Soal CPNS 2018

Kabar Gembira Penerimaan CPNS 2018 dari KemenPAN RB

Bagi anda yang berminat untuk menjadi pegawai negeri sipil di tahun 2018 ini , bersiaplah.

Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) berpotensi besar dibuka lagi tahun ini. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RIm Asman Abnur mengungkapkan bahwa kementeriannya sudah menerima usulan CPNS 2018 dari berbagai Kementerian.
“Sesuai dengan usulan-usulan dari kementerian dan lembaga sedang kami proses” ujarnya di Kantor Kemenkopolhukam Polhukam, Jakarta, Jumat (19/1/2018).

Kementerian PAN-RB, kata Asman, juga sedang menghitung kemampuan pemerintah dari sisi keuangan.

Sebab penambahan pegawai akan berimplikasi kepada peningkatan anggaran kementerian atau lembaga.

Selain itu, pemerintah juga memperhitungkan jumlah kebutuhan penerimaan CPNS dengan jumlah PNS yang akan pensiun dalam waktu dekat.

Menpan-RB mengatakan bahwa kementeriannya akan segera menggelar rapat dengan berbagai kementerian atau lembaga lainnya untuk mengambil keputusan terkait penerimaan CPNS 2018.

“Mungkin dalam waktu dekat (akan ada keputusan),” kata Asman.
Pada media sosial, berseliweran informasi soal penerimaan CPNS 2018. Dikabarkan jika tahan penerimaan CPNS mulai Februari. Namun, hal tersebut dibantah Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI.

BKN dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Keme-PAN RB) RI hingga belum menetapkan secara resmi jadwal dimulainya tahapan penerimaan.

Pemerintah daerah pun masih dalam tahap mengusulkan formasi untuk disetujui.

“Kami sampaikan bahwa pemerintah belum mengeluarkan pengumuman penerimaan CPNS secara resmi. Masyarakat diminta untuk selektif dalam menerima informasi dan silakan lihat pengumuman resmi hanya melalui situs bkn.go.id dan menpan.go.id,” demikian siaran pers BKN tertanggal Rabu (10/1/2018).

Terkait dengan rencana penerimaan CPNS, BKN telah mengevaluasi pelaksanaan seleksi CPNS 2017 dan berkomitmen untuk melakukan sejumlah perbaikan, di antaranya.

Perbaikan tersebut, di antaranya:

  1. Perbaikan SOP pelaksanaan SKD dengan Computer Assisted Test (CAT), termasuk peningkatan kualitas perangkat lunak sistem CAT BKN.
  2. Ekstensifikasi lokasi SKD CAT BKN dengan cara penambahan 5 UPT BKN, yakni Ambon, Pontianak, Bengkulu, Sorong, dan Palu.
  3. Upgrading kapasitas website Sistem Seleksi CPNS Nasional sscn.bkn.go.id.
  4. BKN menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Daerah dan pihak lain jika jumlah peserta SKD melebihi kapasitas yang dapat dikelola BKN Pusat, Kantor Regional (Kanreg), dan UPT BKN.
  5. Penyebarluasan informasi dan interaksi publik melalui berbagai kanal,web, media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, YouTube), e-mail, help desk, dll.
Kisi-kisi Soal CPNS 2017

Check Also

BKN Matangkan Kesiapan Rekrutmen CPNS TA 2018

Senantisa menyajikan pelaksanaan kerja yang lebih baik menjadi komitmen Pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Joko …

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.