Soal CPNS 2018

Gunakan Sistem CAT, Penilaian CPNS Dinilai Lebih Transparan

Penilaian tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di beberapa kota besar sudah menggunakank sistem Computer Assisted Test (CAT), salah satunya adalah di kota Pontianak. Dengan menggunakan sistem ini, semua peserta secara transparan bisa melihat penilaian di monitor yang ada di ruang kontrol Kampus Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Pontianak.

Nilai yang diperoleh dari jawaban masing-masing peserta bisa dilihat secara real time dengan sistem perangkingan. Hal tersebut dijelaskan langsung oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pontianak, Khairil Anwar.

“Di layar nanti kelihatan siapa yang menjawab benar dan rangkingnya bagaimana,” ujar Khairil.

Para peserta yang nantinya berhasil masuk dalam passing grade, maka nilainya akan dikompilasi dan direkapitulasi beserta data-datanya. Dari data rekapitulasi tersebut, peserta dengan nilai tertinggilah yang dinyatakan lulus tes CPNS.

“Jadi tidak ada rekayasa. Semuanya murni hasil sendiri, hasil kerja keras sendiri dan tidak ada nepotisme,” tambahnya.

Setelah mengikuti tes CPNS, para peserta pun bisa mencatat nilainya masing-masing dan mencocokannya dengan pengumuman resmi yang akan dikeluarkan oleh Panselnas.

“Nanti mereka juga bisa mencatat nilainya masing-masing dan mencocokannya dengan nilai yang dikeluarkan oleh panselnas,” tambahnya.

Sebagai syarat awal, setiap peserta CPNS yang ingin lulus harus memenuhi syarat mutlak penilaian sejumlah 271 dengan rincian tes kepribadian 126, tes intelegensi umum 75 dan tes wawasan kebangsaan 70.

Kisi-kisi Soal CPNS dan PPPK 2019

Check Also

Begini Caranya Daftar CPNS 2019 Pakai Nilai 2018

Peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 yang lolos seleksi kompetensi dasar (SKD) berkesempatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *