Friday , 19 September 2014

Pendaftaran CPNS Sulsel Awal November

Perkiraan penerimaan CPNS Sulsel Oktober ini nampaknya tertunda. Kendati usulan rincian formasi CPNS Pemprov Sulsel sudah diserahkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan), namun masih ada sejumlah agenda yang harus dilakukan.

Pemprov tinggal menunggu usulan formasi tersebut disetujui pemerintah pusat. Jika disetujui dalam waktu dekat, menurut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel A Murny Amien Situru, diperkirakan awal November pemprov mulai membuka pendaftaran CPNS.

Pihaknya tidak memastikan pendaftaran CPNS bisa dilaksanakan Oktober ini. Kendati keputusan Kemenpan sudah keluar namun, lanjut Murny, pihaknya masih harus menyelesaikan dulu persyaratan teknisnya.

"Kalau November itu kita sudah bisa mulai pendaftaran CPNS," ungkap Andi Murny, Minggu (3/10).
Mantan Kepala Badan Promosi dan Penanaman Modal Daerah Sulsel itu menjelaskan, tahun ini, Sulsel mendapat kuota 277 CPNS, masing-masing untuk tenaga teknis 114, tenaga kesehatan 150, dan pelatih olahraga 13 orang.

Untuk tenaga teknis, disiplin ilmu yang akan diterima tahun ini diantaranya untuk jenjang strata 1 yakni Teknik Sipil, Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Geologi, dan Teknik Arsitektur, Pertanian, Kehutanan, Perikanan, Peternakan, Hubungan Internasional, dan Ekonomi Profesi Akuntansi.

Jenjang D3 disiplin ilmu yang diterima yakni Teknik Sipil, Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Arsitektur, D3 untuk pranata komputer.
Untuk olahraga, Pemprov Sulsel menerima CPNS dengan berbagai disiplin ilmu namun tetap harus memiliki prestasi dibidang olahraga (atlet berprestasi).

Tenaga Kesehatan menyerap porsi terbesar dalam penerimaan CPNS tahun ini. Alasannya, Rumah Sakit Sayang Rakyat yang dibangun Pemprov Sulsel untuk melayani pasien kelas III mulai beroperasi namun masih kekurangan tenaga medis.

Rincian formasi untuk tenaga kesehatan yang akan diterima Pemprov Sulsel yakni dokter spesialis anak, dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis obgyn (kandungan), dokter spesilasi bedah, dan dokter spesialis jiwa.

Selain itu, pemprov juga akan menerima dokter umum, dokter gigim penyuluh kesehatan masyarakat, S1 Kimia Farmasi, Apoteker, D3 Kebidanan, D3 Rekam Medis, D3 Perawat, dan D3 Perawat Gigi.

Untuk mengantisipasi tidak ada pendaftar pada formasi dokter ahli, menurut A Murny, pihaknya berencana akan mengalihkan ke formasi dokter umum agar kuota yang diberikan Pemerintah Pusat terisi semua.

Berbeda dengan tahun lalu, seleksi CPNS tahun ini lebih ketat karena panitia penerima CPNS menyiapkan tes berlapis. Selain itu, standar yang ditetapkan juga semakin tinggi.
Tes yang harus dilewati pendaftar CPNS adalah seleksi berkas, tes akademin, tes kesehatan, tes wawancara, tes Bahasa Inggris, dan tes baris-berbaris. Selain itu, untuk pelamar CPNS berijasah S1, indeks prestasi kumulatif (IPK) yang ditetapkan minimal 3,00.

"Itu persyaratan yang dianjurkan pemerintah pusat. Pemprov Sulsel sudah siap untuk mengikuti prosedur tes tersebut. Kita ingin mendapatkan pamong yang berkompetensi. Kita berharap Sulsel menjadi percontohan di seluruh Indonesia dalam penerimaan CPNS," jelas A Murny. [via]

12 comments

  1. Jurusan perpustakaan bagaimana?

  2. TEtap Berusaha,. optimis dan semangat dalam berjuang untuk hidup,. menyalahkan bukan jalan menuju kesuksesan,. kita harus berusaha berjiwa besar,.

  3. apa tahu ini tidak ada lowongan untuk sarjana pendidikan?

  4. Wah klo g2 sy stuj dgn sodara Rhian klo nda ada uang baxk nda usah mndaftr pns it percuma,krn nepotisme itu sdah mnjdi pxkit HIV EIDs.

  5. sistem yg berlaku di stiap instansi, sistem koneksi dan sistem famili

  6. Lantas bagai mana dengan kami yg LuLusan S1 HUKUM..??
    .
    mau dikemanakan..??

  7. untuk kategori tenaga olahraga mohon jangan hanya sortir dari yang berprestasi (atlet) saja karena menurut saya tidak semua atlet bisa menerapkan apa yang dia miliki sementara ada sebagian orang yang kurang berprestasi di bidang tersebut tapi penerapan ilmu nya betul betul akurat…
    thankz…

    • AHh….skarng srba nepotisme omongksong dngn prioritas predikat prestasi itu hnya untk prmalitas buat menyingkirkan pendaftar2…..yng nga punya uang dan link di instansi……..

      • Hhehehehe….knapa pesimis frend….saya aja 2 kali mendaftar ngga lulus tp tetap optimis…toh nasib itu urusan Tuhan…..yg penting tetap berusaha dan ngga pesimis…..kl ada yg lolos pake pelicin…itu kan nasib dia..krna banyak juga yg lolos murni kok…tanpa pelicin…dan ada juga malah pake pelicin…tp ngga lolos2…jd kuncinya….GARIS TANGAN…!!!!

      • Alah…dmn2 tu y skrg,g’ bakalan lolos bung klo g’ pake’ plicin.cuma kmux aja yg g’ tau n diboongin.coba dech u surh dia trus trang.u pura2 mnt tolong spy u jg dbri jaln dgn mngeluarkn alasn2 yg menghrukn,pstix smua bakaln terbuka.bilng aja klo km pux uang skitr … kcuali pnmpatan d plosok,ad kemungkinn g’ pake plicin.
        ni buknx pesimis y?tp udah baxk ko’ yg qkerjai,so mereka trus trang n mo mmbantu. trus ni y,sy pux tman udah djnjikn lulus dngn duit 60 jt,tp sygx ni y,g’ lulus krn ad yg brani bayr lbh sbaxk 80 jt.apa g’ gila tu namax?pemerintah alias yg baxk sj uangx ni y,korupsi bsar bsarn. aplgi…
        kita2 ni yg blum berhasil,jgn prnah menyerah aja.ttap usaha n doa fren…
        rejeky g’ bakaln lari kmn ko’…
        yg salah tu klo kt g’ usaha n doa trus nuntut ini itu dr Tuhan…

Leave a Reply

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.