Soal CPNS 2016

PTT Jangan Berharap Diangkat jadi CPNS

Berbeda nasibnya dengan tenaga honorer yang sudah bekerja sebelum 1 Januari 2005, para Pegawai Tidak Tetap (PTT) tidak akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Jika ingin menjadi CPNS, para PTT harus mengundurkan diri dari PTT dan mengikuti seleksi tertulis masuk CPNS seperti pelamar umum.

Ketentuan tersebut termuat dalam Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang PTT, yang rencananya juga akan diterbitkan dalam waktu dekat ini.

"Yang PTT, jangan angkat lagi lah. Nanti akan ada PP yang khusus mengatur PTT. Itu nanti yang akan mengatur," ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) EE Mangindaan saat menyampaikan sosialisasi RPP tersebut di Jakarta.

Bukan hanya itu, RPP juga mengatur, tidak semua pemda boleh merekrut PTT. Pemda yang memiliki Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang tinggi saja yang boleh merekrut PTT. Dan dibatasi maksimal hanya 30 persen dari PAD yang boleh diperuntukkan untuk membayar PTT.
Untuk formasi dan pengadaan PTT, seperi diatur di RPP, terintegrasi dalam formasi PNS, yang diusulkan masing-masing instansi sesuai kebutuhan. Formasi PTT ditetapkan oleh menpan-RB. 

Penempatan PTT berdasarkan Surat Keputusan Pejabat Pembina Kepegawaian, dengan masa penugasan paling lama setahun dan dapat diperpanjang lagi. PTT dapat bekerja hingga usia 56 tahun, kecuali untuk jabatan spesifik dan tertentu, setelah mendapat persetujuan menpan-RB.

Mengenai tempat instansi PTT bekerja, RPP juga mengatur bahwa tempat bekerja PTT adalah instansi pemerintah yang memiliki PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak), Sekretariat Lembaga Negara, perwakilan pemerintah RI di luar negeri, instansi pemda, dan Badan Layanan Umum Pusat dan Daerah yang memiliki PNBP/PAD yang memadai.

Bagi instansi pusat tertentu, pembiayaan PTT dapat dibebankan pada APBN berdasarkan keputusan menkeu setelah mendapat pertimbangan dari menpan-RB.  (sam/jpnn)

Kisi-kisi Soal CPNS 2017

Check Also

Honorer K2 Jadi PNS, Negara Butuh Rp 23 Triliun?

Politikus Nasional Demokrat (Nasdem) Akbar Faisal meminta pemerintah memikirkan cara menggaji honorer kategori dua (K2) …

30 comments

  1. kita bayak berkowar di web ini buat apa tidak didengar oleh presiden atau pejabat yang ngurusin pegawai pemerintah,… aq juga sebagai ptt…. merasa kecewa kami ptt juga masyarakat/rakyat… kami taat pajak.. kami taat peraturan.. kami sebagai ptt juga punya impian supaya bisa diangkat jadi pns…. jadi ptt kami setiap tahun ikut tes terus…. jika tidak lulus kami di keluarkan… kami punya keluarga yang harus kami kasih makan… jelas ptt itu tau cara kerja di instansi tersebut karena sudah biasa bekerja dalam bidangnya… sedangkan jika kita ambil orang2 orang yang baru lulus kuliah… itu pengalaman bekerja dalam bidang yang mereka pilih, mereka minim pengetahuan dalam bekerja.. maknya sering terjadi kesalahan karena waktu mereka di diklat cuma dia ajarkan tatacara kepemimpinan dan kedisiplinan serta pelayanan… jika sudah berada di instansi terkait itu tidak sama…… karena mereka baru mengalaminya semua kerjaan menjadi lambat dan acak2 acakan…..

