Soal CPNS 2018

Sudah Kantongi Nilai Tertinggi, Tapi Tak Jamin Lulus CPNS

Tak ada jaminan pelamar tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang memiliki nilai tinggi dinyatakan lulus. Jika sebelumnya terjadi di Kota Pekanbaru, kini giliran Kabupaten Pelalawan.

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pelalawan hingga kini masih memeriksa hasil Tes Kompetensi Dasar (TKD). Setelah dijemput dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN dan RB) pekan lalu.

Padahal hasil TKD ini paling ditunggu-tunggu peserta ikut seleksi CPNS 2014. Pasalnya, apa menjadi hasil TKD sekaligus dasar mengumumkan kelulus CPNS. Pasalnya, BKD Pelalawan tidak menggelar ujian tahap selanjutnya seperti Test Kompetensi Bidangn (TKB). Namun BKD belum bisa mengumumkan siapa saja yang lulus menjadi aparatur negara.

“Kemungkinan pengumumannya kita laksanakan minggu depan. Sekarang kita masih memeriksa semua data hasil TKD,” ujar Kepala BKD Pelalawan, Andi Yuliandri, kepada Tribun, Selasa (13/1/2015).
Ia menjelaskan, BKD berkewajiban melakukan penyaringan peserta lolos TKD sesuai dengan kuota pada masing-masing formasi. Karena Panselnas hanya melakukan rangking atau mengurutkan para peserta yang lulus TKD sesui dengan perolehan skor masing-masing.

Selain itu, pihaknya juga mencocokan data kelulusan dari Panselnas dengan data yang dimilikinya. Jika ada perbedaan, akan langsung dikonfirmasi dengan Panselnas.
Dikatakannya, pada pengumuman kelulusan nanti, ada kemungkinan apa yang terjadi di Pekanbaru beberapa waktu lalu terjadi di Pelalawan.

Dimana seorang peserta yang meraih skor tertinggi dalam ujian TKD, namun tidak lulus. Sebab peserta tersebut lulus pada pilihan kedua dan bukan yang pertama. Sehingga pada pilihan kedua kuotanya sudha terpenuhi pelamar lain yang menjadikannya pilihan pertama.

“Ada indikasi itu terjadi di Pelalawan. Karena pada pilihan kedua itu, sudah ada orang lain yang lebih berhak lulus. Kecuali pada formasi itu masih ada yang lowong dan tak terisi peserta lain. Untuk kepastiannya kita lihat pekan depan,” tuturnya. sumber: tribunnews

Kisi-kisi Soal CPNS dan PPPK 2019

Check Also

Begini Caranya Daftar CPNS 2019 Pakai Nilai 2018

Peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 yang lolos seleksi kompetensi dasar (SKD) berkesempatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *