Soal CPNS 2018

Seleksi CPNS 2012 Ada, Khusus Guru, Tenaga Medis, dan Pekerjaan Mendesak

Kemen PAN dan RB (Kementerian Pendayaguanaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) telah bekerjasama dengan konsorsium 10 PTN. Kerjasama ini digadang cikal bakal terbentuknya sistem rekrtumen CPNS baru bebas KKN. Selain itu juga menjadi tanda-tanda akan segera ada seleksi CPNS baru.
 
Wakil Men-PAN dan RB Eko Prasojo di Jakarta, Minggu (29/1) menuturkan, memang tahun ini ada kesempatan bagi daerah untuk menjalankan seleksi CPNS baru. "Tetapi proses pengajuannya kebutuhan sangat ketat," katanya. 

Namun khusus tahun ini pemerintah juga membatasi formasi CPNS baru. Guru besar Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas itu menjelaskan, untuk seleksi CPNS baru tahun ini hanya untuk posisi tenaga pendidik dan tenaga medis. Tenaga medis ini meliputi dokter umum, perawat, dan bidan. 

Selain itu, juga dibuka kesempatan seleksi CPNS baru untuk  posisi pekerjaan yang mendesak. Saat ini, pekerjaan yang mendesak diantaranya adalah sipir atau penjaga lembaga pemasyarakatan (LP).
 
Meski sudah memastikan tahun ini bakal ada seleksi CPNS baru untuk beberapa posisi tadi, Eko belum bisa memberikan kapan persis penyelenggaraannya. "Masih dalam proses," kata dia. 

Dia menuturkan, akhir pekan lalu sudah menggelar pertemuan dengan beberapa kementerian dan lembaga terkait. Dalam pertemuan ini, semakin menguatkan jika pengadaan tenaga pendidik dan tenaga kesehatan baru menjadi prioritas rekrutmen CPNS baru tahun ini. Pertemuan ini juga menjadi start identifikasi jumlah kebutuhan pegawai baru di daerah.
 
Sebelum menjatuhkan kepastian kapan pelaksanaan CPNS baru tahun ini, Eko mengatakan pihaknya masih menunggu data laporan kebutuhan dari daerah. Indormasi laporan kebutuhan ini juga harus dilengkapi dengan laporan analisis jabatan dan analisis beban kerja. "Kita punya beberapa ketentuan dokumen yang harus disetor. Semuanya harus dilengkapi," katanya. 
 
Setelah dokumen lengkap, tidak serta merta usulan CPNS baru dikabulkan. Tetapi, akan melewati dulu proses verifikasi. Diluar posisi yang sudah ditetapkan tadi, Kemen PAN dan RB juga sudah berancang-ancang untuk  menggelar seleksi CPNS baru untuk seluruh formasi pekerjaan tahun depan.
 
Perkembangan usulan CPNS baru bisa dipantau di website Kemen PAN dan RB. Khusus di provinsi Jawa Timur (Jatim) per 20 Januari, rata-rata pemkot dan pemkab di provinsi ini baru menyerahkan form perhitungan kebutuhan PNS baru saja. Masih ada laporan lainnya, seperti proyeksi PNS selama lima tahun, uraian jabatan, analisis beban kerja, redistribusi pegawai, dan form usulan kebutuhan pegawai.
 
Sebagian kecil daerah di Jatim sudah melengkapi dokumen pengajuan CPNS baru dengan laporan analisis beban kerja. Contohnya di Kab. Malang, Kab. Nganjuk, Kab. Ngawi, Kab. Ponorogo, dan Kota Kediri. Sementara di Kota Madiun, Kota Blitar, Kab. Magetan, Kab. Lamongan, Kab Banyuwangi, melaporan dokumen usulan kebutuhan PNS terlebih dahulu. Dokumen yang lain belum mereka masukkan.
 
