Saturday , 25 October 2014

Setelah 600 Ribu Honorer Dites, 67 Ribu Langsung jadi PNS

Persoalan pengangkatan guru honorer menjadi pegawai negeri sipil mulai menemui titik terang. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Azwar Abubakar menyebut, Peraturan Pemerintah (PP) tentang pengangkatan guru honorer tersebut akan siap dalam waktu satu bulan.

"Sebulan-lah waktunya. Kisi-kisinya memang kita akhirnya bisa menerima kesepakatan dengan DPR," kata Azwar di Kantor Presiden, kemarin (22/2). Rancangan PP tersebut nantinya akan lebih dulu dikoordinasikan dengan instansi terkait, seperti Kemenkeu, Kemendagri, dan Setneg, sebelum diserahkan kepada presiden.

Tenaga honorer yang akan diangkat, kata dia, tetap harus memenuhi sejumlah persyaratan. Diantaranya untuk tenaga honorer Kategori 2, yaitu yang digaji non APBN atau APBD. Azwar dengan tegas menyebutkan, honorer kelompok ini wajib mengikuti tes dulu sebelum ditetapkan menjadi CPNS. "Harus ada seleksi kompetensi, baik komptensi dasar maupun bidang. Kemudian memperhatikan lama masa aktif, harus yang sebelum 2005," papar Azwar.

Jumlah honorer Kategori 2 ini mencapai 600 ribu orang. Kemen PAN-RB memproyeksikan pengangkatan mereka bertahap. Kemen PAN-RB sudah berancang-ancang mengangkat honorer Kategori 2 ini mulai tahun depan.

Upaya tadi berbeda dengan kelompok honorer Kategori 1, yang digaji dengan ABPN atau APBD. Tenaga honorer Kategori 1 ditetapkan diangkat langsung menjadi CPNS tanpa harus melewati tes apapun. Jumlah honorer Kategori 1 ini masih berkisar antara 67 ribu orang. Honorer Kategori 1 ini diangkat setelah RPP pengangkatan honorer diteken Presiden SBY. Azwar mengatakan, paling lama sebulan lagi RPP ini akan disahkan presiden.

Mantan Plt Gubernur NAD itu mengaku masih perlu menghitung lagi jumlah tenaga honorer. Saat ini, jumlah yang ada masih dalam bentuk secara umum. "Belum ada alamatnya, namanya siapa. Kita minta data itu dilengkapi lagi," kata Azwar. Meski sudah ada kesepakatan, Azwar mengatakan, hal itu bukan sebagai kabar gembira bagi guru honorer. "Kabar yang proporsional-lah," kata mantan anggota Komisi I DPR itu.

Diantara ratusan ribu tenaga honorer yang akan diangkat menjadi CPNS tadi adalah profesi guru. Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Sulistyo mengatakan, tidak persoalan misalnya para honorer tadi harus mengikuti tes dulu sebelum lolos jadi CPNS. "Yang penting itu kepastiannya," kata dia. Sulistyo berharap, pemerintah tidak berlarut-larut dalam mengesahkan RPP ini.

Dia menjelaskan, pemerintah masih menyisakan masalah hingga saat ini. Khususnya untuk honorer Kategori 2. Ternyata, sampai saat ini pemerintah pusat masih mengantong Kategori 2 hanya dalam bentuk angka saja. Belum ada nama dan posisi bekerja. Kondisi ini, kata Sulistyo, rawan manipulasi. Bisa jadi, ada nama yang sejatinya masuk Kategori 2, akhirnya tergeser oleh tenaga honorer baru. Sumber: jpnn.com

10 comments

  1. GURU TERRRRUUUUUSSSS YG DIPERHATIKAN…COBA PERHATIKAN GURU YG UDAH PNS,MEREKA KERJA KURANG MAKSIMAL DGN ADANYA UU TAK TERTULIS (KEBIJAKAN KEPSEK)…JADI MANA PERHATIAN PEMERINTAH KEPADA STAFF TU ????….YG SETIAP HARI MELAKUKAN ADMINISTRASI……

  2. bagi yang sedang mnjadi honorer, pasti pengen langsung diangkat PNS tanpa tes…. hmmm ena’e….. pasti pusing itu mentri keuangan…

  3. jangan hanya K1 aja yang dibahas….. k2 juga dong… klu perlu di tes juga bareng ma kita2..buktinya saya punya SK dari tahun 2003 eh malah gak masuk K1 itu bagaimana ya..? apa ada permainan di balik itu…??????

  4. mohon pada bapak yg d jakarta supaya jelas bs d ketahui yg lolos katagori 1 dr bulan brapa tahun brapa sampai bulan brapa tahun brapa? alnya saya dpt infonya gk jelas

  5. ss. kalau buka peluang lagi pengangkatan PNS itu caranya lambat / apalagi ada kecurangan/oknum(dmintain uag guru honorer kalau pingin jadi PNS) dan kalau gak punya uag gimana saya ini’pasti gak diangkat/gak selesai-selesai malahan membuat gelisah/resah guru honorer, kalau syarat saya guru honorer biar cepat/tuntas tidak menunggu lagi caranya pengangkatan PNS guru honorer yang baik adalah guru honorer penetapan untuk kategori I yaitu untuk yang masa kerjanya tahun SK 2005,2004, 2003, 2002, dst ke bawah ” YANG DARI APBN DAN MAUPUN YANG BUKAN APBN ITU DIANGKAT MENJADI PNS 2012 ” Sedangkan kategori II untuk masa kerja SK 2006 ke atas yaitu 2006,2007,2008 ) “YANG DARI APBD DAN MAUPUN YANG BUKAN APBD ITU DIANGKAT MENJADI PNS 2013(Dihabiskan)” itu baru namanya ADIL, JUJUR, BIJAKSANA, DAN BAIK(di dalam dan di luar) diangkat menjadi PNS. Tolonglah “Bapak Presiden(Susilo Bambang Yudhono) Dan Wakil Presiden (Boediono) , DPRD, DPR Tingkat 1 & 2, MPR, Bupati, Walikota, Gubenur, APBN/APBD, Gubenur, Kemeterian Agama, PAN Dan Diknas Pendidikan, Angkat Nurdianawaty Guru Honorer menjadi PNS 2012 secara HIBAH” SEKARANG INI DAN IJAZAH MAU SMA/DII/SI TAHUN MAU 2000,2001,2002, 2003, 2004,2005, 2006,2007,2008,2009, 2010,dst, MINIMAL KALAU BISA SI mau itu Guru Kelas, Agama , Bidang Study, Olah Raga yang penting ngajarnya menggunakan kompetensi (Buku-Buku Disekolah) yang baik dan biar siswa SD/MIN,SMP/MTS/SMA/MA menjadi Pintar Dan Sukses/Berhasil(Bisa Membaca, Menulis, Dan Berhitung)/ Mencapai Cita-Cita Menuju Masa Depan Yang Cerah/Bagus.
    Kalau ada tulisan yang Salah Penulisan/ ucapan perkataan dan saya MINTA MAAF sebesar-besarnya.Terimah kasih.wass

  6. Bagaimana dengan pengumuman honor yg gelombang 2 utk honor daerah.. Kapan diumumkan… Sementara yg gelombang 1 sudah keluar pengumuman pada bulan juni…
    Sepertinya pemerintah sekarang terlalu banyak bicara dari pada bertindak….

  7. bayangkan 67ribu honorer berjihad melawan kebohongan dan kemunafikan pemimpin,tepati janjimu wahai pemimpin kami…

  8. pak SBY yg terhormat…stop memberi harapan hampa kpd para honorer,bertahun-tahun kami menunggu janji anda,tapi hasilnya NIHIL,janji akan mengangkat honorer tahun ini,nyatanya,cuma janji belaka,jgn permainkan nasib org pak……!!!!!!!!!

