Monday , 28 July 2014

Pengangkatan Honorer K1 jadi CPNS Bulan September 2012

Ini kabar bahagia bagi para honorer yang sudah masuk kategori satu (K1). Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) akan mempercepat proses penetapan status para honorer tersebut menjadi CPNS. Rencananya, penetapan SK CPNS oleh instansi dimulai minggu ketiga September hingga akhir November 2012.  

"SK CPNS ditetapkan oleh masing-masing pejabat pembina kepegawaian (PPK). Pusat lewat Badan Kepegawaian Negara (BKN) hanya menetapkan Nomor Induk Pegawai (NIP). NIP ini yang menjadi dasar bagi PPK untuk menetapkan SK CPNS," tutur Azwar di Jakarta, Selasa (3/7).

Mengingat SK CPNS mulai ditetapkan pekan ketiga September, maka NIP sudah mulai dikirimkan BKN ke masing-masing instansi baik pusat maupun daerah sejak awal September. "Ini memang dipercepat agar honorer K1 yang sudah clear bisa cepat mendapatkan SK dan NIP," cetusnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, di dalam rapat kerja Komisi II DPR RI Selasa (26/6), Menteri PAN&RB menyebutkan kalau NIP honorer K1 sudah mulai diproses secara bertahap.
"Tapi yang mulai diproses itu hanya untuk data honorer K1 yang sudah clear ya. Artinya tidak ada masalah dan hasilnya sudah final baik dari penilaian BKN maupun Badan Pengawasan Keuangan Pembangunan (BPKP)," terang Azwar saat itu.

Dijelaskannya, awalnya usulan data tenaga honorer K1 dari 38 instansi pusat dan 485 instansi daerah mencapai 152.310 orang. Namun setelah dilakukan verifikasi dan validasi (Verval) yang memenuhi kriteria adalah 72.350 orang. Angka ini menciut lagi setelah dilakukan uji publik data tenaga honorer. Di mana ada sanggahan dari sembilan instansi pusat dan 203 instansi daerah.

"Angka pastinya belum ada karena masih ada verval ulang. Tapi mengingat ada 282 instansi daerah dan 29 instansi pusat yang sudah clear datanya, maka pemerintah mengambil kebijakan untuk memproses usulan penetapan NIP," bebernya.

Kalau harus menunggu penyelesaian verval ulang, lanjut Azwar, sama saja menyiksa tenaga honorer yang hasilnya baik. Itu sebabnya, pemerintah mengambil langkah mendahulukan pemberkasan NIP honorer K1 yang sudah final.

"Paling tidak ini sebagai reward bagi daerah yang benar-benar menyodorkan data valid dan tidak ada manipulasi. Bagi instansi yang datanya disanggah harus menerima proses pemberkasan NIP-nya jadi terlambat," tandasnya.(esy/sumber:jpnn.com)

9 comments

  1. walau pun aku bukan tenaga honorer, tapi aku sangat mendukung pengangkatan para honorer yang sudah panjang masa kerjanya, di bandingkan pengangkatan CPNS baru yang hanya diadakan secara terbuka buat umum eh ujung2nya dibekingin dengan proses KKN, kalau pun ada pembukaan LOWKER CPNS baru lebih baik berkompetisi secara adil, sesuai dengan kemampuan SDM jangan kemampuan keuangannya. buat teman2 yang bukan honorer jangan sirik sama yg mau diangkat, dan sookk pinter gitu.

  2. perang teru…………………sssst,mau dibawa kemana bangsa ini wong generasinya seperti ini,HHEEMM,…damai,…DAMAI,…DaMai Kawan

  3. hmmmm krn indonesia terlalu banyak orang pinter jd lulusan bnyak, yg honorer jg dh terlalu banyak, gmn cb, jln keluarnya, yg dibutuhkan sangat minim sedang lulusan semakin bnyak, semua pinter2 dan intelektual smuanya

  4. hae temen2 anda itu kayaknya orang yang ga pernah makan sekolahan semua kalau ngomong yang bagus dong jangan asal ngejeplak wae. anda katanya orang intelek kok ngomongnya kaya sepiteng gitu

  5. hahaha sip-sip

  6. penggangkatan cpns honorer harus dibatalkan. sebab SDM mereka sangat rendah. kasihan para lulusan sekolah terbaik yg ingin ikut mendaftar cpns. pemberkasan honorer yg sudah masuk ke BKN pusat harus di batalkan.

    • kalau ngomong tu pikir dulu kawan,jng sembarangan membatal kan keputusan yg sdah d tetap kan.kl mmang anda lulusan sekolah terbaik tentu gampang kan cari kerjaan.trus tahu dr mana anda cpns yg dr honorer SDM na rendah.kl ngomong tu mulut d jaga.

      • kawan david hasan yg teramat sangat ediot otak kamu dijaga juga yah… sama kelamin kamu dijaga juga yah.. setyawan mungkin kamu harus disodom dulu sama tukang gali sumur

    • 7 tahun honorer-temenku ada yg 20 tahun mengabdi

      COCOT MU MAS…. nak cedak wes tak idak2 cangkemmu!

Leave a Reply

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.