Eko mengatakan memang banyak sekali dokumen laporan yang harus diserahkan daerah untuk bisa menjalankan seleksi CPNS baru. "Seluruhnya harus komplit. Tidak boleh ada satu dokumen yang bolong," katanya. 

Upaya ini dilakukan dalam rangka profesionalisasi aparatur sipil negara. Dia berharap, formasi PNS baru yang diusulkan benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan riil di daerah. Bukan usulan yang mengada-ada seperti periode sebelumnya.
 
Sampai saat ini, pihak Kemen PAN dan RB terus sosialisasi terkait usulan kebutuhan CPNS baru. Untuk tenaga pendidik seperti guru, sudah diberlakukan aturan tersendiri. Misalnya, untuk guru TKN (Taman Kanak-kanak Negeri) ditetapkan satu guru negeri untuk satu rombongan belajar yang ada di satu kabupaten atau kota.
 
Selanjutnya, untuk guru kelas SDN ditetapkan satu orang untuk satu rombongan belajar di seluruh kabupaten atau kota. Aturan ini juga sama untuk usulan guru SLB Negeri. Sedangkan untuk guru Penjaskes dan agama, dihitung tiga kali jumlah sekolah yang ada di kabupaten atau kota.
 
Sementara untuk rumus usulan guru bidang studi di SMP, SMU, dan SMK adalah, mengalikan jumlah jam wajib sebuah bidang studi dengan jumlah rombongan belajar, lalu dibagi 24 jam. Untuk guru BP, aturan ditetapkan satu guru untuk 150 siswa. Jadi jika di sebuah sekolah ada 300 siswa, maka guru BP-nya ditetapkan dua orang.
 
Aturan tersebut tidak berlaku jika di dalam satu sekolah jumlah guru masih mencukupi. Daerah boleh mengusulkan jika ada sekolah yang benar-benar membutuhkan, karena tenaga pendidik yang ada sudah pensiun.

Kisi-kisi Soal CPNS 2017

Check Also

Ini Syarat Daftar Seleksi CPNS 2018

Pemerintah bakal kembali membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di 2018. Nantinya, pembukaan lowongan …

40 comments

  1. saya ingin sekali keja jadi PNS tapi pendidikanku cuma tamat sma ingin lanjut sekolah karna keadaan ga ada ekonomi kerja keras jadi pegawai suasta baliksana balik sini tak terkumpul untuk masa depan.ya allah jika ada jalan dan kesempatan untuk aku masuk pegawai pns aku akan tanggung jawab penuh dan ga akan sia2kan kesempatan ini,,,

  2. klw memang seorang pekerja di Intansi pemerintah sudah layak di angkat menjadi PNS ya…berikan.itu tanggung jawab pemerintah dan Negara untuk membayar upah dan jasa pelayanan si pekerja,kok malah panieng2 mikir nyo………….

  3. ingin jadi PNS, saya udh krja di pemerintahan tapi blom punya gaji, gimna ini ???

  4. saya hanya lulusan sma tp sy jg pgn sukses jd pns kota madiun sesuai tempat saya lahir walaupun nilai gk bagus2 bgt tp saya punya kemauan keras untuk jd pns.kl org lain bs knp saya tidak.

  5. bpk2 tolonglah generasi muda,jangan sia2kan bkat dan kemampuan mereka.kalau memeng Å?? pendaftaran CPNC tolong dipublikasikan melalui media televisi atau koran,jangan hanya lewat online karena ?G?????å??????? semua sering buka2 internet,bhkan Å?? yg ?G?????å??????? bisa,semoga bisa direalisasikan

  6. beri info tntng pndftaran CPNS didaerah JATIM khususnya 🙂

  7. mohon kepada siapa aj yang mengetahui info cpns,,harap di share yaaaa…ke sni yaaa,,

  8. Saya sering ketinggalan info tentang CPNS online atau manual, trus bagaimana update info tersebut….

  9. saya bingung bagaimana cara mendaptar CPNS secara onlein

  10. seharusnya pendaftaran ada online dan juga ada yang manual !!!

  11. iya kapan nih….yang lain sudah buka tapi koq yang ini belum. Terima kasih untuk perhatiannya

  12. kapan ni di buka lowongan cpns……….cpe nggu lama nganggur ni

  13. jadi kapan ya pembukaan CPNS utk formasi pendidik dan medis ini? klo yg laen sdh buka

  14. ia benerrr… saya udah cari infonya setengah mampuss tapi tetep aj blum add…

  15. Informasi tentang formasi cpns dari awal tahun 2012 yang selalu diPublikasikan untuk tenaga pendidik (Guru) dan medis, Namun dalam kenyataannya Kemendikbud hanya merekrut untuk tenaga PTN, Sedangkan formasi guru untuk sekolah sampai saat ini belum ada informasi pendaftaraan’y.
    Kami Mohon Kepada para pemburu berita CPNS baik yang secara online maupun tidak diharapkan mengklarifikasikannya. terima kasih 🙂

  16. asslmkum salam sejahtera
    mhon info u cpns kabupaten situbondo prov jawa timur, trmakash sblumny atas infony

  17. pak, klau bleh tau “kapany penerimaan cps d’sumatra utara/medan khususnya d’bidang tenaga medis pa?please tlong d’kabarinya pak.thanks

  18. setelah lulus tes administrasi, tes selanjutnya di mana Pak/Buk

  19. Untuk kuota berapa banyak dan bidang apa saja yang di butuhkan,, lihatnya dimana ya pak/bu?

  20. pak,,untuk Jateng sendiri bagaimana??

  21. teruzZ Update ya info tentang CPNS 2012, ada pemberitahuan pemkot,pemkab,pemprof yang buka CPNS akan lebih baik.

  22. pp 56 2012..pengangkatan CPNS dr honor tidak lagi berdasarkan sejak kapan atau berapa lama..namun yg bekerja dan di biayai oleh APBD/APBN min 1 thun dan masih bekerja sampai sekarng….., rencana juli ada pembukaan CPNS dr umum dan tes minggu ke 3 agustus 2012…namun masih nunggu persetujuan Menpan dan pihak terkait lainnya..

  23. mas cpns kemkumham d adakan gx untuk th ni ???
    untuk daerah serang banten ….
    mohon info mas trms

  24. kalo ada iinfo cpns lebih lanjut, mhon pemberitahuannya

    Terima kasih

  25. sy minta ifo cpns lebih lanjut’y yah

  26. buat apa berebut jadi PNS,,,,,
    Mendingan jadi pengusaha dan punya banyak karyawan,,,,
    sukses bisa diraih tanpa harus jadi PNS,,,,,

  27. kita lihat gimana kelanjutannya nanti mas

  28. untuk katagori 1 banyak yang lulus dengan cara curang padahal honor baru 1 tahun apakah ini pantas untuk menjadi CPNS bahkan ada yang tidak sama sekali honorpun bisa lulus menjadi CPNS

    • IDENTITAS SAYA
      IWAN IRAWAN
      Ketapang, 25 Oktober 1988
      KAL-BAR
      kETAPANG
      UNIT KERJA KANTOR CAMAT MATAN HILIR SELATAN

    • apakah untuk menjadi seorang PNS dilihat dari satu sisi saja?misalnya lama nya dia mengabdi,toh kalo memang pantas diterima jadi PNS atas dasar prestasi menurut saya itu sah sah saja,curang atau tidaknya emang sudah jadi budaya di indonesia.

  29. mnta info ttg cpns yah…..

  30. eka artistianti puspa

    bgmn dftarx?

  31. thankzzz info nyaaaa…… : )

  32. Terima kasih infonya… sangat bermanfaat.

  33. bisa ada info lowongan CPNS untuk di bidang peternakan dan tenaga medis?
    Please waiting from replay

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.