  2. Hapuskan saja pensiun PNS. Rubah saja semua jadi sistem pesangon. Untuk menghemat uang Negara.

  3. makanya, orang korupsi itu harus dihukum mati, biar g makan uang rakyat terus, kapan majunya kalau indonesia masih ternak koruptor ahirnya ya gini jadinya rakyat sengrara,

  4. semoga cepat kiamat aja

  5. Andak kaya kuwi no Kang

  6. Hanya doa yang bisa kita lakukan sekarang…..
    semoga para petinggi negara insaf dan melihat dengan jelas nasib ptt ini.
    terus berjuang dan berdoa ya temen temen sejawat…….

  7. Pemerintah makin gak jelas aja, Mundur aja team yang membuat RPP tersebut diatas mendiskriminasikan PTT dan Honorer. padahl yang dah jadi PNS kinerjanya bobrok sikut sana sikut sini

  8. Makin gak jelas aja pemerintah membingungkan nasib PTT

  9. gmana nasibku dan PTT lainya yang sudah bekerja dari th. 2003 sampe skarang??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

  10. PAYAAAAAAAAAAAAAAAAAAHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHH

  11. harusnya yang utama ptt atau gtt dulu yang diangkat ,,,, masak baru lulus kuliah ikut tes masuk langsung jadi pegawai,,,,

  12. nda masalah klo PTT ngga d angkat CPNS, tp tolonglh kasih perhatiannya, setidaknya ada bantuan yg sifatnya bsa meringankan beban PTT, jangan guru trus yg dperhatikan,,,,, PTT jg punya peran penring dlam pendidikan,,,, cobalah jadi sperti kami yang PTT, enak ga rasanya mkan gaji 150rb per bulan,,,,

  13. pak menteri jgn asal ngomong donk, berapa ribu para pegawai PTT di negeri ini yang berharap diangkat menjadi PNS yang masa kerjanya sudah bertahun2. Manusiawi donk ???!!!

  14. wong g kuat mbayar kok ngasih aturan….realistis aja lah bro… wkwkwkwkkw

  15. menangislah….masak buruh yg g pakei ijazah itu UMR, terus yg Pakai ijazah jauh dibawah UMR..?????

  16. ngapaian juga komentar di web ini kl hanya skdar untuk mnjawab keluhan n unek2 kita ga ada repon dr Mempan, kementerian ataupun yg terkait,,malah kita yg beradu argumen yg pastinya jg ga akan ada solusi,,,,

  17. MAAF WAHAY RAKYATKU. EMANG Q TIDAK AKAN MENGANGKAT GTT DAN PTT. SOALNYA UANG NEGARA TIDAK MENCUKUPI UNTUK MENAMBAH PARA PEGAWAI BARU. SOALNYA SKRANG JA GAJI PARA PEGAWAI INDONESIA STIAP TAHUNYA NAIK. JIAN… YANG KAYA MAKIN KAYA…YANG MISKIN MAKIN MISKIN. SMBARANG KALIR’E MUNDAK KABEH…!!! TUR WONG CILIK MUNDAK REKOSO….

  18. jannccoooooooookk

  19. aku mengabdi sebagai PTT sejak 01 Agustus 2002 , dan masih aktif sampai sekarang , padahal dulu dijanjikan habis (diangkat) sampai 2009 , tapi kenapa kok jadi begini , dimana hati nuranimu wahai ptinggi negeri , jgn mentang-mentang kau punya kuasa , ingatlah kuasa ALLAH diatas segalanya. janganlah engkau terlena dengan kuasa

  20. kalau emang gak bisa di angkat , kenapa gak dari dulu , dimana nalurimu wahai para “petinggi negeri “, setelah aku 10 tahun mengabdi sebagai PTT, dengan honor mulai Rp 60.000/ bulan , dg ringan nya anda bilang” PTT jangan berharap diangkat jadi CPNS” .

