Soal CPNS 2018

Kuota Penerimaan CPNSD Aceh Tahun 2010 Berkurang

Kuota penerimaan calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD) di Aceh tahun 2010 dipastikan formasinya berkurang 50 persen jika dibandingkan dengan formasi pada tahun sebelumnya.

Jika pada tahun 2009 kuota penerimaan mencapai 5.881 orang dari berbagai disiplin ilmu, maka pada tahun ini jumlah yang diterima hanya sebanyak 2.984 orang. Jumlah tersebut terdiri tenaga kependidikan sebanyak 1.234 orang, tenaga kesehatan 775 orang, dan tenaga teknis lainnya sebanyak 975 orang.

Salah satu faktornya disebabkan, ada delapan kabupaten/kota di Aceh yang justru tidak mengadakan rekrutmen CPNS tahun ini. Daerah tersebut adalah Kota Sabang, Kota Banda Aceh, Kota Lhokseumawe, Kabupaten Pidie, Aceh Barat Daya (Abdya), Nagan Raya, Bireuen, dan Aceh Utara. Dengan demikian, hanya 15 daerah yang menerima CPNS termasuk di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh.

"Iya, jumlah yang diterima memang berkurang, karena dari 23 kabupaten/kota, delapan daerah tidak mengajukan formasi karena tidak mengadakan rekrutmen CPNS tahun ini," ujar Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Aceh, Drs Anwar Muhammad MSc, kepada wartawan, Senin (29/11).

Menurutnya, kedelapan daerah itu tidak menerima pegawai baru pada tahun ini karena menurut penilaian pemerintah kabupaten/kota setempat, jumlah PNS yang ada saat ini sudah maksimal. Selain itu, ada di antara delapan kabupaten/kota itu tahun ini lebih memprioritaskan pengangkatan tenaga honorer menjadi PNS.

Bertambah 21 Orang

Dikatakan, formasi CPNS untuk Aceh tahun ini merupakan jumlah formasi setelah dilakukan rasionalisasi oleh pihak Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menurut jabatan dan kualifikasi pendidikan. Jumlah tersebut, kata Anwar, bertambah 21 orang dari jatah yang diberikan tahap pertama oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara sebelum dilakukan rasionalisasi.

Pada tahap pertama formasi CPNS 2010 yang diberikan Menpan untuk Aceh yaitu 2.963 orang. Sedangkan jumlah formasi CPNS untuk Aceh tahun ini setelah dilakukan rasionalisasi oleh pihak Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara adalah 2.984 orang, kata Anwar Muhammad yang didampingi Kabid Pembinaan dan Pengembangan Pegawai pada BKPP Aceh, Jalaluddin SH.

Menyangkut jadwal pelaksanaan tes penerimaan CPNS 2010, Anwar mengatakan, jika tak ada halangan, ujian tulis untuk CPNS tahun ini direncanakan pada medio Desember 2010.

"Untuk jadwal yang pasti pendaftaran dan hal-hal lain terkait penerimaan CPNS tahun ini akan ditentukan dalam rapat teknis antara BKPP Aceh dengan BKPP atau BKD kabupaten/kota se-Aceh di Banda Aceh, Kamis (2/12) mendatang," tambahnya.

Walaupun belum ada jadwal pasti, Anwar mengharapkan siapa saja yang ingin mendaftarkan diri sebagai CPNS tahun ini dapat segera mempersiapkan diri dan kelengkapan administrasi lain yang dibutuhkan, seperti fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir serta pasfoto terbaru.[via]

Kisi-kisi Soal CPNS 2017

Check Also

Formasi CPNS Pemerintah Kab. Banjar (Kalsel) 2014

PENDAFTARAN 30 AGUSTUS – 13 SEPTEMBER 2014 NO. NAMAJABATAN KUALIFIKASIPENDIDIKAN GOL./RUANG JUMLAHALOKASI RENCANA PENEMPATAN (1) …

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.