  9. Ass. Alangkah baiknya jika guru honorer penetapan untuk kategori I yaitu untuk yang masa kerjanya tahun SK 2005,2004, 2003, 2002, dst ke bawah ” YANG DARI APBN DAN MAUPUN YANG BUKAN APBN ITU DIANGKAT MENJADI PNS 2012 (Sekarang Ini Bulan Juli Dan Agustus(Dihabiskan))” Sedangkan kategori II untuk masa kerja SK 2006 ke atas yaitu 2006,2007,2008 dst) “YANG DARI APBD DAN MAUPUN YANG BUKAN APBD ITU DIANGKAT MENJADI PNS 2013-2015/dst(Dihabiskan)” itu baru namanya ADIL, JUJUR, BIJAKSANA, DAN BAIK(di dalam dan di luar) diangkat menjadi PNS. TOLONGLAH/KABULKANLAH “Bapak Presiden(Susilo Bambang Yudhono) Dan Wakil Presiden (Boediono) , DPRD, DPR Tingkat 1 & 2, MPR, Bupati, Walikota, Gubenur, APBN/APBD, Gubenur, Kemeterian Agama, PAN Dan Diknas Pendidikan, Angkat Diana dan Semua Guru Honorer yang ada di Indonesia yang tercinta/tersayang ini menjadi PNS 2012- 201” SEKARANG INI DAN IJAZAH MAU SMA/DII/SI TAHUN MAU 2000,2001,2002, 2003, 2004,2005, 2006,2007,2008,2009, 2010,dst, MINIMAL KALAU BISA SI mau itu Guru Kelas, Agama , Bidang Study, Olah Raga
    yang penting ngajarnya menggunakan kompetensi (Buku-Buku Disekolah) yang baik dan biar siswa SD/MIN,SMP/MTS/SMA/MA menjadi Pintar Dan Sukses/Berhasil(Bisa Membaca, Menulis, Dan Berhitung)/ Mencapai Cita-Cita Menuju Masa Depan Yang Cerah/Bagus.
    Kalau ada tulisan yang Salah Penulisan/ ucapan perkataan dan saya MINTA MAAF sebesar-besarnya.Terimah kasih.wass

  10. TISAK USAH TES-TES CPNS , KARENA TES CPNS PELAJARANNYA SUSAH GAK BISA DIJAWAB, KARENA TIDAK ADA PADUANNYA MAKSUSNYA BUKU UNTUK KITA BACA BIAR BISA MENJAWAB ISI CPNS ITU. KALAU SDN/MIN,SMPN/MTSN DAN SMAN/MAN UJIAN ITU ADA BUKU UNTUK KITA BACA KALAU TES /UJIAN NASIONAL ADA PADUAN BUKUNYA DISEKOLAH-SEKOLAH, TETAPI KALAU TES CPNS ITU TIDAK ADA PANDUAN BUKU YANG KITA BACA UNTUK MENJAWAB SOAL ITU. JADI TIDAK USAH-USAH TES CPNS. YANG TERPENTING GURU HONORER NGAJARNYA RAJIN MASUK DIDALAM KELAS(SEKOLAH) BIAR SISWA PINTAR DAN CERDAS SEMUANYA DAN TERPENTING MENGGUNAKAN RPP YANG ADA DISEKOLAH MASING-MASING DANYANG TERPENTING GURU HONORER MASA KERJANYA 5 TAHUN NGABDINYA DAN TIDAK TERPUTUS-PUTUS BIAR SISWANYA SEMANGAT BELAJAR MENUJU MASA DEPAN YANG BAIK.
    ADA KESALAHAN DALAM TULISAN SAYA MINTA MAAF. TERIMAH KASIH.

Leave a Reply

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.