Soal CPNS 2018

Proses CPNS 2011 Sulsel Dimulai

Proses awal pendataan kebutuhan calon pegaweai negeri sipil (CPNS) 2011 di Sulawesi Selatan (Sulsel) sudah dimulai.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel bahkan sudah mengajukan sekitar 300-an usulan formasi CPNS tahun ini ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara (Kemenpan) RI.

Kepala BKD Sulsel, Andi Murny Amin Situru, kemarin, mengaku sudah berada di Jakarta sudah menyerahkan hasil pendataan kebutuhan penerimaan CPNS di lingkup Pemprov Sulsel.

"Saya sementara di Jakarta untuk menyerahkan pendataan tahun 2011. Sudah kami serahkan tadi pagi (kemarin). Namun untuk tingkat kabupaten/ kota masih akan kami rapatkan. Mudah-mudahan minggu depan sudah bisa (rapat)," kata Murny kepada Tribun, tadi malam.

Secara terpisah, BKD Kota Makassar, Kota Parepare, dan Bulukumba juga juga sudah melakukan pendataan untuk kebutuhan pegawai tahun 2011.  

Semua daerah masih memprioritaskan tenaga kesehatan  dan guru untukm pengadaan CPNS tahun ini.

"Hasil analisa kebutuhan pegawai saat ini, guru kelas SD masih menjadi prioritas seperti tahun lalu. Kita masih kekurangan sekitar 600 hingga 700 guru kelas," kata Kepala BKD Kota Makassar, Sittiara.  

Sulsel
Proses penerimaan CPNS 2011 dimulai dengan tahapan pendataan yang kemudian dilanjutkan dengan tahapan pengusulan. Selanjutnya, usulan dari pemda akan digodok di kemenpan dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Murny menjelaskan sesuai pendataan kebutuhan CPNS untuk tahun ini salah satu alokasi terbesar penerimaan di lingkup Pemprov Sulsel diperuntukkan untuk tenaga guru yang akan ditempatkan di sekolah luar biasa (SLB) yang di bawah pengelolaan provinsi.

Selain itu, porsi penerimaan tenaga kesehatan masih menjadi prioritas penerimaan di provinsi. Berdasarkan hasil konsultasi dengan Deputi Pengembangan SDM Kemenpan RI, menurut Murny, porsi penerimaan CPNS provinsi maupun kabupaten/ kota juga diprioritaskan untuk tenaga pegawai tidak tetap (PTT).

Sekitar 30 persen usulan maupun jatah penerimaan CPNS 2011 akan diperuntukkan untuk tenaga PTT yang belum masuk pendataan tenaga honorer klasifikasi pertama maupun kedua.
Proses pendataan tenaga honorer untuk diangkat sebagai PNS sudah berlangsung sejak 2010 lalu. "Kami mengajukan banyak-banyak untuk sekolah guru luar biasa. Tenaga kesehatan juga masih prioritas. Selain itu,  kita hitung dulu berapa kita punya PTT yang belum masuk. Sebanyak 30 persen dari situ kita ambil. Hasil konsultasi kami, kemenpan katakan 30 persen diperuntukkan untuk PTT yang tersisa, sisanya untuk formasi umum," ujar Murny.

Pemprov Sulsel disebutkan mengajukan usulan sekitar 300-an penerimaan CPNS tahun 2011 lalu. Namun berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, kata Murny, biasanya kemenpan hanya menyetujui sekitar 30 persen dari usulan yang diajukan tiap provinsi maupun kabupaten/ kota.

Makassar
Siitiara mengatakan, Selain guru kelas, Makassar masih membutuhkan tenaga kesehatan untuk ditempatkan di sejumlah puskesmas.

Khusus untuk proses penerimaan CPNS 2011, pihaknya masih menunggu instruksi dari kemepan. "Secara resmi, surat dari pusat belum ada untuk pendataan kebutuhan pegawai," tambah Sittiara.

Proses seleksi CPNS diawali dengan terbitnya bimbingan teknis dari pusat tentang prosedur penerimaan CPNS. Selain itu, kemepan akan mengirim surat permintaan analisis kebutuhan pegawai.

"Biasanya, surat dari Jakarta disertai dengan soft copy kebutuhan pegawai. Setelah suratnya ada, kita akan bersurat secara formal ke instansi di lingkup pemkot," lanjut Sittiara.
Meski belum ada permintaan pendataan kebutuhan pegawai dari pusat, BKD Makassar sudah memiliki database kebutuhan pegawai.

"Kalau soft copy-nya sudah ada kita tinggal imput datanya. Setiap awal tahun, BKD melakuakn analisis kebutuhan pegawai tiap instansi. Itu bagian dari tupoksi kami," ujar salah satu orang dekat Wali Kota Ilham Arief Sirajuddin ini. 

Tahun 2010 lalu, Makassar menerima 210 PNS baru. Dengan perincian formasi 104 di antaranya untuk formasi guru. Sementara tenaga kesehatan 63 orang. Selebihnya 43 kuota untuk tenaga teknis.[via]

Kisi-kisi Soal CPNS 2017

Check Also

Presiden SBY : Moratorium CPNS Tidak Kaku

Pemerintah membatalkan melakukan moratorium (menghentikan) penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil), karena tetap akan menerima …

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.