  21. Beginilah nasib rakyat kecil. Kami sudah honor mulai awal tahun 2008 di pulau kecil di Kepri, jauh-jauh meninggalkan pulau Jawa. Bersama anak dan istri kami bermaksud mencari perubahan nasib sebagai guru honor / GTT di sebuah SMP Negeri tentu dengan besar harapan suatu ketika akan dapat diangkat sebagai CPNS. Tapi apalah daya….. Tuhan, Engkau Maha Adil. Kupasrahkan hidup kami kepadaMu, bukakanlah hati para pemimpin bangsa ini.

  22. PEMERINTAHAN SBY PEMERINTAHAN YANG G A G A L…………..HARUSNYA PERATURAN SEPERTI ITU BERLAKU NANTI UNTUK PTT TAHUN 2012……GIMANA DUNG YANG SUDAH TERLANJUR MENGABDI DARI TAHUN 2007-2011…??????????BAYANGKAN PENGORBANAN PTT BEKERJA BERTAHUN2 TANPA DI GAJI,,,KALO SALAH MASIH DIMARAHI…..UJUNG2NYA DIBUANG GITU AJA…DIMANA PERASAANMU PAK??????SUSAH MEMANG KALO TIDAK PERNAH JADI ORANG MISKIN……..INIKAH CARAMU MENSEJAHTERAKAN RAKYATMU…..?????????PEMERINTAHAN INI SANGAT MENGSENGSARAKAN RAKYAT INDONESIA…YANG KAYA MAKIN KAYA YANG MISKIN TAMBAH MISKIN……NYESEL AKU MILIH SBY………..

  23. biar dari pihak ptt susahnya berjuang dan bekerja keras demi masuk pns saya sangat dukung pihak pemerintah jd sama sama berjuang dr pihak jalur umum

  24. bagus lah semua ptt tdk bs diangkat jd apbn negara tidak membengkak hidup negara bangsa

  25. PEMERINTAH SBY
    ” PAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAARAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAH”
    Semoga Allah MEMBALAS kalian…

  26. Moratorium adalah Kegagalan pemerintah, itu tidak bisa ditutupi lagi. Jelas Itu adalah Kegagalan. BKN dimana pada waktu itu..? Terutama yang membidangi Pengendalian Pegawai..? PTT Juga Manusia yang patut diberi jalan. Saya tahu bahwa banyak dari tenaga honorer melakukan manipulasi (Scan) berkas kelengkapan, bahkan sampai dengan pembicaraan dana. Buka mata dong…!

    Harusnya Ditentukan dulu dengan jelas, batas penerimaan honorer bagi instansi ditutup kapan. Kasihan yang sudah 2007 atau 2008 masuk, untuk coba ke instansi pemerintahan melalui ujian CPNS_pun sudah terkendala Umur.

    Pemerintah sudah menegaskan bagi mereka yang bekerja 2006 s.d 2011 akan dijadikan PTT, dan kini RPP_nya ada ditangan Wapres. Padahal, mereka yang 2006 banyak melakukan manipulasi untuk dapat ikut pendataan yang lalu dengan merekayasa SK, DIPA, ataupun DPA, bahkan Scan Ttd Pejabat untuk meng_”gol”_kan aksinya. Seharusnya Pemerintah (BKN) Memberikan kelonggaran kepada para tenaga Honorer yang sempat masuk dan bekerja mulai tahun 2007, 2008, atau bahkan s.d 2010 sekalian, dengan didampingi surat edaran menteri atau yang mendukung utk itu dalam memberhentikan penerimaan Honorer baru di instansi pemerintahan. Ini kan tergantung situasi POLITIK…!!!!

  27. Kalo memang tidak boleh berharap di angat lewat pemberkasan apa mungkin di adakan ujian khusus aja buat mereka..tapi tidak berbarengan dengan uum

  28. sappam itu,apa termasuk ptt juga,klau berkerja d tpt pemeririntahan,tlong d jwab pak.

  29. Kalau akhirnya PTT gak dianggak jadi PNS knapa dulu didata? Kami diberi hrapan yang masa honorer mulai sebelum Januari 2005 juga di PNS kan. Tapi sekarang negara sudah membohongi lagi rakyatnya.

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.