Soal CPNS 2018

Ribuan Berkas Pelamar CPNS di Bogor tidak Penuhi Syarat

1.957 berkas pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Badan Kepegawaian Daerah Kota Bogor, Jawa Barat dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Kepala Bidang Administrasi Pegawai Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan, Kota Bogor, Lilis Lismawati, Rabu (1/12) mengatakan jumlah berkas lamaran yang masuk tercatat sebanyak 6.893 berkas, sementara formasi yang ditawarkan 195 kursi. "Ada 1.957 berkas yang kita nyatakan tidak memenuhi syarat, sehingga tidak lolos seleksi administrasi," katanya.
Lilis menyebutkan, penyebab berkas yang tidak memenuhi syarat akibat beberapa alasan, diantaranya tidak adanya formasi yang ditawarkan, tetapi tetap melamar, ijazah yang tidak sesuai dengan yang diminta, ijazah dan transkip tidak dilegalisir, usia pelamar di luar klasifikasi hingga pelamar tidak menyerahkan surat asli keterangan berbadan sehat.

Menurut Lilis, antusias masyarakat mengikuti penerimaan CPNS 2010 tidak terlalu tinggi dibanding tahun sebelumnya, dilihat dari jumlah berkas yang masuk ke BKD Kota Bogor sebanyak 6.893 berkas, sementara tahun lalu mencapai 7.521 berkas. "Tahun lalu jumlah yang tidak memenuhi syarat juga cukup banyak mencapai 2.596 dari 7.521 berkas yang masuk, sementara kuota yang tersedia sebanyak 253 kursi," katanya.

Selain itu, kata Lilis, tahun ini pihaknya juga menerima sekitar 20 berkas lamaran yang salah alamat. Namun pada hari yang sama, berkas tersebut telah dikembalikan kepada kantor pos. Ia menjelaskan, dari hasil rekapitulasi menyebutkan dari 4.936 pelamar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi, kebanyakan memilih tenaga teknis sebagai sasaran pelamaran. Terbukti hanya ada 50 formasi yang ditawarkan, pelamar mencapai 3.553 orang.

Sedangkan pelamar yang mengincar formasi tenaga pendidik mencapai 1.840. Formasi untuk tenaga kesehatan diminati oleh 1.501 pelamar. "Kebanyakan berkas lamaran untuk tenaga teknis adalah penyusun program dan evaluasi. Ada 517 sarjana ekonomi manajemen yang akan memperebutkan dua kursi, selanjutnya peminat dari tenaga teknis yakni analis hukum," katanya.[via]

Kisi-kisi Soal CPNS dan PPPK 2019

Check Also

Begini Caranya Daftar CPNS 2019 Pakai Nilai 2018

Peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 yang lolos seleksi kompetensi dasar (SKD) berkesempatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *