Soal CPNS 2016

Tahun ini Kota Banjar Jabar Gelar Tes CPNS ?

Hampir selama tujuh tahun tak mengadakan penerimaan Calon Pegawai Negri Sipil ( CPNS ), tahun ini, Pemerintah Kota Banjar, Jawa Barat, melalui Badan Kepegawaian Diklat Daerah ( BKDD ) Kota Banjar mengalokasikan anggaran untuk tes CPNS dengan kuota formasi yang diajukan ke pemerintah pusat sebanyak 1297 kuota formasi CPNS.

Pelaksanaan test CPNS ini juga diperkuat dengan beban belanja pegawai Kota Banjar yang saat ini kurang dari 50 persen dari APBD Kota, ada angka sekitar 46 persen dari jumlah APBD yang mencapi sekitar Rp600 miliyar. Dengan begitu Kota Banjar benar – benar sudah bisa melaksanakan rekrutmen CPNS untuk memenuhi kekosongan pegawai yang ada di lingkup Pemerintahan Kota Banjar.

Tes CPNS dibenarkan Kepala BKDD Kota Banjar Supratman. Pihaknya sudah menganggarkan melalui DPA BKDD untuk melaksanakan rekrutmen CPNS pada tahun 2015 ini. Kata dia, pihaknya sudah menganggarkan Rp1,25 miliar, untuk pelaksanaan test CPNS.

” Kami mengajukan formasi kepada pemerintah pusat sesuai dengan kebutuhan pegawai di Banjar, terutama untuk mengisi kebuhan pegawai di sektor pendidikan dan kesehatan, ” paparnya, Rabu (29/4/2015).

Supratman menambahkan jika pengajuan formasi diterima oleh pemerintahan pusat dan kemudian Kota Banjar diberikan kesempatan untuk melakukan tes CPNS, diprediksi akan ada 25 ribu pendaftar CPNS, apalagi jika CPNS ini tidak dilakukan serentak, akan lebih dari 25 ribu yang mendaftar.

“Saya bependapat yang memenuhi persyaratan digelarnya CPNS dari sejumlah kota/kabupaten tentangga hanya Banjar yang beban belanja pegawainya di bawah angka 50 persen dari APBD, paling yang berkemungkinan Kabupaten Pangandran, maka CPNS nanti aakan membeludak,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang Anggaran Dinas Pendapatan Pengeloalaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Banjar Kustiawan membenarkan, jika belanja daerah Kota Banjar memang di bawah 50 persen dari APBD senilai Rp297,3 miliyar dari total APBD Kota Banjar yang mencapai Rp688,1 miliar.

” Ya untuk test CPNS, memang sudah teralokasikan anggarannya senilai Rp1,25 miliar, dengan begitu kemungkinan CPNS bisa dilaksanakan tahun ini tergantung dari persetujuan BKN RI,” ujarnya singkat.

Kisi-kisi Soal CPNS 2017

Check Also

Pemprov Kaltara Buka Penerimaan CPNS 2015

Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mulai merancang permintaan alokasi formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil …

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.