Saturday , 25 October 2014

Penerimaan CPNS untuk Atlet Berprestasi

Pemprov Sulawesi Selatan membuka seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bagi atlet berprestasi. Kebijakan baru ini merupakan apresiasi dan bentuk penghargaan kepada atlet olah raga yang mengharumkan nama daerah.

CPNS yang berasal dari dunia olahraga ini dipersiapkan sebagai pelatih olahraga dan akan ditempatkan pada dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel. Penerimaan CPNS dilakukan melalui proses penyeleksian yang rencananya akan digelar setelah Idul Fitri.

Tahun 2010 ini, Kementerian Pemuda dan Olahraga memberikan kuota kepada Pemprov Sulsel untuk 13 orang.  Pada penerimaan CPNS 2009, Pemprov Sulsel mendapat kuota 42 tenaga atlet berprestasi. Hanya saja, dalam proses seleksi berkas, dari 19 pendaftar hanya 10 orang yang dinyatakan memenuhi syarat kualifikasi. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel Andi Murny Amien Situru, mengemukakan atlet yang diterima tersebut harus memenuhi persyaratan dan standardisasi yang ditetapkan pemerintah yang tetap mengacu pada tahun-tahun sebelumnya.

Jumlah pendaftar dinilai sangat sedikit karena pemerintah menetapkan perolehan medali sebagai syarat. Untuk tingkat olimpiade, ditetapkan syarat memperoleh medali minimal perunggu. Sementara, untuk kompetisi setingkat Asian Games atau Sea Games, syarat minimal meraih medali perak.

Untuk tingkat Pekan Olahraga Nasional (PON), ditetapkan syarat minimal yaitu memperolah medali emas. Untuk penerimaan 2010 ini, formasi atlet yang diterima diantaranya, bidang karate perorangan dan beregu, tinju, tenis meja, dan taekwondo.

Dalam tingkat nasional, jumlah atlet berprestasi yang akan diserap mencapai 1.000. Jatah atlet dari Kementerian Pemuda dan Olahraga tersebut, dibagi pada 33 provinsi di Indonesia.

Untuk formasi CPNS yang diterima Pemprov Sulsel tahun ini, A Murny mengemukakan pihaknya telah mengusulkan ke pusat penerimaan pegawai sebanyak 944 yang terdiri dari 640 orang tenaga media, 289 tenaga teknis, dan sisanya 15 orang untuk tenaga administrasi. Namun, kata A Murny, belum tentu usulan yang diserahkan ke pemerintah pusat bisa dipenuhi seluruhnya. Kuota yang akan diberikan ke Sulsel akan dikondisikan dengan kemampuan negara. Diperkirakan pula, formasi jatah CPNS untuk Pemprov Sulsel akan diserahkan pemerintah pusat usai lebaran tahun ini

Leave a Reply

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.