Soal CPNS 2018

Putri Presiden RI Tidak Lulus CPNS Pemkot Solo

Putri presiden Jokowi ternyata tidak mendapatkan nilai sesuai dengan passing grade dalam mengikuti seleksi CPNS di pemerintah kota Solo. Putri kedua Jokowi yaitu Kahiyang Ayu dinyatakan tidak lulus seleksi CPNS (calon pegawai negeri sipil). Hal tersebut terlihat dalam pengumuman hasil CPNS pemerintah kota Solo pada tanggal 19 Desember lusa. Dimana, Kahiyang Ayu hanya mendapatkan nilai 300 dalam ujian tes kemampuan dasar atau TKD pemerintah kota Solo.

Pada papan pengumuman hasil tes CPNS Pemkot Solo yang tertera 53 nama dari 56 formasi itu, tidak terlihat tulisan nama Kahiyang Ayu. Banyaknya peserta yang mengikuti tes CPNS sementara formasi, yang dibutukan hanya sedikit sehingga untuk mencapai nilai passing grade penuh dengan perjuangan. Jadi, hanya orang – orang cerdas dengan nilai yang mampu memenuhi passing grade bisa lolos dan masuk dalam formasi sesuai dengan kebutuhan pemerintah. Sejumlah peserta seleksi CPNS, masih terus mengerumuni papan pengumuman itu lantaran mereka belum bisa menerima kenyataan.

Kahiyang Ayu, melamar untuk formasi pemeriksa pertama. Didalam formasi ini, nilai tertingginya adalah 421, 414 dan 409 dimana nilai ini masuk dalam passing grade. Sementara nilai putri Jokowi ini hanya 300 jelas saja tidak lolos sehingga gagal untuk menjadi tenaga kerja pemerintah kota Solo. Berdasarkan hasil tes CAT, putri kedua presiden Jokowi mendapatkan 55 poin dari tes wawasan kebangsaan, kemudian 95 poin untuk tes integensi umum serta, 155 dari tes karakteristik pribadi. Minimnya jumlah nilai yang didapatkan ini membuat putri kedua Presiden RI tidak mencapai keinginannya menjadi PNS di tahun 2014.

Sekertariat pelaksana tes CPNS pemerintah kota Solo, menjelaskan bahwa seleksi CPNS dilakukan oleh panitia seleksi nasional. Jadi, pemerintah kota Solo hanya mengesahkan saja tidak mengetahui tentang proses pelaksanaan tes CPNS tersebut. Terlebih, walikota Solo hanya membubuhkan tanda tangan saja. “Kahiyang Ayu sudah jelas tidak memenuhi passing grade  karena, nilai tes kebangsaan hanya 50 sementara batas minimalnya adalah 70” pungkas walikota Solo. Sehingga jumlah total passing gradenya tidak mencapai 400 dari situlah kesimpulannya bahwa Kahiyang Ayu tidak lolos.

Kisi-kisi Soal CPNS 2017

Check Also

Ini Jadwal Tes Kompetensi Dasar CPNS 2017 Tahap II

Sejumlah instansi Kementerian/Lembaga (K/L) yang membuka lowongan penerimaan CPNS Tahun 2017 Tahap Kedua, mengumumkan jadwal …

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.