Soal CPNS 2018

Lulus Seleksi Administrasi CPNS 2018, Kapan Tes SKD Digelar?

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan, proses seleksi administrasi perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2018 diumumkan paling lambat hari ini, Minggu 21 Oktober 2018. Hingga saat ini, tercatat telah ada sekitar 37 instansi yang mengumumkan hasil seleksi administrasinya.

Selanjutnya, para pelamar yang lolos akan menghadapi proses Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang bakal digelar di sekitar 225 lokasi di seluruh Indonesia. Lalu, kapan tahap ujian itu akan dimulai?

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan memproyeksikan, tes SKD ini akan berlangsung sesuai dengan rencana awal, yakni antara 27 Oktober sampai 17 November 2018.

“Menurut jadwal sih itu akan dimulai pada 27 Oktober nanti setelah lokasi tes diunggah,” sebut dia  Minggu (21/10/2018).

Tahap Seleksi Kompetensi Dasar sendiri nantinya akan menguji peserta lewat tiga aspek, antara lain Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawancara Kebangsaan (TWK).

Terdapat total 100 soal yang akan diujikan dalam tahapan SKD. Masing-masing 35 soal untuk TWK, 30 soal TIU, dan 35 soal TKP. Pelamar akan memperoleh nilai 5 untuk setiap jawaban benar dan 0 jika salah dalam tes wawancara dan intelegensia.

Untuk mendapatkan soal SKD sesuai standar BKN silakan download di: http://tryout.cpnsonline.com

Sementara untuk tes kepribadian, nilai bervariasi dari skala 1-5. Sebelum proses itu dimulai, Ridwan menyampaikan, fase berikutnya yang harus dilalui peserta yang lulus seleksi administrasi yakni mengunduh Surat Tanda Peserta SKD di situs sscn.bkn.go.id.

Setelah berhasil mendapatkan surat tanda peserta, selanjutnya BKN juga akan mengumumkan lokasi tempat tes kepada tiap pendaftar CPNS 2018 lewat portal SSCN.

“Nanti sekitar tanggal 24-25 Oktober lokasi bakal diumumkan di SSCN,” ujar Ridwan.

Kisi-kisi Soal CPNS 2017

Check Also

Jangan Buru-buru, Pendaftaran CPNS Dibuka Sampai 10 Oktober

Portal Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Nasional (SSCN) masih sulit diakses. Perlu waktu …

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.