Soal CPNS 2018

Usulan DPR: Langsung Angkat Jadi CPNS Guru Honorer yang Mau Ke Fak-Fak

Distribusi guru di Indonesia yang tidak merata menyebabkan banyak wilayah terisolir tidak punya tenaga pendidik. Sebaliknya di wilayah perkotaan justru tenaga guru berlebihan. Akibatnya satu mata pelajaran bisa dipegang oleh dua guru.

"Pendistribusian guru-guru kita kacau balau. Di satu wilayah kekurangan guru, di wilayah lain malah berlebihan," ujar Gamari Sutrisno, anggota Komisi II DPR RI, di Gedung Senayan, Selasa (3/7).

Dia mencontohkan kondisi anak sekolah di Pegunungan Fak-Fak. Sekolah yang hanya dapat dihitung jari itu sangat kekurangan tenaga guru. "Ada sekolah yang gurunya satu meng-handle beberapa kelas. Ada yang tidak ada sama sekali sehingga banyak anak usia SD sampai SMP tidak bersekolah. Kalau begini terus bagaimana kita bisa  memperbaiki kualitas SDM di Papua," ujar Gamari.

Dia lantas menyarankan pemerintah untuk mengangkat guru honorer menjadi CPNS, asal mereka bersedia ditempatkan di wilayah-wilayah terisolir seperti Fak-Fak. "Daripada guru honorernya tidak terakomodir, tempatkan saja mereka di daerah terpencil dengan konsekuensi mereka diangkat CPNS. Mereka bisa mengajar di daerahnya bila sudah lewat lima tahun misalnya," tandasnya. (esy/sumber: jpnn.com)

Kisi-kisi Soal CPNS 2017

Check Also

Honorer K2 Jadi PNS, Negara Butuh Rp 23 Triliun?

Politikus Nasional Demokrat (Nasdem) Akbar Faisal meminta pemerintah memikirkan cara menggaji honorer kategori dua (K2) …

20 comments

  1. Demi mencerdaskan bangsa Indonesia, Saya skrg Sebagai Guru Honorer bersedia di tempatkan d NKRI…

  2. Saya lulusan S1 pendidikan ekonomi akuntansi posisi di sby, siap ditempatkan dimna saja.

  3. guru itu pengabdian kepada negara tanggung jawab pada anak bangsa saya setuju ditempatkan di tempat yang terpencil

  4. Mochamad Solichin

    Saya lulusan IKIP/UPI tahun 1993.
    Kini saya sadar. Ilmu yang saya peroleh, pada hakikatnya adalah amanat dari Allah SWT. Ilmu tersebut harus diamalkan dan dibagikan kepada sesama yang dianggap membutuhkan, khususnya siswa.
    Dengan adanya informasi ini, saya antusias sekali dan ingin segera mengabdikan ilmu yang saya peroleh kepada siapapun dan dimanapun sesuai dengan yang dianjurkan pemerintah Republik Indonesia sekarang.

  5. nama saya ahmad sutopo lulusan s1 pendidikan geografi univesitas prof.dr.hazairin,sh bengkulu menawarkan pada daerah daerah pedalaman yang ada di kalimantan,sulawesi dan papua,jika ada sekolah yang membutuhkan guru bantu untuk pelajaran ips/geografi ,,saya bersedia mengabdi didaerah tsbt,,,silakn hub 081919213005

  6. itu malah impian aku buat ngajar di daerah terpencil gitu..mau dunk..tp gmn caranya???

  7. gemblunk pamungkas

    demi panggilan anak negeri saya bersedia menjalankan pengabdian sebagai anak negeri yang compang-camping oleh sistem maka saya bersedia mendidik mereka anak bangsa yang terkucil walaupun didaerah terpencil

  8. Saya ingin sekali mengajar di luar jawa daerah terpencil,saya merasa terpanggil dan ikut prihatin insyaAllah saya mau di tempatkan..

  9. insyah Allah..saya juga bersedia menjadi guru honorer di daerah terpencil mana pun..saya ingin sekali mengabdi kepada Masyarakat, Nusa dan Bangsa..demi kesejahteraan Rakyat Indonesia seluruhnya…ini adalah cita-cita saya..mohon dikabulkan..saya ingin sekali mengamalkan ilmu2 saya.insya Allah.

  10. saya sebagai salah seorang guru honor di sumatera selatan sangat resah sekali dengan keadaan Indonesia yang carut marut. Bagaimana saya bisa jadi PNS kalau yang lain menggunakan jalan ilegal. PNS = 150 juta.
    kani para guru honor kecil tak bisa seperti ini
    kami butuh keadilan

  11. memang harusnya seperti itu, aku juga mau daftar. caranya kasih tau dong!

  12. Ass.Tolonglah “Bapak Presiden(Susilo Bambang Yudhono) Dan Wakil Presiden (Boediono) , DPRD, DPR Tingkat 1 & 2, MPR, Bupati, Walikota, Gubenur, APBN/APBD, Gubenur, Kemeterian Agama, PP, PAN Dan Diknas Pendidikan, Angkat dan masukan Nur Diana Waty menjadi PNS 2012 di SDN GEDUNG HARAPAN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN secara HIBAH,.Kalau ada tulisan yang Salah Penulisan/ ucapan perkataan dan saya MINTA MAAF sebesar-besarnya.Terimah kasih.wass

  13. Masa Cuma guru bantu aja yang diperhatikan tahun 2004 kebawah diangkat menjadi PNS 2012 sama Pemerintah/Negara itu namanya GAK ADIL/ LICIK/JAHAT/PELIT, Seharusnya yang GURU BANTU 2004 DAN BUKAN GURU BANTU 2005 ((Nur Diana Waty Nya)) diperhatikan juga dunk diangkat menjadi PNS 2012 itu baru namanya Adil(PANCASILA) dan Bijaksana dalam memimpin Negara Republik Indonesia.. Jadi tolonglah(Hibah)/kabulkanlah “Bapak Presiden(Susilo Bambang Yudhono) Dan Wakil Presiden (Boediono) , DPRD, DPR Tingkat 1 & 2, MPR, Bupati, Walikota, Gubenur, APBN/APBD, Gubenur, Kemeterian Agama, PP, PAN Dan Diknas Pendidikan DIANGKAT NUR DIANA WATY MENJADI PNS 2012, AMIN.Kalau ada tulisan yang Salah Penulisan/ ucapan perkataan dan saya MINTA MAAF sebesar-besarnya.Terimah kasih.wass

  14. gimana Nie cara daftarnya????

  15. selama itu untuk pengabdian kepada Tuhan YME, ke Himalaya pun saya siap

  16. saya sudah lama mengabdi sebagai guru honorer, hingga umur jelang 40 tahun, kalo memang ada jaminan pengangkatan menjadi PNS, kenapa tidak???

  17. setuju,,,,,,,,,,,,,itu menjembatni, antara kebutuhan dan kenyataan. kita harus realistis, dengan mengangkat menjadi guru PNS buat guru honorer dg syarat mau ditempatkan di daerah terpencil……..usulan yang cerdas dan konkrit !!!

  18. saya sangat setuju sekali, dan saya juga sebagai tenaga honorer d daerah Bogor Jawa barat, Insya Allah bersedia untuk d tempatkan d daerah tersebut

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.