Soal CPNS 2018

Soal CPNS, Pusat Tuding Pemda Egois

Pengumuman formasi CPNS tahun ini akan dilakukan secara terbuka melalui situs Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN&RB). Deputi bidang SDM dan Aparatur Kementrian PAN & RB, Ramli Naibaho, menyatakan bahwa pengumuman lewat situs itu akan membuat calon pelamar lebih banyak mendapat informasi.

Menurut Ramli, pengumuman lewat website kementrian itu akan menjadikan calon pelamar bisa menetapkan pilihan sesuai kompetensi yang dimiliki. "Untuk melaksanakan reformasi birokrasi harus mulai dari seleksi CPNS. Karena itu pemerintah akan mengumumkan formasi tiap daerah di website Kementerian PAN&RB," tutur Ramli.

Pengumuman lewat website ini, lanjutnya, sebenarnya sudah dimintakan pusat ke daerah sejak tahun lalu. Namun, banyak daerah yang tidak melaksanakannya. Kebanyakan hanya diumumkan lewat media massa dan elektronik lokal. Akibatnya, untuk formasi tertentu tidak ada pelamarnya.

"Tiap tahun selalu ada formasi yang kosong. Setelah kita cek, ternyata mekanisme penerimaan CPNS-nya yang salah. Sifat egois pemda masih kental. Mereka maunya formasinya diisi oleh putra daerah. Padahal kan tidak begitu, kalau ingin maju daerah harus membuka diri dengan luar," jelas pecinta sepak bola dan memfavoritkan tim orange Belanda ini lagi.

Dengan diumumkannya formasi di website Kemenpan&RB, diharapkan,  tidak ada lagi formasi yang kosong. Hanya saja Ramli juga mengakui, pemerintah pusat masih terkendala untuk tanggal seleksi CPNS, karena pelaksanaannya tidak serentak. Sebab,  masing-masing daerah punya perbedaan waktu penerimaan CPNS.

"Kalau kita dapat info kapan seleksinya dibuka, akan tetap kita umumkan juga. Biar masyarakat tahu dan bisa menyiapkan dirinya," pungkasnya.

sumber: http://www.jpnn.com

Kisi-kisi Soal CPNS 2017

Check Also

Ini Jadwal Tes Kompetensi Dasar CPNS 2017 Tahap II

Sejumlah instansi Kementerian/Lembaga (K/L) yang membuka lowongan penerimaan CPNS Tahun 2017 Tahap Kedua, mengumumkan jadwal …

One comment

  1. Sebaiknya pelaksanaan tes CPNS langsung dilakukan oleh pusat, jangan diserahkan ke daerah. Sebab di daerah ujung-ujungnya duit 50 jutaan bahkan lebih, isu PNS harus putra daerah juga sangat kental. Kapan majunya? Rekrutmen yang transparan dan benar merupakan kunci kemajuan Indonesia!

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.