Soal CPNS 2018

PNS Mengaku Lebih Suka Pensiun Dini Dibandingkan Moratorium

Beberapa waktu lalu pemerintah memang sempat akan menggalakkan program moratorium, namun sayangnya banyak sekali para PNS yang berpendapat bahwa program ini kurang sesuai dan dan kurang pas dengan hati mereka.

Alhasil pemerintah dalam hal ini Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengusulkan agar nantinya Kemenpan RB menurunkan program pensiun dini pada PNS. Program pensiun dini memang jauh lebih baik, dimana pada usia 50 tahun menjadi masa yang sangat sesuai untuk para PNS berhenti melakukan aktifitas.

Presiden Joko Widodo juga berpendapat bahwa program pensiun dini tersebut sangat bagus, bahkan ia juga menginginkan ada penarikan wajah-wajah baru tapi harus diperoleh dari seleksi yang sangat jeli.

Pegawai Negeri baru tentu harus masuk dalam kriteria yang sudah ditentukan. Tak hanya pandai atau cerdas, mereka juga memiliki mental yang cukup kuat untuk menjalankan tugas serta fungsinya sebagai aparatur sipil yang telah terpilih. Kalau mereka sudah tua tentu membutuhkan istirahat dari setiap rutinitas yang ada, untuk itu tak ada salahnya untuk pensiun. Sebenarnya program moratorium sangat bagus tapi sayangnya negara ini kekurangan Eselon III atau level manajer untuk dapat mengarahkan Kepala Seksi yang ada. Hal inilah yang membutuhkan sebuah penekanan dan harus memiliki kemampuan yang lebih baik lagi. Kemampuan mereka harus terus diasah karena dianggap masih kurang.

Banyak juga yang beprendapat bahwa setiap sisi pemerintahan membutuhkan banyak pegawai yang harus menduduki jabatan pada masing-masing kementerian/lembaga. Untuk penempatannya sendiri juga cukup banyak mulai dari tenaga teknis sampai dengan tenaga administrative. Saat ini Indonesia memang dianggap belum mampu mengganti tenaga sipil administrasi dengan sebuah system teknologi (IT).

Mungkin beberapa tahun yang akan datang, pekerjaan pemerintah akan lebih mudah jika menerapkan system tersebut. Edwin mengatakan sekitar 50 tahun lagi Indonesia baru bisa menerapkan system teknologi (IT) dalam kegiatan pemerintahan. Itu tadi adalah sedikit ulasan menarik yang dapat kami sampaikan mengenai program pensiun yang diberikan oleh PNS. Semoga apa yang kami sampaikan diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda seputar dunia pemerintahan khususnya tentang PNS.

Kisi-kisi Soal CPNS 2017

Check Also

Ini Syarat Daftar Seleksi CPNS 2018

Pemerintah bakal kembali membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di 2018. Nantinya, pembukaan lowongan …

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.