Soal CPNS 2018

Kahiyang Putri Jokowi  Hanya Mendapatkan 300 Skor Sehingga Tidak Lolos Tes

Putri seorang Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu sudah dipastikan tidak dapat lulus seleksi CPNS  di Pemerintahan kota Solo sebab nama Kahiyang Putri tidak dicantumkan dalam dartaf pengumuman peserta CPNS lulus seleksi yang dipampampang di papan pengumuman Balai Kepegawaian Daerah Kota Solo pada hari Jum’at tanggal 19 desember 2014 kemarin. Kepala Bidang Pengembangan Kepegawaian Daerah yang menjadi Sekretaris Pelaksanaan tes CPNS tersebut menyatakan bahwa berdasarkan data hasil seleksi CPNS yang ditampilkan pada layar setelah ujian seleksi digelar diketahui Kahiyang Putri hanya mendapatkan perolehan skor nilai 300 saja.

Sedangkan skor teringgi dari peserta seleksi CPNS tersebut sebesar 450 hingga 500. Dapat disimpulkan bahwa dengan skor 300 tersebut Kahiyang Putri berada di zona yang tidak aman. Atau peluang untuk diterima sangat kecil. Dari jumlah total skor 300 yang diperoleh Kahiyang Putri tersebut diantaranya 50 skor untuk tes wawasan Kebangsaan sedangkan standart nilainya adalah 75. Padahal seorang PNS seharusnya bisa memenuhi nilai standart wawasan kebangsaan, disamping tes karakteristik pribadi dan intelegensi umum.

Dari beberapa tes selain wawasan kebangsaan yang mencapai skor 50,  untuk 2 tes lainnya memeperoleh skor 95 dan 155. Sebenarnya ketidak lulusan seorang Kahiyang Putri tersebut sudah bisa diketahui setelah menyekesaikan seleksi. Sebab skor muncul langsung dengan sistem tes CAT (Computter Assisted Test). Sehingga dengan total nilai yang hanya mencapai 300 itulah mau tidak mau putri Presideng Joko Widodo, Kahiyag Putri tidak bisa lolos seleksi CPNS.

Pengumuman kelulusan seleksi CPNS tersebut bisa juga dilihat di beberapa tempat yang disebar pada 5 lokasi di seluruh kantor kecamatan Kota Solo. Adapun Kahiyang ayu tersebut mendaftar pada formasi Pemeriksaan pertama pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Adapun formasi tersebut ada 4 lowongan yang telah diperebutkan oleh 2.500 peserta CPNS. Formasi tersebut memang memperbolehkan lulusan dari semua jurusan bahakn dari Fakultas Pertanian pada ijazah Kahiyang Ayu.

Kisi-kisi Soal CPNS 2017

Check Also

Apa sih bedanya CPNS dan PNS?

Tahun 2018 ini pemerintah bakal kembali membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Hal itu …

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.