Soal CPNS 2018

Syarat-Syarat CPNS 2014 Dipermudah

Persyaratan administrasi melamar CPNS kini dipermudah. Jika sebelumnya harus membuat surat lamaran dan mengirimkannya lewat pos atau membawa lamaran ke instansi yang dituju, kini tidak demikian.

Pelamar cukup mendaftar lewat online. Tak hanya itu, pemerintah juga memangkas sejumlah persyaratan administrasi bagi pelamar CPNS.

Karo Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (KIP) Kementerian Pendayagunaan Aparartur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Herman Suryatman mengatakan, pemangkasan persyaratan ini juga dimaksudkan agar calon peserta seleksi CPNS lebih fokus untuk menyiapkan diri mengikuti testing, tanpa harus disibukkan mengurus berbagai persyaratan administratif.

“Peserta tes fokus saja belajar. Seperti tahun lalu, materi tes terdiri dari tiga kelompok, yakni wawasan kebangsaan, karakteristik pribadi, dan intelegensia umum. Silakan itu dipelajari mumpung masih ada waktu,” terang Herman di kantornya, Jumat (6/6).

Lebih lanjut dikatakan, setidaknya ada tiga persyaratan yang tidak perlu dalam pendaftaran CPNS. Yaitu surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), kartu kuning dari Dinas Ketenagakerjaan, serta surat keterangan berbadan sehat dari dokter.

“Ketiga surat keterangan itu nanti diperlukan saat pelamar sudah diterima sebagai CPNS,” ujarnya.

Selama ini ketiga persyaratan tersebut selalu dinilai merepotkan calon pelamar CPNS. Selain harus mengurus berhari-hari, mereka juga harus mengeluarkan biaya. Padahal mereka belum tentu diterima.

Dia meyakini, pemangkasan persyaratan administratif itu tidak akan mengurangi kualitas seleksi CPNS, karena seseorang hanya bisa melamar pada jabatan yang telah ditentukan kompetensinya.

Untuk lowongan sebagai auditor, misalnya, kompetensi yang dibutuhkan tentunya sarjana akuntansi. Setiap instansi sudah menetapkan kompetensi yang dibutuhkan pada lowongan yang dibuka.

Meskipun pelamar CPNS diperkirakan masih akan membludak, tetapi dengan diterapkannya sistim computer assisted test (CAT) dalam ujian, Herman yakin pemerintah bisa menjaring putra-putri terbaik bangsa untuk menjadi CPNS.

“Dengan sistim CAT, semuanya transparan dan objektif. Peserta juga bisa melihat langsung hasil ujiannya,” tandasnya. sumber: jpnn

Kisi-kisi Soal CPNS dan PPPK 2019

Check Also

Begini Caranya Daftar CPNS 2019 Pakai Nilai 2018

Peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 yang lolos seleksi kompetensi dasar (SKD) berkesempatan …

39 comments

  1. Menurut pendapat saya, persyaratan akreditasi minimal “B” untuk CPNS adalah pelanggaran terhadap PP NO 98/2000 TENTANGPENGADAAN PEGAWAI NEGERI SIPIL Pasal 11, ayat (4).i yang berbunyi:
    “Ijazah sebagaimana dimaksud dalam ayat (4) adalah Ijazah yang diperoleh dari sekolah atau Perguruan Tinggi Negeri dan/atau Ijazah yang diperoleh dari sekolah atau Perguruan Tinggi Swasta yang telah
    diakreditasi oleh Menteri yang bertanggungjawab di bidang pendidikan nasional atau pejabat lain yang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku berwenang menyelenggarakan pendidikan”
    Jadi tidak ada satu kalimat pun yang menyebutkan harus akreditasi “B”…tetapi cukup “terakreditasi”.
    Meningkatkan kualitas PNS, setuju-2 saja, tetapi tidak dengan melanggar aturan..

  2. masak yang lulus CPNS tahun dua ribu belas kemarin harus…membayar uangpra jabatan 18 juta per orang. hanya untuk pra jabatan yg katanya 3 bulan……yang dulux hanya makan waktu 3 minggu….ini pemerintahnya yg bobrok….apa tikus2 yg ada d bawahnya yg gk benar…cari2 uang lewat calon PNS

  3. ditunggu kapan nih pendaftarannya??

  4. terusss berusahaa aja.. aabbB

  5. Cuma Persyaratan tentang akreditasi nya harus A atau B juga harus di ubah biar kami bisa alumni yang dari universitas yang program studi yang akreditasi nya C juga bisa ikut.

    • Septiar Priyatmo

      saya setuju, apalagi saya lulusan dari PTS yg akreditasi program studinya C

      • kalau pun pemerintah tidak mau merubah peraturan tentang akreditasi…
        Tutup aja sekalian universitas yang program studi nya yang akreditasi nya C….tidak ada guna nya juga…kasihan sama yang uda kuliah susah2

      • saya setuju dengan anda ,,cukup kta aza yg dirugikan ,,jgn lgi org lain

  6. saya pribadi sangat mendukung apabila dalam merekrut CPNS sistem CAT diberlakukan secaca menyeluruh & apabila masih ada instansi yang belum siap untuk menggunakan sistem CAT sebaiknya instansi tersebut ditunda tuk diberikan formasi CPNS. smg dgn cara seperti ini bs meminimalis suap-menyuap.

  7. terus persyaratannya apa aja? dan kapan akan diadakan test CPNS umumnya untuk daerah Kota Tasikmalaya dan Jawabarat khususnya Kota tasik dan Kota Bandung? tolong informasinya yang lengkap.

  8. Semua ada rejeki masing2, soal suap menyuap udh biasa. Bikin yang luar biasa, bisa masuk tanpa harus suap menyuap. Masih banyak kok yg murni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *