Soal CPNS 2018

Rencana Moratorium CPNS

Dalam Pemerintahan baru yang dipimpin oleh Jokowi-JK, pengelolaan APBN semakin ketat maka mucul rencana tentang adanya moratorium CPNS yang akan berlangsung selama 5 tahun. Hal ini berarti rencananya program moratorium ini berlangsung selama pemerintahan Jokowi-JK. Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) merencanakan bahwa moratorium akan dimulai pada tahun 2015 yang akan datang. Melalui kegiatan moratorium ini pemerintah mampu melakukan evaluasi efektifitas terhadap kinerja dan jumlah PNS yang telah ada saat ini.

Program moratorium sebenarnya bukanlah kebijakan baru sebab pada saat Pemerintahan SBY juga sudah pernah dilaksanakan yaitu pada tahun 2011 hingga 2012. Namun yang berbeda dengan program moratorium kali ini akan berlangsung selama 5 tahun sehingga sebagian besar masyarakat menganggap hal ini sebagai berita yang buruk. Menurut Yuddy selaku KemenPAN-RB program moratorium atau penghentian sementara PNS ini dapat mengefisiensi anggaran biaya dan belanja pegawai yang dirasa saat ini cukup besar.

Untuk menganalisis beban kerja PNS maka KemenPAN-RB akan segera melaksanakan audit organisasi di seluruh unit organisasi. Maka dengan demikian Kementrian dapat menentukan besarnya angka yang pas untuk ditetapkan. Rencana moratorium yang akan berlangsung selama 5 tahun ini berkesan memberikan pemaksaan terhadap PNS untuk keluar dari kehidupannya. Maka hal ini akan berdampak terhadap psikologis, sehingga para generasi muda akan berfikir ulang mengenai cita-citanya untuk menjadi pegawai negeri. Selain itu moratorium yang berlangsung lama akan memicu terjadinya eksplorasi potensi diri yang lain.

Dengan berjalannya rencana moratorium ini akan terjadi suatu perubahan mental dan sikap pada generasi muda yang baru sehingga lebih gigih untuk membangun kemampuan diri yang lebih berkualitas, berkompeten, serta dapat memberikan pelayanan yang optimal. Dengan rencana moratorium ini diharapkan akan menciptakan pegawai yang memiliki nilai tambah dan kemampuan lebih sehingga mampu menjadi pesaing dan pelaku hidup yang yangguh dikalangan masyarakat serta pantas untuk di junjung martabatnya. Selain itu mampu meperbaiki nama PNS dimata masyarakat awam.

Kisi-kisi Soal CPNS 2017

Check Also

Ini Jadwal Tes Kompetensi Dasar CPNS 2017 Tahap II

Sejumlah instansi Kementerian/Lembaga (K/L) yang membuka lowongan penerimaan CPNS Tahun 2017 Tahap Kedua, mengumumkan jadwal …

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.