. masih berorientasi pada hasil akhir dengan melihat acuan IP, padahal banyak juga mahasiswa yang copi paste tugas atau jawabab ujian mahasiswa yang benar2 berprestasi..

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.